Cara Menghitung Harga Jual Obligasi dalam Akuntansi

Konten [Tampil]
Cara menghitung harga jual obligasi dalam akuntansi akan memberikan anda pengetahuan mengenai adanya diskon atau premi yang terdapat dalam obligasi. Oleh karena itu, keuntungan obligasi dan nilai buku obligasi diperlukan dalam perhitungannya.

Contoh soal dan jawaban penilaian obligasi mengandung perhitungan harga jual obligasi dan jurnal pengeluaran obligasi dan pembayaran bunga pada akhir masa.

Cara menghitung harga pasar wajar obligasi diperlukan karena nilai sebuah obligasi mungkin tidak akan sama dengan nilai nominal yang tercantum dalam obligasi tersebut.

Rumus perhitungan nilai obligasi akan memudahkan seorang akuntan menilai adanya premium dan diskonto sebuah obligasi yang dijual bahkan dibeli sebuah perusahaan.

Cara Menghitung Harga Jual Obligasi dalam Akuntansi

Contoh Soal dan Jawaban Yield to Maturity

Contoh Soal Obligasi Jangka Panjang dan Jawaban

Contoh soal obligasi jangka panjang dan jawaban merupakan salah satu jenis obligasi yang memiliki jangka waktu lebih dari 1 tahun. Perusahaan akan mengeluarkan obligasi untuk mendapatkan tambahan dana, hal ini dikarenakan ketika perusahaan mengeluarkan saham maka pemegang saham lama tidak akan menyukainya ya.

Rumus perhitungan obligasi akan membantu perusahaan meningkatkan laba dimana hal ini akan meningkatkan laba yang diperoleh para pemegang saham.

Soal dan jawaban tentang penilaian obligasi berkaitan dengan adanya keuntungan yang diakibatkan nilai kurs yang lebih tinggi atau lebih rendah jika dibandingkan dengan nilai nominal.
Baca Juga: Cara Menghitung Obligasi dengan Kupon Bunga

Rumus Perhitungan Nilai Pasar / Nilai Wajar Obligasi

Rumus perhitungan nilai pasar / nilai wajar obligasi berkaitan dengan tarif obligasi dan banyaknya periode yang akan dilalui oleh perusahaan untuk memelihara obligasi tersebut.

Tingkat pengembalian obligasi akan berkaitan dengan tingkat bunga pasar dan bunga nilai nominal dikarenakan perusahaan tidak mungkin akan menjual sebuah obligasi tanpa adanya keuntungan bagi mereka.

Rumus harga wajar obligasi memuat informasi mengenai adanya nilai waktu uang (time value of money) yang berarti nilai sebuah uang sekarang akan berbeda dengan nilai uang kemarin dan kemudian hari.

Tingkat bunga pasar adalah tingkat bunga yang diminta oleh investor agar mau meminjamkan dana yang dimilikinya ke perusahaan.
Baca Juga: Obligasi adalah ~ Pengertian dan Cara Menghitung Obligasi Premium

Cara Menghitung Harga Jual Obligasi dalam Akuntansi

Cara menghitung harga jual obligasi dalam akuntansi terjadi pada PT Masraffi yang telah mengeluarkan obligasi dengan nilai nominal Rp 20.000.000 dengan tingkat bunga 15% dalam jangka waktu 5 tahun. Bunga akan dibayarkan setahun sekali dan tingkat bunga pasar yang berlaku adalah 12%.

Bagaimana cara menghitung harga jual obligasi dan cara menghitung harga pasar serta jurnal untuk mencatat pengeluaran obligasi dan pembayaran bunga.

Cara Menghitung Harga Wajar Pasar Obligasi

Cara menghitung harga wajar pasar obligasi harus membandingkan antara harga nominal dengan harga pasar yang dimintai oleh investor.

Nah cara menghitung harga jual obligasi dalam akuntansi dilakukan dengan menggunakan rumus present value yakni Rp 20.000.000 x (1/1+15%^5) = Rp 9.943.534 dan nilai kupon Rp 600.000 x (1-((1+15%^-5)/15%) = Rp 1.712.897 ya.

Cara menghitung harga jual obligasi dalam akuntansi hanya menambahkan nilai nominal dan nilai kupon yakni Rp 9.943.534 + Rp 1.712.897 = Rp 11.656.431
Baca Juga: Cara Menghitung Obligasi dengan Metode Bunga Efektif
Demikianlah Cara Menghitung Harga Jual Obligasi dalam Akuntansi semoga anda paham ya.

0 Response to "Cara Menghitung Harga Jual Obligasi dalam Akuntansi"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel