Contoh Soal Penjualan Obligasi dengan Diskonto dan Perhitungannya

Konten [Tampil]

Contoh soal penjualan obligasi dengan diskonto dan perhitungannya merupakan bagian dari upaya perusahaan mengalokasikan waktu kerjasamanya. Pemanfaatan nilai waktu uang atau time value of money diperkenankan untuk mengapresiasi usaha dari wajib pajak memperoleh penghasilan dalam satu tahun fiskal.

Diskonto obligasi terjadi ketika perusahaan menerbitkan surat hutang dimana tingkat bunga kontrak lebih rendah daripada tingkat bunga pasar. Tingkat bunga pasar adalah bunga yang bersedia dibayarkan oleh peminjam dan mau diterima oleh pemberi pinjaman dengan disertai resiko atas pemakaian dana jangka panjang.

Cara menghitung nilai jual obligasi dan amortisasi diskonto premi disesuaikan dengan kemampuan keuangannya. Mengapa obligasi dijual dengan diskon sebab entitas ingin segera memperoleh arus kas sebagai pendanaan agar dapat mencukupi kebutuhan pembayaran tagihan jatuh tempo sesuai periodenya.

Contoh Soal Penjualan Obligasi dengan Diskonto dan Perhitungannya

Apa itu Tingkat Bunga Pasar

Contoh soal penjualan obligasi dengan diskonto dan perhitungannya menjadi materi akuntansi keuangan menengah. Setiap staff pajak diperkenankan mengalokasikan waktu dan kerjasamanya untuk mengantisipasti terjadinya persaingan bisnis yang berakibat pada tertundanya proses pembayaran tagihannya.

Pengertian tingkat bunga pasar adalah pembayaran atas resiko pemakaian dana jangka panjang yang dilakukan oleh peminjam dan disetujui oleh pemberi pinjaman. Dividen adalah pembagian laba ditahan yang telah diperoleh agar para pemilik usaha memperoleh hasil dari investasi yang telah diselenggarakannya.

Nilai nominal adalah harga obligasi yang tercantum pada surat hutang. Tingkat bunga kontrak diperkenankan agar entitas mau meminjamkan sesuai keinginanya. Imbal balik investasi diharapkan mampu mengapresiasi pertumbuhan perusahaan agar mengalokasikan bisnis sesuai standar keuangan yang berlaku.

Baca Juga: Cara Menghitung HPP dengan Sistem Periodik

Apa itu Diskon dan Premium Obligasi

Perusahaan yang menerbitkan surat hutang tentu akan memberikan bunga kepada para debiturnya dengan harapan mau melepaskan harta pribadi untuk dipergunakan. Sebagai imbalan, perusahaan harus mempersiapkan arus kas yang bermanfaat sebagai pelunasan tagihan sesuai dasar yang telah dikemukakan.

Diskonto atas obligasi adalah kondisi dimana bunga yang ditawarkan oleh perusahaan lebih rendah dari pada tingkat bunga pasar. Hal ini mengakibatkan pemilik dana cenderung tidak mau menginvestasikan dana pribadi kepada perusahaan yang menurunkan produktivitas pemakaian arus kasnya.

Premium obligasi adalah kondisi dimana tingkat bunga pasar lebih rendah daripada bunga yang ditawarkan oleh perusahaan. Perusahaan yang ingin segera memperoleh arus kas pendanaan rela untuk memberikan imbal balik tinggi kepada debitur. Pembayaran bunga dapat diagendakan bulanan, triwulan, semesteran dan annually.

Baca Juga: Cara Menghitung Nilai Persediaan Akhir

Mengapa Obligasi Dijual dengan Harga Diskon dan Premium

Contoh soal penjualan obligasi dengan diskonto dan perhitungannya mengakibatkan adanya kondisi keuangan yang kurang stabil. Ketidakstabilan informasi diakibatkan pada perubahan komposisi informasi keuangan. Entitas diharapkan memberikan imbal balik sesuai tingkat bunga bank indonesia.

Mengapa obligasi dijual dengan harga diskon sebab debitur hanya mau mengalokasikan dana pribadi saat pembelian surat hutang. Penerbitan obligasi diharapkan memberikan kepastian perihal jumlah dana yang didapatkan selama kegiatan produksi dan negosiasi harga kepada masyarakat sekitarnya.

Mengapa obligasi tidak dijual pada nilai nominal melainkan dijual pada harga diskon atau premium sebab pemilik dana hanya akan menyetorkan arus kas sesuai kegiatan presentasinya. Jika suku bunga pasar nail maka harga obligasi akan menurun. Hal ini mendasari masyarakat mau menyetorkan dana sesuai keinginannya.

Baca Juga: Contoh Soal Pembayaran Gaji dan Upah Karyawan

Contoh Soal Penjualan Obligasi dengan Diskonto dan Perhitungannya

Contoh soal penjualan obligasi dengan diskonto dan perhitungannya merupakan sistem pencatatan transaksi dimana entitas diharapkan memberikan kepastian perihal prosedur pembayarannya. Perusahaan akan menawarkan tingkat bunga kontrak sesuai perkiraan tingkat bunga pasar yang berlaku.

PT Masraffi menerbitkan obligasi dengan nilai nominal Rp 70.000.000. Pembayaran bunga dilakukan secara semesteran atau semi annually dengan nilai 11%. Jangka waktu obligasi selama 2 tahun. Pembeli hanya mau membayarkan obligasi dengan kurs 98. Bagaimana cara mencatat transaksi kewajiban jangka panjang tersebut?

Cara mencatat penjualan obligasi dengan diskonto sesuai bukti transaksi yang diperoleh adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
01/01/2024KasRp68.600.000
Diskonto ObligasiRp1.400.000
Hutang ObligasiRp70.000.000

Cara mencatat pembayaran bunga obligasi per semesteran atau semi annually adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
30/06/2024Beban Bunga ObligasiRp3.850.000
Diskonto ObligasiRp700.000
KasRp3.150.000

Baca Juga: Penjualan Obligasi Diantara Dua Tanggal Bunga

Demikian contoh soal penjualan obligasi dengan diskonto dan perhitungannya dalam sistem perhitungan biaya berdasarkan proses. Kewajiban jangka panjang merupakan hak yang harus dibayarkan oleh perusahaan dalam rangka menjaga ekosistem pembukuan sesuai peraturan berlaku.

0 Response to "Contoh Soal Penjualan Obligasi dengan Diskonto dan Perhitungannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel