Cara Menghitung Pembagian Laba dan Rugi pada Firma

Konten [Tampil]
Cara menghitung pembagian laba pada firma seharusnya salah satu upaya agar prinsip keadilan yang ada di persekutuan dapat terlaksana. Rasio pembagian laba dan rugi persekutuan hendaknya harus memiliki lebih dari satu macam langkah perhitungannya ya.

Contoh soal perhitungan pembagian keuntungan pada perusahaan firma dapat dilaksanakan dengan mudah apabila persekutuan telah menetapkan metode alokasi laba yang diperoleh melalui kegiatan operasional.

Contoh soal dan jawaban pembagian laba rugi persekutuan akan selalu dilaksanakan pada akhir periode akuntansi. Seluruh sekutu yang terlibat aktif dalam perolehan keuntungan dan kerugian akan mendapatkan balas jasa atas apa yang telah dilakukannya.

Contoh soal pembagian laba dan rugi perusahaan akan menentukan keadilan yang mungkin didapatkan oleh masing-masing sekutu. Maksud dari pembagian keuntungan yang adil adalah sesuai dengan kontribusi sekutu terhadap firma dalam menghasilkan laba.

Cara menghitung pembagian laba pada firma sebenarnya mudah karena biasanya persekutuan telah memiliki metode alokasi keuntungan yang didapatkan terhadap modal masing-masing sekutu yang terlibat.

Cara Menghitung Pembagian Laba dan Rugi pada Firma

Cara Menghitung Pembagian Laba dan Rugi pada Firma

Contoh Soal Perhitungan Pembagian Keuntungan pada Perusahaan Firma

Contoh soal perhitungan pembagian keuntungan pada perusahaan firma telah terjadi pada firma Masraffi yang mendapatkan keuntungan dari kegiatan operasionalnya sebesar Rp 100.000.000. Firma masraffi didirikan oleh masraffi, dekraffi dan mbahraffi.

Cara menghitung pembagian laba dan rugi berdasarkan perbandingan tertentu yang telah disepakati yakni 1:2:2. Berdasarkan contoh soal dan jawaban pembagian laba rugi persekutuan maka anda harus membuat jurnalnya ya.
Baca Juga: Contoh Soal dan Cara Menghitung Rekonsiliasi Bank

Contoh Kasus Pembagian Laba Rugi Persekutuan

Contoh kasus pembagian laba rugi persekutuan akan menghitung berapakah kontribusi dari masing-masing sekutu yang terlibat dalam kegiatan operasional untuk menghasilkan laba.

Contoh soal perhitunga pembagian laba firma persekutuan dapat dikerjakan sesuai dengan metode alokasi keuntungan yang telah disepakai dalam akta pendirian persekutuan setelah firma terbentuk.
Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Tentang Pembentukan Firma (Buku Baru dan Buku Lama)

Contoh Perhitungan Pembagian Laba dan Rugi Firma Persekutuan

Contoh perhitungan pembagian laba dan rugi firma persekutuan yang dikerjakan kali ini berdasarkan presentase / perbandingan tertentu yang telah disepakati masing-masing sekutu. Sekutu dapat memperoleh presentase yang lebih tinggi daripada sekutu lainnya.

Contoh soal dan jawaban pembagian laba rugi persekutuan yang didapatkan oleh Firma Masraffi sebesar Rp 100.000.000 yang dibagi sesuai dengan perbandingan tertentu yakni 1:2:2.

Cara menghitung pembagian laba persekutuan firma dilakukan dengan langkah sebagai berikut ini.

Nama
Perbandingan
Laba
Pembagian
Masraffi
1:5
100.000.000
20.000.000
Dekraffi
2:5
100.000.000
40.000.000
Mbahraffi
2:5
100.000.000
40.000.000


Jurnal pembagian laba rugi persekutuan yang terbentuk dari transaksi diatas yakni.

Keterangan
Jumlah
Laba Rugi
   Modal Masraffi
   Modal Mbahraffi
   Modal Dekraffi
Rp 100.000.000
   Rp 20.000.000
   Rp 40.000.000
   Rp 40.000.000

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Pembagian Laba Rugi Persekutuan
Demikianlah Cara Menghitung Pembagian Laba dan Rugi pada Firma semoga anda dapat menerima penjelasan saya ya.

0 Response to "Cara Menghitung Pembagian Laba dan Rugi pada Firma"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel