Contoh Soal Penjualan Konsinyasi dan Jawaban

Konten [Tampil]
Contoh soal penjualan konsinyasi dan jawaban dapat berupa essay bahkan pilihan ganda yang dapat dipergunakan untuk pertanyaan diskusi. Contoh pertanyaan wawancara konsinyasi akan berkaitan dengan pihak komisioner dan pihak pengamanat.

Soal essay tentang sistem konsinyasi akan memberikan kewajiban bagi komisioner untuk membuat laporan penjualan barang konsinyasi kepada pengamanat. Contoh soal konsinyasi singkat akan menentukan laba dan rugi sebagai akibat dari transaksi konsinyasi ya.

Contoh soal konsinyasi kelas 12 singkat berformat pdf akan berisikan materi mengenai pengalokasian beban komisi dan biaya promosi yang seharusnya ditanggung oleh pengamanat ya.

Contoh konsinyasi dalam perdagangan internasional seharusnya upaya mencari barang konsinyasi dengan harga murah. Walaupun begitu, pengamanat tetap menanggung pajak yang terkait. Bisnis dan sistem konsinyasi harus dibangun sehingga dapat memperlebar pasar barang.

Contoh bisnis dan sistem konsinyasi harus dapat mendeteksi persediaan barang yang belum sempat terjual pada akhir masa. Persediaan barang konsinyasi bagi komisioner pada dasarnya tidak diperkenankan karena itu merupakan barang dari pengamanat.

Contoh Soal Penjualan Konsinyasi dan Jawaban

Contoh Soal Penjualan Konsinyasi dan Jawaban

Contoh Soal Penjualan Konsinyasi dan Jawaban Pdf

Contoh soal penjualan konsinyasi dan jawaban telah terjadi pada CV Masraffi yang telah dititipkan barang konsinyasi dari Pt rafinternet. Pada akhir masa 2020, cv masraffi memberikan laporan penjualan konsinyasi dan beban-beban yang terjadi dengan rincian sebagai berikut ini.

CV Masraffi
Laporan Penjualan Konsinyasi
Penjualan barang (25 Topi)
 Rp  250.000
 Beban-beban

 - Beban Penjualan
 Rp      4.000
 - Beban Perakitan
 Rp      3.000
 - Beban Komisi (20%)
 Rp    62.500
 Uang yang diberikan 
 Rp  180.500


Contoh soal pilihan ganda konsinyasi dan jawabannya berkaitan dengan transaksi diatas maka CV masraffi telah mengirimkan barang sebanyak 30 dengan harga pokok sebesar 75% dari harga jual eceran.

Buatlah jurnal yang berkaitan dengan transaksi konsinyasi bagi komisioner dan pengamanat dengan metode laba terpisah.
Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Pembagian Laba Rugi Persekutuan

Contoh Laporan Penjualan Konsinyasi Komisioner dan Pengamanat

Contoh soal laporan penjualan konsinyasi bagi komisioner dan pengamanat sesuai transaksi diatas dapat dibuat beberapa jurnal yang sesuai. Jurnal yang diperlukan adalah jurnal pengiriman barang, penjualan dan pembebanan biaya konsinyasi.

Contoh konsinyasi perdagangan internasional yang berkaitan dengan transaksi diatas dapat dibuatkan jurnal sebagai berikut ini.

Keterangan
Jumlah
Kas
   Penjualan
(pencatatan penjualan konsinyasi)
Rp 250.000
   Rp 250.000
CV Masraffi
   Kas
(pembebanan biaya komisioner)
Rp 7.000
   Rp 7.000
HPP
   Penjualan
(Mencatat HPP)
Rp 187.500
   Rp 187.500
CV Masraffi
   Kas
Rp 180.500
   Rp 180.500

Baca Juga: Contoh Soal Penjualan Konsinyasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh Konsinyasi dalam Perdagangan Internasional

Contoh konsinyasi dalam perdagangan internasional akan berkaitan dengan berbagai macam kebijakan yang menekankan pada aspek import dan eksport barang sampai ke komisioner.

Contoh bisnis dan sistem konsinyasi akan berjalan baik apabila ada integrasi antara pengamanat dengan komisioner dalam menjalan transaksi kegiatan penjualan titip barang ini. Pilihan ganda dan essay serta wawancara akan terlibat dalam perjanjian awal kontrak konsinyasi.
Baca Juga: Contoh Soal Persekutuan (Materi Akuntansi Keuangan Lanjutan 1)
Demikianlah Contoh Soal Penjualan Konsinyasi dan Jawaban semoga anda paham dengan penjelasan saya ya.

0 Response to "Contoh Soal Penjualan Konsinyasi dan Jawaban"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel