Cara Mencatat Tukar Barang Rusak dengan Baru di Accurate 5

Konten [Tampil]

Cara mencatat tukar barang rusak dengan baru di accurate 5 merupakan aktivitas komplain yang diselenggarakan pembeli atas barang yang telah dikirimkan penjual. Adakalanya perusahaan mengalami keterlambatan material sehingga menggunakan bahan baku kurang berkualitas untuk kegiatan produksinya.

Cara mencatat perbaikan barang, penggantian barang bahkan tukar barang baru diaccurate akan memudahkan sarana aktivitas proses pembebanan biaya. Setiap perusahaan tentu mengalami keterlambatan proses pembayaran dari pembeli sehingga mengurangi kualitas barang dan pelayanan jasanya.

Sistem penilaian persediaan seperti fifo, average dan lifo diperlukan agar perusahaan dapat segera memperhitungkan total harga pokok penjualan. Setiap perusahaan diperkenankan mengakui aktivitas bisnis untuk mencegah terjadinya manipulasi data laporan keuangan sesuai dengan batasan waktu yang diberikannya.

Cara Mencatat Tukar Barang Rusak dengan Baru di Accurate 5

Apa itu Tukar Barang

Tukar barang adalah aktivitas perusahaan penjual mengganti kerusakan akibat tidak dapat digunakannya barang yang diperdagangnya. Penjual akan menerima komplain dari pembeli berkaitan dengan proses pencairan dana sesuai dengan proyeksi arus kasnya. Biasanya pembeli tidak akan membayar tagihan atas barang rusak.

Cara mencatat tukar barang rusak dengan baru di accurate 5 akan mempengaruhi kegiatan perusahaan dalam proses perhitungan harga pokok produksi. Perhitungan HPP disesuaikan dengan karakteristik perusahaan dalam proses pembayaran tagihan berdasarkan kesepakatan bisnis sesuai arah tujuan pencapaian sahamnya.

Apa itu tukar barang? Aktivitas proses klaim memberikan kebebasan bagi penjual untuk mendistribusikan informasi ketidakpuasan atas pemakaian produk perusahaan. Entitas diharapkan bersinergi dengan pembeli untuk mendapatkan tambahan surat pesanan sesuai proyeksi penjualan dimasa depan.

Baca Juga: Contoh Soal Piutang Dagang dan Piutang Lainnya

Perbedaan Tukar Barang dengan Retur Penjualan

Cara mencatat tukar barang rusak dengan barang baru di accurate online dan accurate 5 harus mempersiapkan gudang barang rusak. Barang yang kurang dapat dipakai dapat diperbaiki dengan mengeluarkan biaya tertentu. Proses penentuan laba rugi didasarkan pada penilaian kualitas pekerjaan perusahaan.

Retur penjualan adalah aktivitas perusahaan menerima kembali barang yang telah dijual kepada pembeli tanpa harus mengembalikan kembali. Setiap proses perhitungan kekayaan harus mendapatkan persetujuan dari pemegang saham agar dapat membiayakan seluruh biaya operasional sesuai dengan produktivitasnya.

Perbedaan tukar barang dengan retur penjualan terletak pada bukti transaksi yang harus dilengkapi. Tukar barang hanya diberikan bukti berupa komplain dan prosedur pengantaran barangnya. Retur penjualan harus memberikan nota retur ketika perusahaan ingin mengurangi jumlah pajak yang dilaporkannya.

Baca Juga: Cara Import File Excel Barang ke Accurate

Cara Mencatat Tukar Barang Rusak dengan Barang Baru di Accurate 5

Cara mencatat tukar barang rusak dengan barang baru di accurate 5 diperlukan agar setiap orang dapat membaca segala aktivitas yang ada di perusahaan. Database merupakan satu kesatuan yang dapat memberikan kontribusi terhadap keberlangsungan usaha entitas untuk menjelajahi informasi keuangan terpadu.

Langkah-langkah tukar barang rusak dengan barang baru di accurate adalah

1. Siapkan Nama Gudang Barang Rework

Gudang barang rework adalah persediaan barang yang ditempatkan dilokasi untuk diproses kembali dengan mengeluarkan biaya tertentu. Perusahaan harus menempatkan barang rusak pada gudang yang sesuai agar tidak dikirim kembali oleh bagian logistik yang berakibat komplain dari pelanggan.

Pemindahan barang merupakan aktivitas yang sering dilakukan untuk memudahkan kegiatan perusahaan menciptakan barang lama. Kesesuaian informasi bisnis mengharuskan entitas memperdayagunakan informasi yang diinginkannya. Cara membuat nama gudang baru telah dibahas pada artikel sebelumnya.

2. Catat Aktivitas Klaim atau Komplain Pelanggan

Komplain pelanggan adalah aktivitas yang terjadi ketika perusahaan tidak mengirimkan pesanan sesuai dengan kegiatan sebelumnya. Histori klaim berisikan informasi yang diperlukan oleh pelanggan untuk memberitahukan penjual untuk kegiatan tukar barang, perbaikan barang bahkan pembatalan pesanan.

Adapun cara mencatat komplain pelanggan di accurate adalah

  1. Terima komplain dari pelanggan atas kesalahan produksi perusahaan
  2. Catat segala kerusakan barang dan nomor invoice yang telah diterbitkan
  3. Masuk ke menu Otorisasi Pengembalian Barang > Histori Klaim
  4. Cara Mencatat Tukar Barang Rusak dengan Baru di Accurate 5
  5. Pilih menu baru untuk mencatat komplain pelanggan
  6. Cara Mencatat Tukar Barang Rusak dengan Baru di Accurate 5
  7. Input nama pelanggan, nomor invoice barang, kode barang yang dikomplain serta uraian yang diperlukan
  8. Cara Mencatat Tukar Barang Rusak dengan Baru di Accurate 5
  9. Maka komplain akan dicatat secara keseluruhan
  10. Cara Mencatat Tukar Barang Rusak dengan Baru di Accurate 5

Baca Juga: Cara Buat Data Cabang Baru di Accurate

3. Cara Input Surat Jalan Tukar Barang Baru di Accurate

Cara input surat jalan tukar barang rusak dengan barang baru di accurate akan memindahkan secara otomatis persediaan barang jadi menjadi persediaan barang baku. Setiap gudang yang dimiliki perusahaan memiliki informasi tertentu yang harus dipeliharan sesuai dengan keinginan pemegang saham.

Adapun cara mencatat tukar barang rusak dengan baru di accurate 5 adalah

  1. Evaluasi komplain pelanggan
  2. Tentukan cara mengatasi klaim pelanggan
  3. Masuk ke menu Otorisasi Pengembalian Barang > Aktivitas Proses Klaim
  4. Cara Mencatat Tukar Barang Rusak dengan Baru di Accurate 5
  5. Siapkan nama teknisi atau petugas perusahaan dan klik baru
  6. Cara Mencatat Tukar Barang Rusak dengan Baru di Accurate 5
  7. Masukkan nomor form komplain, tentukan action atas komplain tersebut
  8. Action komplain terdiri dari pembatalan komplain, perbaikan barang dan tukar barang baru
  9. Siapkan gudang barang pengganti dan barang penerima barang rusak
  10. Cara Mencatat Tukar Barang Rusak dengan Baru di Accurate 5
  11. Masuk ke menu persediaan > barang dan jasa
  12. Cara Mencatat Tukar Barang Rusak dengan Baru di Accurate 5
  13. Aktifkan mutation by warehouse
  14. Cara Mencatat Tukar Barang Rusak dengan Baru di Accurate 5
  15. Seluruh riwayat pemakaian barang akan muncul
  16. Cara Mencatat Tukar Barang Rusak dengan Baru di Accurate 5

Baca Juga: Cara Input Nama Barang dan Jasa Baru di Accurate

Demikian cara mencatat tukar barang rusak dengan barang baru di accurate 5 dan accurate online agar kegiatan administrasi gudang dapat tertata. Setiap kerusakan barang sebelum sampai ke gudang pelanggan mengakibatkan perusahaan menerima komplain sesuai dengan aturan yang dikenakan pada waktunya.

0 Response to "Cara Mencatat Tukar Barang Rusak dengan Baru di Accurate 5"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel