Contoh Soal Perubahan Kepemilikan Transaksi Saham Perusahaan Anak

Konten [Tampil]
Contoh soal perubahan kepemilikan transaksi saham perusahaan anak merupakan salah satu upaya agar perusahaan anak dapat dipertahankan oleh induk perusahaan. Makalah laporan keuangan konsolidasi hubungan induk perusahaan dan anak perusahaan akan memberikan anda pandangan mengenai kepemilikan saham ya.

Contoh soal pelaporan kepemilikan antar perusahaan memungkinkan para pengguna laporan keuangan menentukan berapakah jumlah presentase perusahaan induk terhadap perusahaan anak.

Penyebab terjadinya perubahan presentase kepemilikan perusahaan induk atas perusahaan anak dikarenakan adanya aktivitas yang dilakukan oleh anak perusahaan seperti mendapatkan laba atau rugi serta bertambahnya investasi saham induk perusahaan.

Apabila perusahaan anak mempunyai saham terdiri dari dua jenis maka harus dilakukan pemisahan pengakuan dan pengukuran dari masing-masing akun tersebut.

Materi laporan keuangan konsolidasi perubahan kepemilikan akan berkaitan dengan presentase kepemilikan perusahaan induk atas perubahan anak yang berubah disebabkan karena perusahaan anak melakukan berbagai aktivitas yang mengubah modal mereka.

Contoh Soal Perubahan Kepemilikan Transaksi Saham Perusahaan Anak

Contoh Soal Perubahan Kepemilikan Transaksi Saham Perusahaan Anak

Induk Perusahaan Membeli Saham Langsung pada Anak Perusahaan

Apabila induk perusahaan melakukan pembelian saham pada anak perusahaan akan mengakibatkan bertambahnya saham yang beredar milik anak perusahaan.

Pembelian saham anak perusahaan oleh induk perusahaan dapat berupa pembelian saham perusahaan anak yang belum beredar bahkan saham perusahan anak yang ditarik kembali atau saham treasury
Baca Juga: Contoh Soal Perubahan Kepemilikan Transaksi Saham Anak Perusahaan

Contoh Soal Perubahan Kepemilikan Transaksi Saham Perusahaan Anak

Contoh Soal Perubahan Kepemilikan Transaksi Saham Perusahaan Anak terjadi pada PT Rafinternet yang melakukan pembelian saham kepada perusahaan PT Masraffi dimana kondisi modal perusahaan anak adalah.


Modal Saham @ 10.000
 Rp  15.000.000
Agio Saham
 Rp    5.000.000
Laba ditahan
 Rp    4.500.000


Contoh soal laporan keuangan konsolidasi hubungan induk perusahaan dan anak perusahaan terjadi ketika PT Masraffi melakukan penjualan saham baru sebanyak 800 lembar saham dengan harga nominal @Rp 12.000. PT Rafinternet akan membeli saham baru tersebut seluruhnya dengan harga @Rp 13.000 dan melakukan pembelian atas saham yang telah beredar sebanyak 500 langsung dari PT Masraffi dengan harga @Rp 12.500.
Baca Juga: Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Hubungan Perusahaan Induk dan Anak

Contoh Soal dan Jawaban Pelaporan Antar Perusahaan Induk dan Anak Perusahaan

Contoh Soal dan Jawaban Pelaporan Antar Perusahaan Induk dan Anak Perusahaan merupakan pekerjaan akuntan untuk membuat jurnal yang diperlukan berdasarkan transaksi diatas ya.

Contoh soal akuisisi dengan kepemilikan sebagian yang harus dikerjakan adalah sesuai dengan jurnal sebagai berikut ini ya.

Jurnal untuk mencatat pembelian saham anak perusahaan oleh perusahaan induk sebagai berikut ini.

Keterangan
Jumlah
Investasi pada PT Masraffi
   Kas
Rp 6.250.000
   Rp 6.250.000


Jurnal untuk mencatat pembelian saham baru dari anak perusahan oleh induk perusahaan sebagai berikut ini.

Keterangan
Jumlah
Investasi pada PT Masraffi
   Kas
Rp 10.400.000
   Rp 10.400.000


Komposisi modal anak perusahaan setelah dilakukannya pembelian saham langsung induk perusahaan sebagai berikut ini.


 Sebelum
 Transaksi
Sesudah
Modal Saham @ 10.000
 Rp  15.000.000
 Rp  13.000.000
 Rp  28.000.000
Agio Saham
 Rp    5.000.000
 Rp    2.050.000
 Rp    7.050.000
Laba ditahan
 Rp    4.500.000
 Rp                    -
 Rp    4.500.000


Presentase kepemilikan induk perusahaan terhadap perusahaan anak dapat dihitung sebagai berikut. Total saham yang dimiliki perusahaan anak adalah = 1800 sedangkan saham yang dibeli adalah 1300 maka total kepemilikan adalah 72%.
Baca Juga: Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi dan Jawabannya

Cara Menghitung Controling Interest Induk Perusahaan

Cara menghitung controling interest yang dimiliki induk perusahaan adalah dengan cara mengalikan presentase kepemilikan induk atas total harta yang dimiliki anak perusahaan yakni 72% x Rp 39.550.00 = Rp 28.476.000

Demikianlah Contoh Soal Perubahan Kepemilikan Transaksi Saham Perusahaan Anak semoga anda paham dengan penjelasan saya ya.

0 Response to "Contoh Soal Perubahan Kepemilikan Transaksi Saham Perusahaan Anak"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel