Contoh Soal Perhitungan Pembagian Laba Persekutuan Firma

Konten [Tampil]
Contoh soal perhitungan pembagian laba persekutuan akan membuat masing-masing sekutu firma merasa mendapatkan keadilan atas semua kontribusi yang telah dikerjakan. Cara menghitung laba dan rugi persekutuan harus disesuaikan dengan akta pendirian firma yang dibentuk.

Contoh soal perhitungan pembagian keuntungan pada perusahaan firma akan persekutuan semakin berusaha untuk menjalankan kegiatan operasionalnya secara maksimal sehingga pundi-pundi kekayaan firma pun bertambah.

Contoh soal dan jawaban pembagian laba rugi persekutuan seharusnya menjadi dasar bagi para sekutu untuk meneruskan atau memberhentikan kerja sama dalam bentuk firma. Pembentukan dan pembagian laba menjadi suatu hal yang wajib karena persekutuan akan selalu beroperasi.

Contoh soal perhitungan pembagian laba firma akan mendapatkan sebuah hasil pada akhir periode akuntansi. Persekutuan ada kemungkinan mendapatkan keuntungan bahkan kerugian dimana semua akan dibebankan berdasarkan akta pendirian.

Contoh kasus pembagian laba akan terdapat berbagai macam jenis pembagian laba / rugi firma. Cara menghitung pembagian laba rugi persekutuan yang sudah dikurangi dengan gaji dan bonus merupakan sebuah hal yang biasa terjadi.

Pembagian laba pada persekutuan firma menjadi permasalah yang serius dikarenakan persekutuan dapat berlanjut atau tidak bergantung kepada kegiatan operasionalnya. Hitunglah berapakah persen bunga yang diperhitungkan dalam pembagian laba harus diketahui oleh para staff akuntan.

Contoh Soal Perhitungan Pembagian Laba Persekutuan Firma

Contoh Soal Perhitungan Pembagian Laba Persekutuan Firma

Contoh Soal Perhitungan Pembagian Laba Persekutuan Firma

Contoh soal perhitungan pembagian laba persekutuan firma terjadi pada persekutuan Masraffi yang telah didirikan oleh masraffi, mbahraffi, dekraffi. Pada tahun 2020 firma masraffi mendapatkan laba sebesar Rp 100.000.000, sesuai dengan akta pendirian, maka laba akan dibagi setelah dikurangi adanya gaji dan bonus para sekutu.

Adapun cara menghitung laba dan rugi persekutuan sesuai dengan persyaratan pada akta pendirian adalah sebagai berikut ini.

Nama
Gaji
Bonus
Masraffi
 Rp  15.000.000
 Rp  1.200.000
Mbahraffi
 Rp  10.000.000
 Rp  1.800.000
Dekraffi
 Rp    7.500.000
 Rp        60.000
 
Pembagian laba rugi persekutuan pdf yang harus dibuat setelah adanya pengurangan terhadap gaji dan bonus terlebih dahulu. Nah bagaimana cara menghitung pembagian laba dan rugi persekutuan tersebut.
Baca Juga: Cara Menghitung Pembagian Laba dan Rugi pada Firma

Cara Menghitung Pembagian Laba pada Firma

Cara menghitung pembagian laba pada firma akan memberikan hasil bahwa sebuah persekutuan akan memberikan keuntungan atas kontribusi masing-masing sekutu berdasarkan kinerjanya. Contoh kasus pembagian laba diatas menunjukan bahwa persekutuan hanya akan membagi laba setelah dikurangi gaji dan bonus.

Cara menghitung pembagian laba pada firma akan melakukan perhitungan kepada total modal akhir masing-masing sekutu sebagai akibat dari adanya kegiatan operasional perusahaan.
Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Pembagian Laba Rugi Persekutuan

Contoh Soal dan Jawaban Pembagian Laba dan Rugi Firma Persekutuan

Contoh soal dan jawaban pembagian laba dan rugi firma persekutuan akan memberikan anda kemudahan dalam menganalisis bonus dan gaji yang harus diterima terlebih dahulu oleh masing-masing sekutu.

Adapun perhitungan gaji dan bonus yang diterima oleh masing-masing sekutu antara lain sebagai berikut ini

Nama
 Gaji
 Bonus
Masraffi
 Rp  15.000.000
 Rp  1.200.000
Mbahraffi
 Rp  10.000.000
 Rp  1.800.000
Dekraffi
 Rp    7.500.000
 Rp        60.000
Total
 Rp  32.500.000
 Rp  3.060.000
 
Maka jumlah yang sudah dibagikan untuk gaji dan bonus adalah Rp 35.560.000 sedangkan sisanya akan dibagikan dalam jumlah yang sama yakni Rp 21.480.000.
Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Tentang Pembentukan Firma (Buku Baru dan Buku Lama)

Jurnal Pembagian Laba dan Rugi Firma Persekutuan

Jurnal pembagian laba dan rugi firma persekutuan berdasarkan contoh soal perhitungan laba pada firma yang terbentuk adalah sebagai berikut ini.

Keterangan
Jumlah
Laba Rugi
   Modal Masraffi
   Modal Dekraffi
   Modal Mbahraffi
Rp 100.000.000
   Rp 37.680.000
   Rp 33.280.000
   Rp 29.040.000

Baca Juga: Contoh Soal Masuknya Anggota Baru dalam Persekutuan
Demikianlah Contoh Soal Perhitungan Pembagian Laba Persekutuan Firma semoga anda paham dengan penjelasan saya ya.

0 Response to "Contoh Soal Perhitungan Pembagian Laba Persekutuan Firma"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel