Contoh Soal dan Jawaban Metode Harga Pokok Proses 2 Departemen

Konten [Tampil]
Contoh soal dan jawaban metode harga pokok proses 2 departemen akan berkaitan dengan pengakuan persediaan secara rata-rata tertimbang (Average) atau masuk pertama keluar pertama (Fifo). Cara menghitung rata-rata tertimbang dalam akuntansi dapat dilakukan dengan melakukan perhitungan semua biaya yang terjadi perunit yang ada.

Contoh soal akuntansi biaya metode harga pokok proses 2 departemen dapat dilaksanakan oleh perusahaan yang membuat produk dengan berbagai macam aliran. Menghitung hpp dengan metode rata-rata tertimbang akan menunjukan total biaya yang sesuai dengan aliran persediaan sebenarnya di perusahaan.

Contoh soal process costing 1 dan 3 departemen dapat dilaksanakan karena perusahaan tidak dapat membedakan antara biaya yang telah digunakan dengan biaya yang terjadi diperiode berjalan.

Contoh soal metode perhitungan biaya proses produksi akan menciptakan unit ekuivalen setara dengan jumlah produk jadi yang dihasilkan dari biaya produksi dalam proses awal dan biaya produksi pada periode berjalan.

Contoh Soal dan Jawaban Metode Harga Pokok Proses 2 Departemen

Contoh Soal Harga Pokok Proses dengan Metode Rata-Rata

Contoh soal harga pokok proses dengan metode rata-rata terjadi ketika perusahaan memutuskan menghitung persediaan dengan metode average.

Laporan biaya produksi metode rata-rata tertimbang akan berisikan informasi mengenai biaya produk dalam proses awal, biaya periode awal, dan total biaya per unit.

Contoh soal akuntansi biaya metode harga pokok proses terjadi pada PT masraffi yang memiliki rincian total biaya sebagai berikut ini ya.

Contoh Soal dan Jawaban Metode Harga Pokok Proses 2 Departemen
Baca Juga: Contoh Soal Harga Pokok Proses dengan Metode Rata-Rata Tertimbang

Contoh Soal Process Costing 1 dan 3 Departemen

Contoh soal process costing 1 dan 3 departemen dapat terjadi di seluruh perusahaan yang memproduk produk yang melewati proses banyak. Metode perhitungan biaya proses produksi akan menciptakan laporan biaya produksi baik metode rata-rata tertimbang atau fifo.

Pertanyaan tentang prosess costing bagi mahasiswa yakni membuat laporan biaya produksi dengan metode rata-rata tertimbang bagi departemen produksi dan departemen pengemasan.
Baca Juga: Cara Menghitung Unit Ekuivalen untuk Tiap Unsur Biaya Produksi

Cara Membuat Laporan Biaya Produksi Metode Rata-Rata Tertimbang

Cara membuat laporan biaya produksi metode rata-rata tertimbang dalam akuntansi dapat terlebih dahulu menghitung jumlah unit yang dihasilkan dan jumlah unit yang ditransfer ke departemen selanjutnya.

Laporan biaya produksi metode rata-rata tertimbang akan memunculkan dua macam biaya yakni biaya pdp awal dan biaya periode berjalan. Oleh karena itu, anda harus menggabungkan kedua biaya tersebut ya.

Lalu anda bebankan semua biaya yang telah terjadi menjadi biaya perunit. Contoh soal laporan biaya produksi metode rata-rata tertimbang yang dapat dibuat sebagai berikut.

Contoh Soal dan Jawaban Metode Harga Pokok Proses 2 Departemen
Baca Juga: Contoh Soal Laporan Biaya Produksi Metode Rata-Rata Tertimbang
Demikian Contoh Soal dan Jawaban Metode Harga Pokok Proses 2 Departemen semoga anda paham.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Metode Harga Pokok Proses 2 Departemen"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel