Contoh Soal Laporan Harga Pokok Produksi dengan Metode Fifo / Mpkp

Konten [Tampil]
Contoh soal laporan harga pokok produksi dengan metode fifo seharusnya menjadi awal dari pencatatan persediaan yang dapat meningkatkan laba. Laporan kos produksi metode mpkp bisa menjadi solusi untuk mendapatkan laba tinggi.

Contoh soal metode harga pokok proses lanjutan dengan metode fifo bisa menjadi awal dari pencatatan persediaan sesuai dengan harga perolehan diawal. Harga pokok produksi dengan metode mpkp atau masuk pertama keluar pertama sangatlah banyak dipergunakan di beberapa perusahaan.

Contoh soal laporan harga pokok produksi 2 departemen dapat dipergunakan sesuai dengan keinginan perusahaan. Akuntansi biaya metode harga pokok proses 2 departemen tidak diperkenankan untuk membebankan biaya produksi yang berasal dari produk dalam proses awal ya.

Contoh dan jawaban metode harga pokok proses 2 departemen dimana biaya produksi pada periode berjalan tidak diperkenankan digabung dengan biaya produk dalam proses awal. Laporan biaya produk cacat juga dapat menggunakan metode fifo ya.

Contoh soal harga pokok proses di perusahaan yang sudah berjalan tentunya harus menghitung persediaan berdasarkan metode rata-rata tertimbang atau masuk pertama keluar pertama. Hal ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangannya.

Contoh Soal Akuntansi Biaya Metode Harga Pokok Produksi

Contoh Soal Laporan Harga Pokok Produksi dengan Metode Fifo / Mpkp

Contoh soal laporan harga pokok produksi dengan metode fifo terjadi pada PT Masraffi yang memproduksi pakaian melalui 2 departemen. Pertama kali yang dilakukan adalah memproduksi sampai barang setengah jadi lalu diberikan ke departemen selanjutnya ya.

Harga pokok produksi dengan metode FIFO / MPKP dipilih oleh perusahaan karena perhitungan elemen biaya per unit dilakukan dengan cara membagi antara masing-masing biaya pada periode berjalan dengan unit ekuivalennya.

Contoh soal harga pokok proses 2 departemen yang terjadi pada PT Masraffi memiliki rincian biaya beban, biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik dengan rincian sebagai berikut ini.

Contoh Soal Laporan Harga Pokok Produksi dengan Metode Fifo / Mpkp
Baca Juga: Contoh Soal Laporan Biaya Produksi Metode Rata-Rata Tertimbang

Contoh Soal Metode Harga Pokok Proses Lanjutan Metode Fifo

Contoh soal metode harga pokok proses lanjutan metode fifo dapat dijawab dengan terlebih dahulu menentukan unit ekuivalen per biaya yang terlibat di 2 depertemen tersebut. Laporan kos produksi mpkp di buat unit ekuivalen pada departemen produksi sebagai berikut.

Contoh Soal Laporan Harga Pokok Produksi dengan Metode Fifo / Mpkp

Harga pokok produksi dengan metode fifo menjadi pilihan bagi perusahaan agar dapat laba yang tinggi. Karena metode ini mengakui adanya contoh soal harga pokok proses 2 departemen dalam menciptakan sebuah produk ya.

Contoh soal akuntansi biaya metode harga pokok proses 2 departemen harus memisahkan antara biaya produk dalam proses awal dengan biaya produk dalam periode berjalan. Laporan biaya produksi metode mpkp ini berbeda dengan rata-rata tertimbang.
Baca Juga: Contoh Soal Harga Pokok Pesanan 2 Departemen

Contoh Soal Laporan Biaya Produksi Metode FIFO / MPKP

Contoh soal laporan biaya produksi metode fifo / mpkp akan mengakui adanya unit ekuivalen yang berbeda untuk produk dalam proses awal dan produk periode berjalan.

Contoh soal akuntansi biaya metode harga pokok proses 2 departemen yang harus diperhatikan yakni unit ekuivalen yang dipergunakan untuk membuat laporan biaya produksi. Adapun laporan biaya produksi metode mpkp pada departemen produksi.


Contoh soal laporan harga pokok produksi 2 departemen seharusnya menjadi awal dari pertanggungjawaban seorang karyawan produksi atas produk yang diciptakannya. Laporan biaya produk cacat akan diminta oleh pihak manajemen.
Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Metode Harga Pokok Pesanan Full Costing

Contoh Soal Laporan Harga Pokok Produksi 2 Departemen Metode Fifo

Contoh soal laporan harga pokok produksi 2 departemen metode fifo harus menghitung biaya bahan dengan cara membandingkan antara total biaya bahan pada periode berjalan dengan unit ekuivalen pada periode berjalan juga.

Contoh soal dan jawaban harga pokok proses dengan sistem penentuan harga berdasarkan proses 2 departemen dan 3 departemen yang harus dikerjakan oleh PT Masraffi pada departemen pengemasan adalah sebagai berikut ini

Contoh Soal Laporan Harga Pokok Produksi dengan Metode Fifo / Mpkp

Contoh Soal Laporan Harga Pokok Produksi dengan Metode Fifo / Mpkp
Baca Juga: Contoh Soal Penjualan Konsinyasi dan Jawaban
Demikianlah Contoh Soal Laporan Harga Pokok Produksi dengan Metode Fifo / Mpkp semoga anda paham ya.

0 Response to "Contoh Soal Laporan Harga Pokok Produksi dengan Metode Fifo / Mpkp"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel