Contoh Soal dan Jawaban Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Equity

Konten [Tampil]
Contoh soal dan jawaban laporan keuangan konsolidasi metode equity akan memberikan anda kemampuan dalam memperhatikan pengatuh perubahan modal pada anak perusahaan terhadap hak minoritasnya. Bagaimana prosedur konsolidasi metode ekuitas sangatlah bergantung kepada akun investasi saham anak perusahaan.

Contoh soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan konsolidasi akan mengungkapkan mekanisme pencatatan dan penyusuna laporan keuangan konsolidasi yang akan terpengaruh modal anak perusahaan. Metode ekuitas dan metode biaya dalam akuisisi saham sangatlah berbeda dalam penggunaan akun investasi anak perusahaan.

Contoh soal laporan keuangan konsolidasi hubungan induk dan anak perusahaan metode ekuitas harus memperhatikan akun rekening investasi saham anak perusahaan, kas, piutang deviden, laba ditahan baik induk perusahaan maupun anak perusahaan.

Pertanyaan dan jawaban laporan keuangan konsolidasi akuntansi keuangan lanjutan memanglah menjadi topik pembahasan yang unik karena kita menggabungkan dua perusahaan atau lebih ya. Jurnal eliminasi konsolidasi metode ekuitas sangatlah diperlukan khususnya untuk menyusun neraca konsolidasi atau laporan posisi keuangan.

Contoh Soal dan Jawaban Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Equity

Pertanyaan dan Jawaban Laporan Keuangan Konsolidasi Akuntansi Keuangan Lanjutan

Pertanyaan dan jawaban laporan keuangan konsolidasi akuntansi keuangan lanjutan sering dijumpai oleh banyak orang terutama berkaitan dengan pencatatan dan pengakuan hak minoritas dan eliminasi dari induk perusahaan.

Contoh soal akuntansi keuangan lanjutan 2 penggabungan usaha akan berkaitan dengan laporan keuangan konsolidasi antara induk perusahaan dengan anak perusahaan. Pertanyaan tentang metode ekuitas seperti apakah akun investasi saham anak perusahaan dipergunakan layaknya metode perpetual?

Contoh soal equity method menjadi salah satu metode yang banyak dipergunakan di perusahaan multinasional dikarenakan metode ini akan memisahkan antara kekayaan perusahaan induk dengan anak perusahaan. Hak minoritas adalah hak anak perusahaan terhadap harta yang dimilikinya setelah dikuasai oleh induk perusahaan.
Baca Juga : Perbedaan Pencatatan Metode Ekuitas dan Metode Biaya

Metode Ekuitas dan Metode Biaya dalam Akuisisi Saham

Metode ekuitas dan metode biaya dalam akuisisi saham menjadi pertimbangan bagi manajemen untuk memilih manakah dari metode tersebut yang dipergunakan untuk penyusunan laporan konsolidasi induk perusahaan dan anak perusahaan. Metode ekuitas tidak lengkap menjadi permasalahan ya.

Pertanyaan tentang metode ekuitas seperti apakah perusahaan dapat menggunakan metode yang berbeda disetiap tahunnya. Contoh soal dan jawaban metode ekuitas menjadi pilihan bagi perusahaan untuk menggunakan salah satu metode akuisisi saham ya.
Baca Juga: Perusahaan Afiliasi Adalah ~ Induk, Anak, Hubungan, Laporan Keuangan Konsolidasi

Bagaimana Prosedur Konsolidasi Metode Ekuitas?

Bagaimana prosedur konsolidasi metode ekuitas terdiri dari beberapa tahapan yang penting, diantaranya adalah
  1. Mencatat laba rugi dan transaksi penjualan saham anak perusahaan.
  2. Melakukan perhitungan masing-masing rekening yang terdampak atas laporan konsolidasi.
  3. Membuat kertas kerja penyusunan neraca gabungan
  4. Mengeliminasi rekening ganda antara induk perusahaan dengan anak perusahaan
  5. Membuat laporan posisi keuangan konsolidasi atau neraca konsolidasi.
Baca Juga: Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi dan Jawabannya

Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Equity

Contoh soal laporan keuangan konsolidasi hubungan induk perusahaan dan anak perusahaan dengan metode equity terjadi pada Tahun 2020 PT Masraffi membeli 5000 lembar saham dari 7500 lembar saham yang beredar milik PT Kakraffi dengan total pembayaran sebesar Rp 20.000.000 secara tunai.

Contoh soal laporan keuangna konsolidasi metode ekuitas harus mengetahui terlebih dahulu neraca saldo awal dari masing-masing perusahaan yang terlibat yakni.

Contoh Soal dan Jawaban Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Equity

Pertanyaan dan jawaban laporan keuangan konsolidasi diawali dengan membuat neraca saldo dari transaksi yang terjadi diantaranya pembagian laba rugi perusahaan dan pembagian deviden diantara perusahaan induk dan perusahaan anak sebagai berikut ini.

Contoh Soal dan Jawaban Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Equity

Jurnal untuk mencatat transaksi pembelian saham anak perusahaan oleh induk perusahaan dan pembagian laba rugi serta deviden yang harus dicatat sebagai berikut ini.

Contoh Soal dan Jawaban Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Equity

Kemudian anda harus melakukan penyesuaian terhadap akun investasi saham anak perusahaan, kas, laba ditahan bahkan rekening timbal balik antara induk perusahaan dengan anak perusahaan. Adapun cara untuk menyesuaikan rekening dari masing-masing akun adalah

Contoh Soal dan Jawaban Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Equity
Baca Juga: Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Hubungan Perusahaan Induk dan Anak

Jurnal Eliminasi Konsolidasi dengan Metode Ekuitas dan Metode Cost

Jurnal eliminasi konsolidasi metode ekuitas yang dapat dibuat oleh perusahaan haruslah membandingkan antara hak minoritas yang dimiliki oleh perusahaan anak. Adapun jurnal eliminasi dengan menggunakan metode ekuitas yang dapat dibuat sebagai berikut ini.

Contoh Soal dan Jawaban Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Equity

Cara menyusun laporan posisi keuangan atau neraca konsolidasi dapat dilakukan dengan menggabungkan seluruh jurnal yang telah berhasil dibuat diatas ya. Adapun kertas kerja necara konsolidasi yang berhasil dibuat adalah.

Contoh Soal dan Jawaban Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Equity

Yang perlu diperhatikan adalah neraca awal dari masing-masing perusahaan yang terlibat, setelah adanya penggabungan maka neraca awal akan mengalami perubahan terutama ketika perusahaan mendapatkan laba atau rugi.
Baca Juga: Contoh Soal Perubahan Kepemilikan Transaksi Saham Perusahaan Anak
Demikianlah Contoh Soal dan Jawaban Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Equity semoga anda paham ya, apabila anda punya soal maka lebih baik berkomentar.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Equity"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel