Contoh Soal Metode Harga Pokok Proses Produk Hilang

Konten [Tampil]
Contoh soal metode harga pokok proses produk hilang akan terjadi pada awal dan akhir sebuah proses produksi. Bagaimana pengaruh perhitungan harga pokok jika terjadi produk hilang pada awal proses tentunya tidak akan dibebankan biaya terkait dengan proses produksinya.

Mengapa dalam suatu proses produksi terjadi adanya produk hilang tentunya bagi perusahaan yang melakukan sistem perhitungan biaya berdasarkan proses maka akan dapat menyebabkan produk hilang bahkan rusak ya.

Pengaruh produk hilang pada awal proses atau akhir proses pada metode harga pokok proses berkaitan dengan unit ekuivalen yang mungkin terjadi pada akhir periode. Jenis produk hilang dapat bermacam-macam karena proses terus menerus berjalan walau tanpa adanya pesanan.

Cara menghitung harga pokok produk apabila terdapat produk yang hilang pada tahap awal proses dan akhir proses memanglah sangat diperlukan sehingga pengakuan adanya total biaya akan dapat diketahui oleh setiap pihak yang terlibat.

Produk hilang dapat terjadi pada awal proses dan akhir proses dan perhitungannya akan berbeda bergantung kepada jumlah unit yang tercipta ya.

Contoh Soal Metode Harga Pokok Proses Produk Hilang

Mengapa dalam Suatu Proses Produksi Terjadi Produk Hilang

Mengapa dalam suatu proses produksi terjadi adanya produk hilang dikarenakan perusahaan yang melakukan produksi berdasarkan proses akan tetap terus menciptakan suatu barang walaupun tanpa adanya pesanan dari pembeli.

Oleh karena itu, kebanyakan akan muncul produk hilang atau proses produksi tidak sesuai dengan target yang telah ditentukan oleh perusahaan. Contoh soal metode harga pokok proses produk hilang menjadi solusi untuk membebankan hal tersebut.

Contoh Produk Hilang Akhir Proses

Contoh produk hilang akhir proses dapat berlangsung sesuai dengan produk yang dibuat oleh perusahaan. Produk hilang merupakan produk yang tercipta dari adanya penggunaan sejumlah biaya tetapi tidak berwujud barangnya ya.

Contoh produk hilang akhir proses terjadi pada PT Masraffi yang melakukan kegiatan produksi sebagai berikut ini

Baca Juga: Contoh Soal Laporan Biaya Produksi Metode FIFO / MPKP

Cara Menghitung Harga Pokok Produk Apabila Ada Produk Hilang Awal Proses dan Akhir Proses

Cara menghitung harga pokok produk apabila terdapat produk hilang pada awal proses dan akhir proses tentunya membutuhkan unit ekuivalen yang berbeda. Walaupun begitu, anda dapat menjelaskan mengapa dalam proses produksi terdapat produk hilang ya.

Pengaruh produk hilang pada awal proses dan akhir proses terhadap metode harga pokok proses tentunya dapat mudah diketahui melalui unit ekuivalen yang tercipta sebagai akibat dari adanya biaya per unit.

Contoh Soal Metode Harga Pokok Proses Produk Hilang
Baca Juga: Contoh Soal Laporan Harga Pokok Produksi dengan Metode Fifo / Mpkp

Perhitungan Unit Ekuivalen Apabila Ada Produk Hilang Akhir dan Awal Proses

Perhitungan unit ekuivalen apabila ada produk hilang akhir dan awal proses bergantung kepada pengakuan adanya produk hilang. Biasanya produk hilang di awal proses belum membebani adanya biaya akan tetapi produk hilang pada akhir proses tentu akan membutuhkan biaya ya.

Contoh soal metode harga pokok proses produk hilang cukup melakukan perhitungan unit ekuivalen seperti diatas. Lalu anda dapat membuat laporan biaya produksi produk hilang seperti berikut ini ya.

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Metode Harga Pokok Proses 2 Departemen
Demikianlah Contoh Soal Metode Harga Pokok Proses Produk Hilang semoga anda paham ya kawan-kawan.

0 Response to "Contoh Soal Metode Harga Pokok Proses Produk Hilang"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel