Cara Menghitung Obligasi dengan Metode Bunga Efektif

Konten [Tampil]
Cara menghitung obligasi dengan metode bunga efektif akan menghasilkan perhitungan obligasi dengan kupon premium atau diskonto sesuai dengan tingkat bunga pasar yang berlaku.

Cara menghitung obligasi dalam akuntansi memanglah sebuah pekerjaan yang diharuskan terutama bagi industri yang bekerja sama dengan bank.

Agar dapat menghitung obligasi dengan kupon diperlukan nilai masa depan untuk menentukan berapakah yang harus dibayar pada masa depan sebagai akibat dari hutang obligasi tersebut.

Cara Menghitung Obligasi dengan Metode Bunga Efektif

Cara Menghitung Obligasi dengan Metode Bunga Efektif akan menghasilkan sebuah perhitungan yang lebih akurat dibandingkan dengan suku bunga tetap.

Agar dapat ditentukan harga jual obligasi maka sebaiknya anda harus mengetahui bunga pasar yang berlaku dibandingkan dengan bunga yang tercantum pada lembar obligasi tersebut.

Contoh Soal Obligasi dengan Bunga Efektif.

Contoh soal obligasi dengan bunga efektif terjadi pada PT Masraffi yang telah menerbitkan obligasi dengan nilai nominal Rp 10.000.000 dalam jangka waktu 10 tahun dan tingkat bunga 8%.

Berdasarkan contoh soal obligasi diskonto bunga / tingkat bunga pasar yang berlaku yaitu 10%, buatlah tabel pembayaran dan tentukan nilai present value ya.

Cara Menghitung Obligasi Diskonto.

Cara menghitung obligasi diskonto dilakukan dengan menghitung nilai nominal dan nilai bunga pada masa depan dengan menggunakan present value.

Terlebih dahulu dihitung nilai present value untuk nilai nominal pada masa depan dengan cara = nilai obligasi * (1/(1+i)^n = Rp 10.000.000 * (1/1+10%)^5 = Rp 6.209.213.

Cara menghitung obligasi at par dilanjutkan dengan mencari present value untuk pembayaran bunga ke depan = nilai bunga * ((1 – (1+i)^-n )/( i)) = Rp 800.000 * 1 – (1+10%)^-5 / 10% = Rp  3.032.629

Lalu dihitung antara present value untuk nilai nominal dengan present value untuk pembayaran bunga = Rp 6.209.213 + Rp 3.032.629 = Rp 9.241.842.

Cara menghitung amortisasi diskon obligasi akan lebih mudah dibentuk dalam tabel sebagai berikut ini.

Cara Menghitung Obligasi dengan Metode Bunga Efektif

Demikianlah Cara Menghitung Obligasi dengan Metode Bunga Efektif semoga anda mengerti dengan perhitungan obligasinya ya.

0 Response to "Cara Menghitung Obligasi dengan Metode Bunga Efektif"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel