Perbedaan Pencatatan Metode Ekuitas dan Metode Biaya

Konten [Tampil]
Perbedaan pencatatan metode ekuitas dan metode biaya akan memberikan kelebihan dan kekurangan dalam sistem pengendalian internal sebuah perusahaan. Prosedur akuntansi berdasarkan metode biaya dan metode ekuitas sangatlah bergantung kepada kebijakan yang telah ditetapkan manajemen.

Perbedaan metode equity dan harga perolehan pada dasarnya hanya bergantung kepada cara menghitung akuisisi saham anak perusahaan oleh induk perusahaan. Metode ekuitas dan metode biaya merupakan salah satu metode yang berhak dipergunakan untuk mengakuisisi saham anak perusahaan.

Pertanyaan dan jawaban metode ekuitas dan metode biaya sangatlah mudah ditemukan khususnya pada perusahaan besar yang mengakuisisi saham anak perusahaan sehingga mampu memperluas pangsa pasar dan produksinya. Contoh soal metode ekuitas, metode biaya, metode harga pasar dan metode nilai wajar untuk investasi saham dalam kegiatan akuisisi saham anak perusahaan sangatlah dibutuhkan ya.

Keunggulan dan kelemahan metode cost dan metode equity akan memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk memilih manakah yang tepat untuk diterapkan diperusahaan. Apa yang dimaksud kepemilikan 20% dan 50% tentunya ini akan menyangkut hak minoritas dan hak penguasaan dari induk perusahaan.

Bab 2 investasi dalam saham akuntansi dan pelaporan investor sangatlah cocok bagi akuntan agar dapat membedakan pencatatan metode ekuitas dan metode biaya dalam akuisisi saham anak perusahaan ya.

Perbedaan Pencatatan Metode Ekuitas dan Metode Biaya

Perbedaan Metode Ekuitas dan Metode Biaya

Perbedaan Pencatatan Metode Ekuitas dan Metode Biaya

Perbedaan pencatatan metode ekuitas dan metode biaya dalam akuisisi saham anak perusahaan terjadi karena ketika seluruh proses pembelian saham berhasil dilakukan maka masing-masing perusahaan akan melaksanakan kegiatan operasionalnya.

Nah perbedaan metode ekuitas dan metode biaya terjadi karena adanya perubahan dala modal dan ekuitas milik anak perusahaan yang diakibatkan oleh adanya:
  1. Anak perusahaan yang memperoleh laba atau rugi
  2. Anak perusahaan membagikan deviden
  3. Kekayaan anak perusahaan yang bertambah sebagai akibat adanya investasi oleh induk perusahaan.
Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Likuidasi Persekutuan Firma

Perbedaan Metode Ekuitas dan Metode Biaya.

Perbedaan metode ekuitas dan metode biaya dimana perusahaan menggunakan metode eqity akan menghasilkan perubahan setiap adanya modal yang masik ke perusahaan. Setiap perubahan modal akan dicatat dalam akun khusus yakni investasi saham anak perusahaan.

Rekening investasi saham anak perusahaan akan berubah sebesar presentase kepemilikan terhadap perubahan modal anak perusahaan. Hal ini berbeda ketika perusahaan menggunakan metode biaya.

Perusahaan yang menggunakan metode biaya maka apabila terjadi perubahan modal anak perusahaan tidak akan mempengaruhi besarnya rekening investasi saham pada anak perusahaan. Hal ini dapat dibuat rekening khusus yakni laba ditahan untuk induk perusahaan
Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Equity
Demikianlah Perbedaan Pencatatan Metode Ekuitas dan Metode Biaya semoga anda paham ketika memahami akuisisi saham ya.

0 Response to "Perbedaan Pencatatan Metode Ekuitas dan Metode Biaya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel