Contoh Soal dan Cara Menghitung Biaya Tenaga Kerja Langsung

Konten [Tampil]
Cara menghitung biaya tenaga kerja langsung akuntansi biaya akan mampu memberikan contoh bagaimana mekanisme pengalokasian per unit produk yang dihasilkan. Pengertian dan ciri-ciri biaya tenaga kerja langsung akan membuat seorang akuntan biaya mudah dalam mengalokasi beban yang terjadi.

Biaya bahan dan tenaga kerja serta pengendaliannya haruslah diterapkan agar biaya yang terjadi diperusahaan tidak membesar. Contoh soal dan cara menghitung biaya tenaga kerja langsung sangatlah dibutuhkan oleh masing-masing departemen yang terlibat dalam perusahaan.

Biaya yang dikeluarkan untuk bahan baku, tenaga kerja dan biaya lain merupakan pengertian lain dari biaya yang telah terjadi di perusahaan ya. Kegiatan pertama yang dilakukan oleh akuntansi tenaga kerja adalah mengetahui bagaiman sebuah biaya tenaga kerja akan dibebankan ke unit yang dihasilkan.

Pertanyaan tentang biaya tenaga kerja biasanya hanya berkaitan dengan bagaimana mekanisme membebankan biaya yang terjadi ke unit yang dihasilkan oleh perusahaan. Selain itu, biasanya hanya menentukan gaji dan upah yang seharusnya menjadi biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsung.

Contoh soal biaya tenaga kerja langsung akuntansi biaya seharusnya dapat memberikan anda pandangan mekanisme pengalokasian biaya yang akan terjadi di perusahaan. Pengertian, ciri-ciri dan komponen biaya tenaga kerja langsung harus diketahui oleh masing-masing akuntan agar dapat membedakannya ya.

Contoh Soal dan Cara Menghitung Biaya Tenaga Kerja Langsung

Pengertian Biaya Tenaga Kerja Langsung

Pengertian biaya tenaga kerja langsung adalah sebuah imbal balas jasa yang diberikan kepada pekerja sebagai akibat dari adanya penggunaan sumber daya manusia untuk melaksanakan kegiatan produksi.

Biaya tenaga kerja langsung akan memberikan seorang pekerja imbal balas gaji dan upah. Tenaga kerja merupakan sumber daya manusia yang dapat digunakan untuk mengubah bahan baku menjadi bahan jadi melalui kegiatan produksi.

Biaya tenaga kerja langsung akan menimbulkan biaya produksi, biaya administrasi dan biaya pemasaran bergantung dimanakan posisi pekerja tersebut berada. Tenaga kerja langsung merupakan tenaga kerja yang terlibat dalam kegiatan produksi secara langsung dan dapat ditelusuri dalam produk yang dihasilkan
Baca Juga: Contoh Soal Jurnal Umum dan Khusus Metode Perpetual dan Periodik

Ciri-Ciri Biaya Tenaga Kerja Langsung

Ciri-ciri biaya tenaga kerja langsung yang sangat nampak adalah biaya tenaga kerja dapat diidentifikasi secara nyata dalam kegiatan produksi dan biasa memiliki beban tersendiri.

Biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsung akan memberikan hasil yang berbeda di sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan dan proses. Perusahaan yang telah menerapkan penggunaan mesin dalam kegiatan produksi akan semakin sulit untuk memisahkan biaya tenaga kerja dan overhead pabrik.

Komponen Biaya Tenaga Kerja Langsung

Komponen biaya tenaga kerja langsung terdiri atas beberapa gaji dan upah yang harus diterima beserta tunjangan pertahun dari perusahaan.

Komponen biaya tenaga kerja lansgung harus mempertimbangkan faktor-faktor dalam sistem penggajian seperti potongan, pajak penghasilan, iuran serikat kerja atau potongan lainnya
Baca Juga: Perbedaan Sistem Periodik dan Perpetual pada Pencatatan Persediaan

Contoh Soal Biaya Tenaga Kerja Langsung


Contoh soal biaya tenaga kerja langsung terjadi pada PT Masraffi melakukan pembayaran upah tenaga kerja berdasarkan jumlah unit yang harus dicapai setiap karyawan produksi dengan unit standar 500 Unit. Apabila karyawan melebihi target maka mendapatkan bonus RP 150 / unit.

Contoh biaya tenaga kerja langsung seperti perusahaan roti dimana membutuhkan koki untuk memasak. Koki tersebut merupakan salah satu contoh biaya tenaga kerja langsung karena keberadaan biaya dapat ditelusuri ke produk.

Berdasarkan contoh soal biaya tenaga kerja langsung maka anda harus dapat menentukan berapakah total gaji yang harus diterima karyawan / pekerja sebagai berikut ini.

Contoh Soal dan Cara Menghitung Biaya Tenaga Kerja Langsung
Baca Juga: Contoh Soal Metode Harga Pokok Proses Produk Hilang

Cara Menghitung Biaya Tenaga Kerja Langsung

Cara menghitung biaya tenaga kerja langsung yang terjadi di PT Masraffi harus membandingkan antara unit standar yang dihasilkan dengan unit sebenarnya agar dapat diketahui adakah bonus yang diterima karyawan.

Cara menghitung biaya tenaga kerja berdasarkan contoh soal diatas dapat ditentukan terlebih dahulu rasio yang menjadi dasar menentukan biaya yang dapat dijadikan acuan ya.

Cara menghitung biaya tenaga kerja dilanjutkan dengan mengalikan kelebihan produksi yang dimiliki masing-masing karyawan dengan insentif yang ditawarkan. Lalu akan muncul total upah yang diterima masing-masing pekerja

Baca Juga: Contoh Soal Laporan Biaya Produksi Metode Rata-Rata Tertimbang
Demikianlah Contoh Soal dan Cara Menghitung Biaya Tenaga Kerja Langsung semoga anda paham dengan penjelasan saya ya.

0 Response to "Contoh Soal dan Cara Menghitung Biaya Tenaga Kerja Langsung"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel