Contoh Soal Penjualan Obligasi Diantara Dua Tanggal Bunga dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal penjualan obligasi diantara dua tanggal bunga dan jawabannya merupakan dasar bagi perusahaan menentukan kualitas pembayaran tagihan yang telah diselenggarakannya. Imbal balik atas surat hutang adalah bunga yang dibayarkan oleh penerbit obligasi dan wesel pada waktu yang dijanjikan.

Penjualan obligasi diantara dua tanggal bunga merupakan bagian dari prosedur perusahaan menetapkan kerjasama bisnis. Obligasi yang dapat ditukar dengan saham sehingga investor dapat mengubah investasi saham surat berharga. Diskonto wesel tagihan berakibat pada penurunan pendapatan perusahaan dimasa depan.

Penerbitan obligasi telah diatur oleh pernyataan standar akuntansi keuangan dan peraturan perpajakan. Utang jangka panjang yang diperoleh perusahaan menimbulkan resiko yang dapat dikendalikan melalui proses pembayaran tagihan. Pemilikan surat hutang dibuktikan dapat diakses melalui sistem kustodian sentra efek indonesia.

Contoh Soal Penjualan Obligasi Diantara Dua Tanggal Bunga dan Jawabannya

Apa itu Dua Tanggal Pembayaran Bunga

Dua tanggal pembayaran bunga adalah fase yang harus dilalui seseorang untuk memperoleh penghasilan yang didapatkan dari investasi surat berharga. Obligasi memberikan jaminan kepada investor dan apabila perusahaan tidak mampu membayarkannya maka akan ditanggung oleh wali amanat sebagai perantara penjualannya.

Contoh soal penjualan obligasi diantara dua tanggal bunga dan jawabannya harus dapat diaplikasikan sesuai dengan perintah pembayarannya. Perusahaan harus menyelesaikan hutang piutang sesuai dengan keinginannya. Saat tagihan tidak mampu dibayarkan maka entitas diwajibkan mengakuisisi saham tersebut.

Bagaimana jika obligasi tersebut dijual pada tanggal tidak tepat pada tanggal pembayaran bunga maka perusahaan harus mengakui adanya selisih hasil penjualan. Surat hutang atau obligasi dapat diperdagangkan sebelum masa jatuh tempo dengan disertai adanya pembayaran pinalti sesuai kehendaknya.

Baca Juga: Cara Membuat Daftar Umur Piutang Tak Tertagih

Bisakah Obligasi Dijual Sebelum Jatuh Tempo

Contoh soal penjualan obligasi diantara dua tanggal bunga merupakan bagian dari usaha perusahaan mendapatkan kesempatan dalam berbisnis. Pemilikan saham dapat menurun akibat adanya stock split yang diagendakan menyesuaikan kebutuhan saat bertransaksi dan masyarakat dapat membeli sahamnya.

Bisakah obligasi dijual sebelum jatuh tempo menyesuaikan dengan jenis obligasinya. Obligasi dijual diantara dua tanggal bunga berakibat pada tidak boleh diakuinya pendapatan bunga tersebut. Obligasi yang tidak memberi jaminan sama sekali kepada investor disebut dengan investasi dalam sekuritas bisnis.

Nilai yang tercantum dalam setiap lembar obligasi disebut nilai nominal. Surat obligasi yang dibuat diatas nilai nominal akan memunculkan masalah agio dan disagio. Pelaporan ketidaksesuaian pencatatan perusahaan sangatlah dianjurkan agar menghindari kerugian dalam berbisnis dengan pelanggannya.

Baca Juga: Cara Mencatat Tukar Barang Rusak dengan Barang Baru di Accurate

Perbedaan Obligasi Konversi dan Obligasi Biasa

Obligasi konversi adalah surat hutang yang dikeluarkan perusahaan dan dapat diperjualbelikan dengan investasi sekuritas sejenis. Investasi saham sangatlah fluktuatif sehingga entitas dianjurkan dapat mengkontribusikan waktunya. Pemanfaatan data laporan keuangan akan menentukan kualitas investasi dimasa depan.

Obligasi biasa adalah surat hutang yang diterbitkan dalam rangka mendapatkan pendanaan kembali dimasa depan. Nilai yang tercantum dalam setiap lembar obligasi disebut nilai nominal. Obligasi konversi sangat menarik bagi investor sebab adanya opsi menukarkannya dengan saham perusahaan saat berkembang.

Contoh soal penjualan obligasi diantara dua tanggal bunga dan jawabannya merupakan anjuran bagi perusahaan untuk menciptakan peluang mempresentasikan informasi bisnis. Liabilitas dan ekuitas merupakan sumber daya yang dipergunakan membeli aktiva tetap dan mempertahankan rasio keuangannya.

Baca Juga: Macam-Macam Obligasi

Contoh Soal Penjualan Obligasi Diantara Dua Tanggal Bunga dan Jawabannya

Contoh soal penjualan obligasi diantara dua tanggal bunga terjadi ketika PT Masraffi melakukan penerbitan obligasi dengan nilai Rp 20.000.000 pada tanggal 1 januari 2023. Obligasi berjangka waktu 2 tahun dengan bunga 11%. Penjualan obligasi terjadi pada tanggal 1 maret 2023. 

Buatlah jurnal pencatatan transaksi penerbitan obligasi, penjualan surat berharga dan pembayaran bunga tersebut?

Penjualan surat berharga terjadi pada 1 maret 2023, hal ini mengakibatkan adanya bunga berjalan. Bunga berjalan adalah bunga yang sudah diakui sebagai pendapatan. Akibatnya entitas harus mengalokasikan dana agar diberikan kepada pihak yang berhak.

Agar pembeli tidak menerima bunga melebihi haknya, maka harus dilakukan perhitungan secara proporsional. Pembeli akan dibebankan utang bunga dalam rangka menyederhanakan kegiatan pencatatan. Adapun jurnal yang dibuat pada saat penjualan obligasi kepada pelanggan adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
01/01/2023KasRp20.366.667
Hutang Bunga ObligasiRp366.667
Hutang ObligasiRp20.000.000

Setelah akhir tahun 2023 terjadi. Maka perusahaan akan membayarkan bunga obligasi. Hutang bunga obligasi yang telah dibayarkan pembeli akan dikembalikan sewaktu pembayaran bunga. PPh pasal 4 ayat 2 harus diterapkan untuk menghindari adanya kerugian saat proses pembayaran tagihan yang jatuh tempo.

TanggalKeteranganDebitKredit
01/01/2024Hutang Bunga ObligasiRp366.667
Beban Bunga ObligasiRp1.833.333
KasRp2.200.000

Baca Juga: Contoh Soal Sistem Imprest dalam Mengelola Kas Kecil

Demikian contoh soal penjualan obligasi diantara dua tanggal bunga dan jawabannya sesuai materi akuntansi pengantar. Bagaimana pendapatan bunga dihitung dari penjualan obligasi di antara tanggal bunga disesuaikan dengan ketentuan yang telah dianjurkan oleh kementerian keuangan.

0 Response to "Contoh Soal Penjualan Obligasi Diantara Dua Tanggal Bunga dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel