Contoh Soal dan Jawaban Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost

Konten [Tampil]
Contoh soal dan jawaban laporan keuangan konsolidasi metode cost seharusnya menjadi pilihan kedua perusahaan. Pertanyaan konsolidasi pada anak perusahaan yang dimiliki penuh menjadi salah satu kendala dalam pembuatan neraca konsolidasi. Jurnal eliminasi konsolidasi metode ekuitas dan biaya hampir mirip sekali ya.

Metode ekuitas dan metode biaya dalam akuisisi saham menjadi perhatian bagi para akuntan dalam pembuatan kertas kerja penyusunan neraca konsolidasi. Contoh soal konsolidasi pada anak perusahaan yang dimiliki penuh hanyalah menambahkan total aset yang dimiliki anak perusahaan kepada induk perusahaan.

Pertanyaan tentang laporan keuangan konsolidasi metode ekuitas dan metode biaya sangatlah mirip terutama bagi perusahaan yang memiliki saham hampir 90% terhadap anak perusahaan. Nah contoh soal dan jawaban laporan keuangan konsolidasi metode ekuitas dan metode biaya dapat dipilih perusahaan ya.

Contoh Soal dan Jawaban Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost

Bagaimana Prosedur Konsolidasi Metode Ekuitas dan Cost

Bagaimana prosedur konsolidasi metode cost dapat dilakukan oleh para akuntan dengan tahapan sebagai berikut ini
  • Mencatat transaksi ke dalam jurnal umum
  • Tidak mencatat transaksi yang berkaitan dengan laba dan rugi yang dimiliki perusahaan
  • Mencatat transaksi yang berkaitan dengan induk perusahaan baik pembagian deviden atau laba dan rugi.
  • Melakukan perubahan terhadap laporan posisi keuangan awal sebagai akibat adanya jurnal umum.
  • Membuat kertas kerja penyusunan neraca konsolidasi beserta jurnal eliminasinya
  • Membuat laporan posisi keuangan / neraca konsolidasi akhir
Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Equity

Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost

Contoh soal laporan keuangan konsolidasi metode cost menjadi pilihan kedua setelah perusahaan memutuskan tidak menggunakan metode nilai wajar, metode harga pasar bahkan metode ekuitas.

Contoh soal akuntansi keuangan lanjutan konsolidasi dengan metode ekuitas terjadi pada Tahun 2020 PT Masraffi membeli 5000 lembar saham dari 7500 lembar saham yang beredar milik PT Kakraffi dengan total pembayaran sebesar Rp 20.000.000 secara tunai.

Pertanyaan dan jawaban laporan keuangan konsolidasi metode cost atau metode biaya dapat dikerjakan dengan memerlukan neraca saldo akhir dari induk perusahaan dan anak perusahan yakni.

Contoh Soal dan Jawaban Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost

Berdasarkan contoh soal laporan keuangan konsolidasi metode cost diatas maka anda harus membuat mengetahui apakah dalam perusahaan anak dan induk perusahaan terjadi perubahan modal seperti adanya laba dan rugi bahkan tambahan investasi saham. Adapun peristiwa perubahan modal yakni.

Contoh Soal dan Jawaban Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost

Jurnal umum untuk mencatat transaksi perubahan modal pada saham anak perusahaan dapat dikerjakan dengan menggunakan metode biaya. Contoh soal cost method menjadi pilihan kedua. Nah jurnal umum yang terbentuk dari transaksi di atas yakni.

Contoh Soal dan Jawaban Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost

Kondisi apa jika perusahaan anak tidak di konsolidasi berarti induk perusahaan tidak memperlukan neraca gabungan diantara perusahaan yang dimilikinya. Nah anda perlu melakukan perhitungan terhadap masing-masing akun neraca saldo awal perusahaan induk dan anak sebagai berikut ini.

Contoh Soal dan Jawaban Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost


Akan muncul rekening baru yakni laba ditahan untuk induk. Rekening atau akun ini muncul sebagai akibat dari penggunaan metode biaya atau cost method sebagai alat penggabungan neraca perusahaan.
Baca Juga: Contoh Soal Laporan Likuidasi Persekutuan Firma

Jurnal Eliminasi Konsolidasi Metode Biaya dan Ekuitas

Jurnal eliminasi konsolidasi metode biaya dan ekuitas yang dapat dikerjakan oleh akuntan haruslah mampu memunculkan akun kelebihan nilai buku diatas harga pokok atau KNBDHP ya. Walaupun begitu, belum tentu investasi saham anak perusahaan dapat memperoleh seluruh modal di perusahaan.

Adapun jurnal eliminasi konsolidasi dengan menggunakan metode biaya atau cost method yang dapat dibuat yakni.

Contoh Soal dan Jawaban Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost

Laporan posisi keuangan atau neraca konsolidasi dengan menggunakan metode biaya siap dibuat. Contoh soal dan jawaban laporan keuangan konsolidasi metode cost dapat dikerjakan dengan mudah melalui kertas kerja penyusunan neraca saldo sebagai berikut ini.

Contoh Soal dan Jawaban Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost

Demikianlah Contoh Soal dan Jawaban Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost semoga anda paham dengan penjelasan saya ya.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel