Perusahaan Afiliasi Adalah ~ Induk, Anak, Hubungan, Laporan Keuangan Konsolidasi

Konten [Tampil]
Perusahaan afiliasi adalah sebuah perusahaan yang melakukan kegiatan kerjasama diantara keduanya dimana salah satu pihak menjadi induk perusahaan sedangkan yang lainnya sebagai anak perusahaan.

Hubungan induk dan anak perusahaan sangatlah dekat. Hal ini dikarenakan, setiap induk perusahaan harus bertanggungjawab untuk membuat laporan keuangan konsolidasi sedangkan anak perusahaan membuat laporan keuangan individu.

Struktur organisasi holding company sangatlah mendasar, setiap perusahaan induk berfungsi sebagai pusat pertanggungjawaban atas kegiatan yang telah dilakukan oleh anak-anak perusahaan dalam setiap afiliasi yang terjadi.

Dampak positif holding compay adalah perusahaan yang melakukan margin atau penggabungan usaha akan memiliki modal yang banyak sehingga dapat meningkatkan kemampuan perusahaan untuk menjalankan kegiatan operasional.

Perusahaan Afiliasi Adalah ~ Induk, Anak, Hubungan, Laporan Keuangan Konsolidasi

Perusahaan Afiliasi Adalah ~ Induk, Anak, Hubungan, Laporan Keuangan Konsolidasi

Pengertian Perusahaan Afiliasi

Perusahaan afiliasi adalah jenis perusahaan yang melakukan pembelian terhadap perusahaan lainnya dimana perusahaan yang dibeli tetap menjalankan kegiatan operasional seperti biasanya.

Perusahaan afiliasi adalah perusahaan yang memiliki hubungan antara induk perusahaan dengan anak perusahaan. Perusahaan afiliasi tidak akan diikuti dengan pembubaran atau pemberhentian kegiatan operasional perusahaan yang dibeli sehingga status hukum dan kesatuan usaha perusahaan tetap dijalankan secara terus menerus.
Baca Juga: Perseroan Terbatas Adalah ~ Pengertian, Karakteristik dan Ciri-ciri, Contoh PT

Pengertian Induk Perusahaan (Parent Company)

Induk perusahaan adalah sebuah perusahaan yang memiliki saham yang beredar milik perusahaan lain yang dapat dipergunakan untuk mengendalikan perusahaan tersebut.

Induk perusahaan memiliki hak kontrol (controlling interest) yang berfungsi untuk mengendalikan manajemen dan operasi anak perusahaan serta penggunaan setiap aktiva yang dimiliki anak perusahaan sebesar persentase kepemilikan sahamnya.
Baca Juga: Contoh Soal Rekonsiliasi Bank 2 Kolom, 4 Kolom, 8 Kolom Beserta Jawabannya

Pengertian Anak (Subsidiary Company)

Anak perusahaan adalah sebuah perusahaan yang manajemen dan kegiatan operasionalnya dikuasai oleh perusahaan lain.

Perusahaan anak memiliki hak minoritas (minority interest) yang merupakan hak perusahaan anak yang tidak dimiliki dan dikuasai oleh induk perusahaan.

Hubungan Induk Perusahaan dengan Anak Perusahaan

Hubungan induk dan anak perusahaan dapat disebut dengan hubungan afiliasi sehingga antara induk perusahaan dan anak perusahaan disebut dengan perusahaan yang berafiliasi.

Perusahaan afiliasi dapat berjumlah lebih dari 2 perusahaan. Perusahaan induk memiliki kewajiban untuk membuat laporan keuangan konsolidasi ketika sudah melakukan pembelian terhadap saham anak perusahaan.

Perusahaan afiliasi merupakan perusahaan yang digabungkan karena salah satu perusahaan memiliki pengendalian yang melebihi 50% hak suara pada perusahaan lain.
Baca Juga: Profit Sharing dan Revenue Sharing ~ Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan, Perbedaan

Kapan Perusahaan diakui sebagai Induk Perusahaan.

Sebuah perusahaan akan diakui sebagai induk perusahaan ketika perusahaan memiliki 50% dari hak suara perusahaan lain, walaupun begitu ada kalanya ketika perusahaan belum memiliki 50% hak kepemilikan terhadap perusahaan lain diakui sebagai perusahaan induk.

Perusahaan yang bergabung kepada perusahaan induk dapat diakui ketika memiliki kekuatan untuk mengatur kebijakan keuangan dan operasi perusahaan lain serta dapat mengangkat dan memberhentikan sebagian besar anggota pengurus perusahaan lain.
Baca Juga: Contoh dan Cara Menghitung Nilai Residu Suatu Barang
Demikianlah Perusahaan Afiliasi Adalah ~ Induk, Anak, Hubungan, Laporan Keuangan Konsolidasi semoga paham ya.

0 Response to "Perusahaan Afiliasi Adalah ~ Induk, Anak, Hubungan, Laporan Keuangan Konsolidasi"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel