Contoh Soal dan Jawaban Tentang Pembentukan Firma (Buku Baru dan Buku Lama)

Konten [Tampil]
Contoh soal dan jawaban tentang pembentukan firma akan berkaitan dengan materi akuntansi keuangan lanjutan 1 persekutuan. Hal ini akan berhubungan dengan pembentukan akta pendirian firma atau persekutuan dimana memiliki sebuah karakteristik tertentu.

Contoh soal akuntansi pembentukan persekutuan akan memiliki dua macam pencatatan yakni dengan menggunakan buku baru dan menggunakan buku lama dari salah satu anggota persekutuan. Walaupun menggunakan metode yang berbeda, akan tetap menghasilkan pencatatan yang sama.

Pertanyaan tentang pembentukan persekutuan firma dapat terjadi di masyarakat, hal ini akan lebih dipelajari dalam materi akuntansi keuangan lanjutan 1. Jurnal pencatatan modal cv akan lebih mengandalkan modal dari masing-masing sekutu ya.

Contoh soal penerimaan sekutu baru akan menjelaskan bagaimana seorang sekutu akan menjalankan kegiatan operasional secara bersama-sama sebagai sebuah perusahaan yang berbadan hukum.

Prosedur masuknya sekutu baru akan lebih dipahami dalam materi akuntansi keuangan lanjutan dengan menggunakan contoh soal dan jawaban seperti berikut ini.

Contoh Soal dan Jawaban Tentang Pembentukan Firma (Buku Baru dan Buku Lama)

Sebut dan Jelaskan Metode Pencatatan Masuknya Anggota Baru dalam Persekutuan

Jelaskan metode pencatatan masuknya anggota baru dalam persekutuan terdiri dari pencatatan yang dilakukan dengan menggunakan buku baru dan dengan melanjutkan pencatatan di salah satu buku sekutu lama.

Pertanyaan tentang pembentukan persekutuan firma dapat menimbulkan beberapa masalah seperti bagaimana cara mengubah kepemilikan persekutuan berdasarkan presentase yang disetor seperti penilaian aktiva tetap, penentuan modal masing-masing sekutu dan pembukuan serta pencatatannya.

Prosedur masuknya anggota baru dalam firma dapat menggunakan buku lama. Maksud dari menggunakan buku lama dalam pembentukan firma adalah melanjutkan pencatatan pada salah satu sekutu. Hal ini akan berkaitan dengan bagaimana kita menyesuaikan saldo ke nilai wajar dan mencatat setoran sekutu lainnya.

Masuknya anggota sekutu baru dalam persekutuan firma dapat menggunakan buku baru. Maksud dari penggunaan buku baru dalam pendirian firma adalah menghentikan semua pencatatan yang telah dilakukan pada semua sekutu yang terlibat serta mencatat setoran awal dari masing-masing sekutu.

Contoh Soal Perubahan Kepemilikan Persekutuan

Contoh soal perubahan kepemilikan persekutuan terjadi pada Firma Masraffi yang akan didirikan oleh kakraffi, masrafi dan rafinternet. Kakraffi telah memiliki sebuah usaha dimana laporan posisi keuangan sebagai berikut ini.

Contoh Soal dan Jawaban Tentang Pembentukan Firma (Buku Baru dan Buku Lama)
Contoh Soal dan Jawaban Tentang Pembentukan Firma (Buku Baru dan Buku Lama)


Masuknya sekutu baru dalam persekutuan terjadi ketika rafinternet menyerahkan modal sebesar Rp 50.000.000 dan mas raffi menyerahkan kendaraan seharga Rp 40.000.000 dengan nilai wajar Rp 42.000.000

Contoh soal perubahan kepemilikan persekutuan terjadi ketika masing-masing sekutu menentukan bahwa terjadi penyesuaian sebagai berikut ini.
  • Cadangan kerugian piutang sebesar 20% dari saldo piutang baru.
  • Persediaan dinilai sebesar 80% dari nilai tercatatnya.
  • Diakui adanya goodwill sebesar Rp 2.000.000
  • Nilai wajar tanah sebesar Rp 8.000.000
  • Adanya utang biaya sebesar Rp 2.500.000
Bagaimana cara mencatat pembentukan persekutuan dengan menggunakan buku lama dan dengan menggunakan pendekatan goodwill dan pendekatan bonus.

Contoh Soal dan Jawaban Tentang Pembentukan Firma

Contoh soal dan jawaban tentang pembentukan firma dengan menggunakan buku lama yakni dengan cara melakukan penyesuaian terhadap setoran kakraffi. Penyesuaian saldo-saldo laporan posisi keuangan harus disamakan dengan nilai wajar pada saat pembentukan sebuah firma.

Keterangan
Jumlah
Goodwill
Tanah
Modal, Kakraffi
  Cadangan Kerugian Piutang
   Persediaan
   Utang Biaya
Rp 2.000.000
Rp 2.000.000
Rp 900.000
   Rp 400.000
   Rp 2.000.000
   Rp 2.500.000


Prosedur masuknya anggota sekutu baru harus dicatat sesuai dengan nilai wajar yang berlaku. Maka jurnal untuk mencatat setoran awal masraffi dan rafinternet adalah

Keterangan
Jumlah
Kas
   Modal, Rafinternet
Kendaraan
   Modal, Masraffi
Rp 50.000.000
   Rp 50.000.000
Rp 42.000.000
   Rp 42.000.000


Contoh Soal Laporan Keuangan Firma

Contoh soal akuntansi pembentukan persekutuan akan memunculkan laporan keuangan firma yang baru, hasil dari penggabungan berbagai modal masing-masing sekutu.

Berdasarkan contoh soal persekutuan akuntansi keuangan lanjutan yang telah dibahas di atas, Maka laporan keuangan firma yang baru adalah sebagai berikut ini.

Contoh Soal dan Jawaban Tentang Pembentukan Firma (Buku Baru dan Buku Lama)
Contoh Soal dan Jawaban Tentang Pembentukan Firma (Buku Baru dan Buku Lama)
Demikianlah Contoh Soal dan Jawaban Tentang Pembentukan Firma (Buku Baru dan Buku Lama) semoga anda paham ya.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Tentang Pembentukan Firma (Buku Baru dan Buku Lama)"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel