Contoh Soal Jurnal Umum dan Khusus Metode Perpetual dan Periodik

Konten [Tampil]
Contoh soal jurnal umum dan khusus metode perpetual dan periodik dapat terjadi di perusahaan yang melakukan kegiatan produksi barang jadi dan perusahaan dagang. Metode sistem pencatatan persediaan periodik dan perpetual beserta contoh transaksinya akan lebih jelas ketika berada di perusahaan dagang.

Sistem perpetual dan periodik perusahaan dagang menggunakan pencatatan perusahaan secara fifo atau masuk pertama keluar pertama dan rata-rata tertimbang atau average. Hal ini berkaitan dengan pengakuan akhir persediaan yang ada di perusahaan.

Contoh soal persediaan metode periodik dan perpetual perusahaan dagang akan berkaitan dengan penjualan dan pembelian serta saldo akhir dari akun persediaan yang akan memunculkan laporan biaya pokok produksi ya.

Contoh soal dan jawaban metode periodik dan metode perpetual perusahaan dagang tertelak pada bagaimana pencatatan sesuai dengan ketentuan pajak dan ada tidaknya mutasi persediaan disetiap transaksi yang terjadi perusahaan.

Contoh Soal Jurnal Umum dan Khusus Metode Perpetual dan Periodik

Contoh Soal Jurnal Umum Metode Perpetual dan Metode Periodik

Contoh soal jurnal umum metode perpetual dan metode periodik haruslah dapat menyusun terlebih dahulu kartu persediaan. Alangkah baiknya anda membuat kartu Sistem Periodik dan Perpetual pada Pencatatan Persediaan agar dapat memudahkan dalam membuat jurnalnya.

Contoh soal dan jawaban metode perpetual dan periodik terjadi pada PT Masraffi yang melakukan kegiatan produksi. Sistem periodik dan perpetual perusahaan dagang dipergunakan agar dapat memberikan perbandingan manakan yang lebih baik.

Contoh soal persediaan metode periodik dan perpetual terdapat rincian sebagai berikut ini ya.

Contoh Soal Jurnal Umum dan Khusus Metode Perpetual dan Periodik
Baca Juga: Contoh Soal Laporan Biaya Produksi Metode FIFO / MPKP

Contoh Soal dan Jawaban Persediaan Metode Perpetual dan Periodik Perusahaan Dagang

Contoh soal dan jawaban persediaan metode perpetual dan periodik dalam pencatatan jurnal umum dan khusus pada perusahaan dagang dan manufaktur. Sistem periodik dan perpetual perusahaan dagang dapat dikerjakan sesuai dengan kebijakan yang terjadi diperusahaan tersebut.

Metode sistem pencatatan persediaan periodik dan perpetual beserta contoh transaksi seperti diatas dapat dijadikan jurnal umum dengan menggunakan salah satu metode sebagai berikut ini ya.

Baca Juga: Contoh Soal Laporan Harga Pokok Produksi Perusahaan Manufaktur

Contoh Soal dan Jawaban Metode Perpetual dan Periodik Perusahaan Dagang

Contoh soal dan jawaban metode perpetual dan periodik perusahaan dagang dapat dikerjakan sesuai dengan kartu persediaan yang telah anda buat.

Sistem pencatatan perpetual lebih disukai oleh manajer sebab perusahaan langsung dapat menerapkan sistem pengendalian internal terhadap persediaan sehingga akan meminimalisir kecurangan pihak gudang.

Laporan laba rugi metode perpetual dan periodik seharusnya akan menunjukan hasil yang sama. Ada kemungkinan terjadi barang yang hilang, rusak bahkan usang yang membuatnya tidak dapat diakui sebagai sebuah persediaan barang dagang.

Nah jurnal umum metode perpetual yang dapat dikerjakan sesuai dengan transaksi diatas sebagai berikut ini.

Baca Juga: Perbedaan Sistem Periodik dan Perpetual pada Pencatatan Persediaan
Demikianlah Contoh Soal Jurnal Umum dan Khusus Metode Perpetual dan Periodik semoga anda paham dengan penjelasan saya ya.

0 Response to "Contoh Soal Jurnal Umum dan Khusus Metode Perpetual dan Periodik"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel