5 Unsur Pokok dalam Manajemen

Konten [Tampil]
Unsur pokok manajemen dapat mengacu kepada beberapa definisi manajemen menurut para ahli pada topik sebelumnya. Akan ada tiga, empat sampai lima unsur pokok manajemen yang harus diketahui oleh kalian semua ya.


Unsur manajemen apa yang paling pokok adalah pertanyaan yang sering diajukan ketika materi manajemen pengantar, jawabannya adalah semua unsur di dalam manajemen adalah satu kesatuan sehingga tidak ada yang paling utama dan terutama ya sehingga mereka akan saling membutuhkan satu sama yang lainnya.

Mengapa manusia merupakan unsur pokok dari manajemen, karena manusialah yang bertindak sebagai orang yang  mampu mengendalikan dan membuat keputusan yang terbaik mengenai sebuah masalah. Manajemen tidak akan mungkin melakukan kegiatannya sendiri, oleh karena itu akan mempergunakan bantuan atau tenaga  orang lain sehingga manajemen harus mempunyai keterampilan menggerakan sekelompok manusia.


Unsur Pokok dalam Manajemen

Berapa unsur pokok dalam manajemen, sebenarnya terdapat tiga unsur pokok manajemen. Karena berkembangnya zaman, maka sekarang menjadi lima unsur pokok manajemen.

Unsur Ilmu dan Seni

Manajemen merupakan salah satu ilmu pengetahuan, selain itu manajemen juga harus mempergunakan seni karena berhubungan dengan penilaian dan pertimbangan sebelum pengambilan keputusan dilaksanakan.

Unsur Tujuan

Unsur tujuan dalam manajemen berkaitan dengan seorang manajer harus selalu mempunyai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu sebelum melaksanakan kegiatan. Tujuan adalah sasaran yang akan dicapai melalui rangkaian kegiatan terstruktur dalam kegiatan manajemen.

Unsur Faktor Produksi

Unsur faktor produksi dalam manajemen berkaitan dengan seorang manajer harus mampu mempergunakan faktor-faktor produksi seefisien dan efektif mungkin (baca juga Perbedaan Efisiensi dan Efektivitas dalam Manajemen). Ada 5 macam faktor produksi yaitu man, material, machine, method and money.

Unsur Kelompok Manusia.

Unsur manusia merupakan unsur yang pokok dalam manajemen karena seorang manajer harus mampu menggerakan manusia lainnya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkannya.

Kenapa manusia merupakan unsur pokok manajemen? karena manusia dapat menimbulkan kesulitan terutama ketika manusia mempunyai motif, emosi, rasio dan kepentingan yang berbeda dengan apa yang diinginkan manajemen
Baca Juga Arti dan Fungsi Manajemen dalam Organisasi Perusahaan

Unsur Proses.

Unsur proses dalam manajemen berkaitan dengan pemilihan metode yang digunakan untuk menggerakan manusia agar sesuai dengan  keinginan dari manajer tersebut serta selaras dengan tujuan dari perusahaan.

Demikianlah Unsur Pokok dalam Manajemen di perusahaan, semoga dapat menjawab pertanyaan anda ya.

0 Response to "5 Unsur Pokok dalam Manajemen"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel