Contoh Soal dan Jawaban Likuidasi Persekutuan Lump-Sum

Konten [Tampil]
Contoh soal likuidasi lump-sum biasanya akan terjadi ketika sebuah persekutuan mengakhiri adanya kerjasama antar masing-masing sekutu. Soal likuidasi sekaligus akan menjadi alternatif dalam membagikan total modal akhir sekutu.

Contoh soal dan jawaban laporan likuidasi persekutuan sekaligus / lumsum bisa menjadi pilihan apabila kas yang dibagikan dapat terkumpul dengan cepat. Prosedur pembubaran persekutuan akan disesuaikan dengan akta pendirian firma.

Soal likuidasi sekaligus akan berkaitan dengan materi akuntansi keuangan lanjutan / akl 1. Pertanyaan diskusi tentang likuidasi persekutuan akan selalu berkaitan dengan bagaimana langkah membagikan harta yang dimiliki oleh persekutuan.

Kesalahan apa sajakah yang sering terjadi dalam proses likuidasi persekutuan terdiri dari langkah menjual semua harta yang dimiliki oleh firma. Bagaimana likuidasi terjadi pada persekutuan dan perseroan akan menjadikan seluruh sekutu mengakhiri firma.

Contoh soal akl likuidasi bertahap akan selalu membagikan laba dan rugi persekutuan sampai akhir masa pembubaran perusahaan. Contoh soal likuidasi pembubaran perusahaan biasanya terjadi dengan adanya masuknya anggota baru dan keluarnya anggota lama.

Contoh Soal dan Jawaban Likuidasi Persekutuan Lump-Sum

Contoh Soal Likuidasi Lumsum

Contoh soal likuidasi lumsum terjadi pada Firma Masraffi yang memiliki anggota masraffi, dekraffi dan rafinternet dengan pembagian rasio laba dan rugi yakni 1:2:3. Jenis pembubaran persekutuan yang dipergunakan yakni likuidasi serentak atau lump-sum.

Soal likuidasi sekaligus terjadi pada tahun 2020 dimana firma sepakat untuk melakukan likuidasi, adapun laporan posisi keuangan pada saat persekutuan mau dilikuidasi sebagai berikut ini.

Contoh Soal dan Jawaban Likuidasi Persekutuan Lump-Sum
Baca Juga: Cara Menghitung Pembagian Laba dan Rugi pada Firma

Pertanyaan Likuidasi Tentang Likuidasi Persekutuan

Pertanyaan likuidasi tentang likuidasi persekutuan yang terjadi ketika firma masraffi berhasil menjual / menguangkan aktiva non kas senilai Rp 14.000.000 dan semua hutang yang dimiliki dilunasi serta sisa kas yang ada dibagikan ke sekutu.

Akuntansi keuangan lanjutan 1 pembubaran persekutuan yang harus dikerjakan yakni membuat laporan likuidasi dan mencatat realisasi aktiva non kas yang terjadi di firma
Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Pembagian Laba Rugi Persekutuan

Contoh Soal dan Jawaban Laporan Likuidasi Persekutuan

Contoh soal dan jawaban laporan likuidasi persekutuan dimulai dengan cara menjual seluruh aktiva non kas yang dimiliki oleh firma. Prosedur pembubaran persekutuan akan dimulai dengan adanya realisasi aktiva non kas dan pembayaran hutang kepada semua pihak.

Soal likuidasi sekaligus yang harus dikerjakan pertama yakni melakukan realisasi aktiva non kas ya.


Menghitung Realisasi Aktiva Non Kas
- Nilai Buku Aktiva Non Kas
 Rp  20.000.000
- Nilai Realisasi
 Rp  14.000.000
Rugi Realisasi
 Rp    6.000.000


Contoh soal akl likuidasi bertahap dan serentak dilaksanakan dengan cara membagikan rugi realisasi ke masing-masing sekutu dengan jalan sebagai berikut ini.


Nama
Rugi Realisasi
 Pembebanan
Masraffi
1/6*Rp 6.000.000
 Rp  1.000.000
Dekraffi
2/6*Rp 6.000.000
 Rp  2.000.000
Rafinternet
3/6*Rp 6.000.000
 Rp  3.000.000


Laporan likuidasi persekutuan yang berhasil terbentuk sesuai dengan transaksi diatas adalah sebagai berikut ini ya.

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Tentang Pembentukan Firma (Buku Baru dan Buku Lama)
Demikianlah Contoh Soal dan Jawaban Likuidasi Persekutuan Lump-Sum semoga anda paham dengan penjelasan saya ya.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Likuidasi Persekutuan Lump-Sum"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel