Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Kebijakan Akuntansi

Konten [Tampil]
Contoh soal dan jawaban perubahan kebijakan akuntansi akan memudahkan perusahaan untuk menerapkan estimasi akuntansi secara restrospektif. Penerapan kebijakan akuntansi secara restrospektif akan menyesuaikan aturan akutansi minimal 1 periode sebelumnya.

Contoh soal perubahan estimasi akuntansi berkaitan dengan pertanyaan tentang perubahan akuntansi. Hal-hal yang mengakibatkan terjadinya perubahan kebijakan akuntansi dikarenakan harus mengikuti aturan psak dan dapat menghasilkan informasi yang lebih akurat.

Bagaimana metode akuntansi yang dipakai bisa mempengaruhi laba bersih suatu perusahaan dikarenakan setiap penggunaan metode yang berbeda menghasilkan hasil berbeda tetapi masih mengikuti aturan yang berlaku.

Perubahan akuntansi yang bersifat komulatif seperti contoh perubahan metode penilaian persediaan dari fifo ke average atau sebaliknya. Kedua metode tersebut diakui dalam PSAK dan perusahaan diperbolehkan untuk memilihnya.

Apakah akibat adanya perubahan estimasi dalam akuntansi yakni informasi yang didapatkan para pengguna mungkin berbeda sedikit, hal ini dikarenakan penggunaan metode berbeda akan menghasilkan hasil berbeda tetapi masih patuh terhadap aturan.

Sebutkan hal-hal yang tidak tercakup dalam perubahan kebijakan akuntansi yakni perusahaan tidak diperkenankan untuk menerapkan kebijakan akuntansi yang sangat berbeda daripada sebelumnya dan penerapan kebijakan akuntansi yang tidak pernah dilakukan perusahaan.

Hal-hal yang harus dilakukan dalam perubahan kebijakan akuntansi yakni menyesuikan saldo awal masing-masing akun sebelum terjadinya peristiwa perubahan kebijakan akuntansi.

Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Kebijakan Akuntansi

Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Kebijakan Akuntansi

Pertanyaan Tentang Perubahan Kebijakan Akuntansi.

Pertanyaan tentang perubahan kebijakan akuntansi dapat menjadi solusi bagi para akuntan untuk mengikuti aturan baru yang telah ditetapkan oleh IAI.

Apa itu Kebijakan Akuntansi? Kebijakan akuntansi adalah sebuah aturan yang telah ditetapkan oleh pihak tertentu yang berisikan informasi mengenai prinsip dasar dalam penyusun dan menyajikan laporan keuangan.

Apabila dalam kebijakan akuntansi ada sebuah peristiwa yang spesifik sesuai dengan SAK maka perusahaan harus menerapkan kebijakan akuntansi tersebut.

Apabila dalam kebijakan akuntansi ada sebuah peristiwa yang tidak secara spesifik dijelaskan dalam PSAK maka perusahaan dapat menggunakan pertimbangannya untuk mengembangkan kebijakan akuntansi yang sesuai untuk menghasilkan informasi yang relevan dan andal.
Baca Juga: Contoh Soal Penjualan Konsinyasi dan Penyelesaiannya

Perubahan Akuntansi yang Bersifat Komulatif.

Perubahan akuntansi yang bersifat komulatif berkaitan dengan informasi yang disajikan perusahaan harus dapat menyesuaikan keadaan yang sebenarnya telah terjadi.

Perubahan akuntansi yang bersifat komulatif berarti sebuah perubahan mendasar yang dapat mengakibatkan adanya kesalahan pada periode setelah terjadinya perubahan tersebut.
Baca Juga: Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Hubungan Perusahaan Induk dan Anak

Hal-hal yang Menyebabkan Terjadinya Perubahan Kebijakan Akuntansi.

Hal-hal yang menyebabkan terjadinya perubahan kebijakan akuntansi dimana sebuah entitas diperbolehkan merubah prinsip akuntansi yang dipergunakan apabila:
  1. Mengikuti aturan yang telah ditetapkan PSAK.
  2. Dapat memberikan informasi laporan keuangan yang andal dan relevan terhadap transaksi yang telah dilakukan oleh perusahaan.
  3. Pengguna harus dapat membandingkan laporan keuangan disetiap periode yang telah dilalui perusahaan.

Akibat Adanya Perubahan Estimasi dalam Akuntansi.

Akibat adanya perubahan estimasi dalam akuntansi dimana sebuah perusahaan diwajibkan untuk melaporkan dampak kumulatif atas perubahan laporan keuangan pada tahun berjalan.

Selain itu, akibat adanya perubahan estimasi dalam akuntansi maka perusahaan harus menunjukan dampak komulatif sebagai akibat adanya penyesuaian terhadap saldo laba ditahan awal tahun berjalan.
Baca Juga: Perseroan Terbatas Adalah ~ Pengertian, Karakteristik dan Ciri-ciri, Contoh PT

Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Kebijakan Akuntansi

Contoh soal dan jawaban perubahan kebijakan akuntansi yang dianjurkan oleh IASB adalah menggunakan pendekatan retrospektif. Hal ini berlaku, kecuali apabila penggunaan pendekatan retrospektif tidak praktik dilakukan untuk menentukan dampak spesifik pada sebuah periode akuntansi.

Contoh soal dan jawaban perubahan kebijakan akuntansi terjadi pada PT masraffi yang melakukan perubahan metode persediaan dari rata-rata tertimbang (average) menjadi FIFO.

Contoh soal perubahan estimasi akuntansi memiliki laporan laba rugi komprehensif pada tahun 2019-2020 sebagai berikut ini.


2019
2020
Penjualan
800
750
Pembelian
300
275
Beban Operasi
450
440
Arus Kas Operasi
200
150


Perubahan metode persediaan dari average ke fifo akan memberikan perbedaan dalam estimasi sebagai berikut ini.


Average
Fifo
Selisih
31 Desember 2019
80
90
10
31 Desember 2020
90
105
15


Kemudian, terdapat perbandingan penggunaan metode persediaan berupa beban pokok penjualan pada tahun 2019-2020 sebagai berikut ini.


Average
Fifo
Selisih
2019
300
265
35
2020
280
260
20


Bagaimana cara menghitung perubahan kebijakan akuntansi yang dikerjakan berdasarkan contoh soal dan jawaban perubahan kebijakan akuntansi diatas.
Baca Juga: Akad Jual Beli dalam Islam ~ Pengertian, Dalil, Hukum, Syarat, Rukun dan Macam-Macam Jual Beli

Cara Menghitung Perubahan Kebijakan Akuntansi (Perubahan Metode Persediaan)

Cara menghitung perubahan kebijakan akuntansi yang dikerjakan berdasarkan penggunaan metode persediaan yakni sebagai berikut ini.

Pertama harus menghitung laba bersih hasil perubahan kebijakan akuntansi sebagai berikut ini.

Laba Rugi
2020
2019
Penjualan
750
800
BPP
260
265
Laba Kotor
490
535
Beban Operasi
440
450
Laba Bersih
50
85


Kemudian cara perhitungan perubahan kebijakan akuntansi harus menyesuaikan terhadap laporan perubahan ekuitas yakni.

Perubahan Modal
2020
2019
Saldo Awal
0
200
Penyesuaian
0
10
Saldo Awal disajikan Kembali
285
210
Laba Bersih
50
85
Saldo Akhir
335
295

Baca Juga: Contoh Soal Pengauditan Terhadap Utang Voucher (Pengujian Substansif)
Demikianlah Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Kebijakan Akuntansi semoga anda paham

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Kebijakan Akuntansi"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel