Contoh Soal dan Jawaban Pembagian Laba Rugi Persekutuan

Konten [Tampil]
Contoh soal dan jawaban pembagian laba rugi persekutuan haruslah dibagi ke beberapa sekutu yang terlibat aktif dalam proses mendapatkan keuntungan secara adil. Pembentukan dan pembagian laba haruslah telah diatur dalam akta pendirian firma.

Contoh kasus pembagian laba rugi persekutuan dapat terjadi disekitar kita. Sekutu akan mendapatkan laba rugi sesuai dengan jumlah kontribusinya terhadap persekutuan sehingga prinsip adil dapat ditegakkan.

Contoh soal perhitungan pembagian keuntungan pada perusahaan firma akan menilai kemampuan pribadi masing-masing sekutu sehingga metode pembagian laba rugi tidak diperkenankan hanya terdapat satu saja.

Contoh soal perhitungan pembagian laba firma yang sering terjadi yakni pembagian berdasarkan rasio tertentu dan perbandingan modal awal, modal akhir bahkan modal rata-rata yang tertanam di persekutuan.

Contoh Soal dan Jawaban Pembagian Laba Rugi Persekutuan

Contoh Soal dan Jawaban Pembagian Laba Rugi Persekutuan

Contoh Soal dan Jawaban Pembagian Laba Rugi Persekutuan

Contoh soal dan jawaban pembagian laba rugi persekutuan terjadi pada Firma Masraffi yang mendapatkan laba persekutuan sebesar Rp 90.000.000, laba akan dibagikan ke masing-masing sekutu yakni masraffi, mbahraffi, dekraffi dengan penerimaan laba yang sama.

Contoh soal persekutuan akuntansi keuangan lanjutan yang harus dikerjakan yakni bagaimana cara menghitung pembagian laba dan rugi pada persekutuan firma diatas.
Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Tentang Pembentukan Firma (Buku Baru dan Buku Lama)

Contoh Perhitungan Pembagian Laba Firma

Contoh perhitungan pembagian laba firma akan menjelaskan bagaimana pengalokasian modal yang didapatkan dari operasional perusahaan. Firma Masraffi yang dimiliki oleh 3 orang sekutu yakni masraffi, mbahraffi dan dek raffi akan mendapatkan pembagian laba yang sama.

Cara menghitung pembagian laba pada firma dilakukan dengan membagi laba yang diperoleh sebesar Rp 90.000.000 ke masing-masing sekutu yakni Rp 30.000.000 untuk setiap sekutu yang terlibat.
Baca Juga: Contoh Soal Masuknya Anggota Baru dalam Persekutuan

Contoh Soal Perhitungan Pembagian Keuntungan pada Perusahaan Firma

Contoh soal perhitungan pembagian keuntungan pada perusahaan firma akan menjelaskan tentang perolehan laba dan rugi masing-masing sekutu yang didapatkan secara adil melalui kegiatan operasional perusahaan.

Jurnal untuk mencatat pembagian laba rugi persekutuan yang harus di buat oleh firma masraffi yakni.

Keterangan
Jumlah
Laba Rugi
   Modal Masraffi
   Modal Mbahraffi
   Modal Dekraffi
Rp 90.000.000
   Rp 30.000.000
   Rp 30.000.000
   Rp 30.000.000

Baca Juga: Perbedaan Metode Goodwill dan Metode Bonus di Persekutuan Firma
Demikian Contoh Soal dan Jawaban Pembagian Laba Rugi Persekutuan semoga anda paham dengan penjelasan saya ya.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Pembagian Laba Rugi Persekutuan"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel