Contoh Soal Piutang Dagang dan Piutang Usaha Beserta Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal piutang dagang dan piutang usaha beserta jawabannya merupakan langkah awal bagi perusahaan mencatat transaksi penyerahan barang dan jasa. Setiap entitas diperkenankan untuk mengalokasikan waktu agar dapat mempublikasikan data pencatatan sesuai batas periode yang ditentukannya.

Pengakuan piutang dan penerimaan piutang merupakan transaksi yang terjadi akibat perusahaan melaksanakan penjualan. Penjualan adalah kegiatan melepaskan barang dan jasa kepada pihak ketiga agar ditukar dengan arus kas lancar. Kas adalah sumber daya keuangan yang diperlukan agar dapat membayarkan tagihan.

Bagaimana cara mengelola piutang yang efektif sehingga dapat meminimalisir kemungkinan piutang tak tertagih adalah memaksimalkan potensi departemen analisis kredit. Bagaimana cara atau strategi yang tepat dalam memanage mengelola piutang suatu perusahaan sehingga piutang tersebut menjadi efektif dan efisien bagi perusahaan adalah menentukan hasil negosiasi.

Contoh Soal Piutang Dagang dan Piutang Usaha Beserta Jawabannya

Apa itu Piutang Usaha dan Piutang Dagang

Piutang usaha dan piutang dagang adalah produk informasi keuangan yang mengalokasikan kebutuhan saat menyelenggarakan transaksi. Bagi perusahaan, piutang muncul ketika terjadi pengiriman barang sesuai pesanan pelanggan tetapi tidak memperoleh arus kas atau imbal balik sebagai informasi pelunasan tagihan.

Apa itu laporan keuangan konsolidasi? Pengertian laporan keuangan adalah informasi keseluruhan aset perusahaan yang didapatkan dari hutang atau setoran modal. Perusahaan besar akan mengalokasikan kebutuhan penjualan dengan mendirikan kantor pusat, kantor cabang dan kantor agen sesuai periodenya.

Contoh soal piutang dagang dan piutang usaha beserta jawabannya akan mengalokasikan kebutuhan bisnis sesuai periode berjalannya transaksi. Cadangan kerugian piutang dapat dibentuk agar entitas mengalami kemudahan dalam proses pembayaran tagihan sesuai batasan waktu di termin pembayarannya.

Baca Juga: Apa itu Penjualan Angsuran

Pengaruh Piutang Tak Tertagih Terhadap Laporan Keuangan

Pengaruh piutang tak tertagih terhadap laporan keuangan adalah entitas akan meminta bantuan kepada pihak ketiga untuk menukarkan piutang dengan arus kas yang didapatkannya. Bagi perusahaan, keberlangsungan hidup entitas akan menjadi dasar pengiriman barang kepada supplier sesuai jenis produknya.

Contoh soal piutang dagang dan piutang usaha beserta jawabannya akan memberikan informasi kepada para pemakai laporan keuangan perihal hutang pelanggan. Pelanggan adalah entitas yang berinteraksi dengan mengadakan kerjasama bisnis untuk memenuhi pelunasan barang dan jasa sesuai batasan periodenya.

Apa pengaruh piutang tak tertagih terhadap posisi keuangan perusahaan adalah entitas harus segera melaporkan informasi keuangan berdasarkan jangka waktu yang ditetapkan. Mengapa perusahaan membentuk cadangan kerugian piutang sebab harus mampu mengantisipasi resiko pelanggan yang tidak dapat membayar.

Baca Juga: Cara Input PEB dan PIB di Efaktur Pajak

Contoh Soal Piutang Dagang Beserta Jawabannya

Contoh soal piutang dagang beserta jawabannya memerlukan informasi perihal pembayaran kredit dari pelanggan. Pelanggan dianjurkan meminta masa transisi antara penjualan tunai ke penjualan kredit dan angsuran sesuai dengan nilai estimasi penjualanya. Semakin lama hubungan pelanggan akan terjadi penjualan kredit.

Pengakuan piutang usaha terjadi ketika entitas telah menyerahkan barang ke jasa expedisi atau sudah sampai ke gudang penerima. Fob shipping point dan fob destination point harus ditentukan sejak awal agar entitas mendapatkan kepastian perihal pembayaran tagihan yang disesuaikan batasan waktu pembayarannya.

Contoh soal pengakuan piutang dagang terjadi ketika PT Masraffi mampu melaksanakan penjualan barang senilai Rp 90.000.000 secara kredit. Adapun jurnal yang harus dibuat sebagai berikut

TanggalKeterangan Debit Kredit
08/10/2023Piutang Dagang Rp 99.900.000
Penjualan Kredit Rp 90.000.000
PPN Keluaran Rp 9.900.000

Contoh penerimaan pelunasan piutang terjadi ketika pelanggan baru membayarkan tagihan sebesar Rp 88.800.000 dengan transfer bank. Adapun jurnal yang harus dibuat adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
13/10/2023Bank mandiri Rp 88.800.000
Piutang Dagang Rp 88.800.000

Penghapusan piutang terjadi ketika pelanggan menyatakan tidak mampu membayarkan tagihan sesuai termin pembayaran. Setiap perusahaan harus dapat mengalokasikan kebutuhan arus kas berdasarkan jenjang waktu yang ditetapkan oleh para pemegang saham yang ada. Adapun jurnal penghapusan piutang adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
19/10/2023Beban kerugian Piutang Rp 11.100.000
Piutang Dagang Rp 11.100.000

Setelah beberapa hari terlewati, pelanggan yang dinyatakan tidak mampu membayarkan tagihan memberikan bukti transfer senilai Rp 10.000.000. Bagaimana cara mencatat pelunasan piutang yang sudah dihapus pada transaksi sebelumnya?

TanggalKeterangan Debit Kredit
25/10/2023Piutang Dagang Rp 10.000.000
Beban kerugian Piutang Rp 10.000.000
26/10/2023Bank Transfer Rp 10.000.000
Piutang Dagang Rp 10.000.000

Baca Juga: Apa itu Cadangan Kerugian Piutang

Demikian contoh soal piutang dagang dan piutang usaha beserta jawabannya sesuai batasan waktu yang ditetapkan oleh nasabah. Perusahaan diperkenankan mengalokasikan waktu sesuai dengan usia kapan entitas akan dibubarkan berdasarkan perencanaan bisnis yang dikelola oleh pemegang sahamnya

0 Response to "Contoh Soal Piutang Dagang dan Piutang Usaha Beserta Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel