Cara Menghitung Unit Ekuivalen untuk Tiap Unsur Biaya Produksi

Konten [Tampil]
Cara menghitung unit ekuivalensi untuk tiap unsur biaya produksi akan memudahkan seseorang agar dapat membebankan total biaya yang terjadi di setiap departemen menjadi biaya per unit. Sistem perhitungan biaya berdasarkan proses atau process costing dapat terjadi disetiap perusahaan.

Cara menghitung unit ekuivalen 2 dan 3 departemen untuk tiap unsur biaya produksi lebih mudah dalam membebankan total biaya yang terlibat disetiap proses produksi ya. Penyusunan laporan harga pokok produksi untuk perusahaan manufaktur dengan 2 departemen atau lebih mudah dilakukan berdasarkan process costing ya.

Cara menghitung unit ekuivalen dalam akuntansi biaya diperlukan karena tiap biaya akan dibebankan untuk setiap produk yang diciptakan oleh perusahaan ya. Cara mencari unit ekuivalen 2 departemen dapat dilaksanakan dengan mudah lho ya, karena perusahaan selalu memproduksi barang dalam skala besar.

Cara menghitung unit ekuivalen untuk biaya tenaga kerja, biaya bahan dan biaya overhead pabrik membutuhkan total biaya yang terjadi pada departemen terkait ya. Unit ekuivalen biaya bahan baku departemen adalah jumlah barang yang mampu dibuat oleh sebuah departemen dengan total biaya yang telah terjadi ya.

Cara Menghitung Unit Ekuivalen untuk Tiap Unsur Biaya Produksi

Cara Menghitung Unit Ekuivalen dalam Akuntansi Biaya

Cara menghitung unit ekuivalen dalam akuntansi biaya dapat dilakukan dengan membebankan seluruh produk yang berhasil di buat dengan total biaya yang terjadi di 2 departemen bersangkutan.

Cara menghitung unit ekuivalen 2 departemen akan menciptakan sebuah proses yang mampu membuat sebuah biaya dapat ditelusuri pada departemen yang membuat produk tersebut. Biaya yang terjadi dapat berupa biaya bahan, biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik ya.

Cara menghitung unit ekuivalen metode mpkp dan metode rata-rata tertimbang pada dasarnya adalah sama, karena unit ekuivalen hanyalah jumlah yang diciptakan pada sebuah departemen yang terkait saja.

Cara menghitung unit ekuivalen terjadi pada PT Masraffi yang mampu memproduksi pakaian dengan menggunakan 2 departemen sebagai berikut ini.


Cara mencari unit ekuivalen 2 departemen dapat dicari dengan membebankan biaya bahan dan biaya konversi. Perlu diketahui bahwa biaya konversi terdiri dari biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik ya.

Baca Juga: Contoh Soal Laporan Biaya Produksi Metode Rata-Rata Tertimbang
Demikianlah Cara Menghitung Unit Ekuivalen untuk Tiap Unsur Biaya Produksi semoga anda paham dengan penjelasan saya ya

0 Response to "Cara Menghitung Unit Ekuivalen untuk Tiap Unsur Biaya Produksi"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel