10 Contoh Soal Pilihan Ganda Piutang Wesel dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal pilihan ganda piutang wesel dan jawabannya merupakan langkah perusahaan untuk mencegah terjadinya piutang tak tertagih. Perusahaan yang berurusan terhadap pelanggan yang tidak memiliki ketepatan waktu saat proses pembayaran mengakibatkan entitas harus mengalokasikan modal tambahannya.

Piutang wesel berbunga dan tanpa bunga disesuaikan akad perjanjian penjualan kredit. Investasi surat berharga memungkinkan entitas mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual dengan harga beli. Lembaga keuangan dapat mencairkan dana hasil penjualan kredit tanpa menunggu proses pembayarannya.

Surat wesel dan surat promes memiliki karakteristik yang harus dipertimbangkan untuk mencegah terjadinya pelaporan informasi keuangan yang tidak sesuai kestabilan bisnis. Sumber daya manusia merupakan aspek terpenting agar organisasi dapat berjalan sesuai dengan keinginan dan perkembangannya.

10 Contoh Soal Pilihan Ganda Piutang Wesel dan Jawabannya

Definisi Piutang Wesel

Definisi piutang wesel menurut para ahli adalah surat yang diterbitkan pembeli untuk meyakinkan perihal proses pembayaran tagihan sesuai waktu yang ditentukannya bersamaan dengan pemberian bunga. Pendapatan bunga wesel harus dikenakan pajak final dan diterbitkan bukti potong sesuai aturan pemerintah yang berlaku.

Contoh soal pilihan ganda piutang wesel dan jawabannya akan memberikan dampak terhadap kemampuan pembayaran tagihan. Surat wesel harus berisikan nama orang yang membayar, tanggal pembayaran dijanjikan, tempat pembayaran dan siapa yang dapat mencairkan surat tersebut beserta tandatangan digitalnya.

Definisi piutang wesel adalah tagihan yang diberikan kepada pelanggan dimana pelanggan akan memberikan surat wesel sebagai pelunasan atas tagihan yang diterbitkan. Bilyet giro hanya akan dicatat sebagai pelunasan tagihan setelah berhasil dicairkan oleh pelanggan sesuai batasan waktu yang dijanjikannya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mendirikan Perusahaan Perseorangan

Komponen Piutang Wesel

Piutang wesel sering disebut dengan wesel tagih. Surat wesel memungkinkan perusahaan dapat memprediksi arus kas yang digunakan dalam pelunasan tagihan. Setiap perusahaan harus dapat mengalokasikan kinerja keuangan berdasarkan kontribusi yang dibuat bersamaan dengan departemen marketing.

Adapun komponen piutang wesel adalah

Nama Penerbit

Nama penerbit wesel adalah orang yang akan membayarkan tagihan beserta memberikan bunga atas waktu yang bersedia diberikan oleh penjual. Ketepatan waktu pencairan dana akan membantu membayarkan tagihan sesuai batasan waktu yang dijanjikan agar tidak mengalami keterlambatan pembayarannya.

Tempat dan Tanggal Pembayaran Wesel

Tempat dan tanggal pembayaran wesel perlu dicatat agar penjual dapat segera mencairkan surat wesel. Bagaimana cara menentukan tanggal jatuh tempo wesel disesuaikan dengan jumlah hari atau bulan. Penerbit dapat meminta bantuan lembaga keuangan dan perbankan untuk memperkirakan arus kas operasionalnya.

Nama Pihak yang Dapat Mencairkan Wesel

Nama pihak yang dapat mencairkan wesel perlu dicatat agar pelanggan tidak perlu takut apabila entitas tidak mengalami keterlambatan pembayaran. Jika wesel tidak dapat dicairkan pada waktu yang dijanjikan sebab ketidaksediaan dana maka dapat mengajukan perpanjangan untuk transfer saldo sesuai batasannya.

Tandatangan Digital

Dokumen akan dianggap sah apabila terdapat tandatangan digital dari perusahaan penerbit. Lembaga keuangan dan perbankan akan memberikan konfirmasi ketersediaan dana sebelum melakukan transfer. Ketidaksesuaian informasi yang diberikan mengakibatkan bilyet giro atau metode pembayaran akan diblokir.

Baca Juga: 5 Karakteristik Piutang

Contoh Soal Piutang Wesel Berbunga dan Jawabannya

Contoh soal piutang wesel berbunga terjadi ketika PT Masraffi menerima purchase order dari pelanggan dengan nilai Rp 80.000.000. Pelanggan memberikan surat wesel sebagai pelunasan dengan ketentuan bunga 8% dan pelunasan 3 bulan. Tanggal invoice diterbitkan adalah 8 oktober 2023.

Bagaimana cara menghitung tanggal jatuh tempo wesel dan jurnal pencatatannya?

Cara Menghitung Tanggal Jatuh Tempo Wesel Berbunga

Cara menghitung tanggal jatuh tempo wesel berbunga harus dapat mengalokasikan waktu sesuai dengan batasan yang ditentukannya. Pelanggan dapat menggunakan istilah hari dan bulan. Hari penerbitan wesel tidak ikut dihitung saat memperhitungkan bunga yang dikenakan selama periode tersebut.

Adapun cara menghitung tanggal jatuh tempo wesel adalah 8 Oktober 2023 ditambah 3 Bulan artinya 8 Januari 2024.

Cara Menghitung Pendapatan Bunga Wesel

Cara menghitung pendapatan bunga wesel akan diterima oleh perusahaan penjual. Keuntungan pembayaran via wesel adalah adanya tambahan bunga atas waktu yang diinginkan pelanggan. Pelanggan berhak menentukan tanggal pembayaran sesuai ketersediaan dana seperti menunggu pinjaman.

Pendapatan bunga wesel yang diperoleh adalah Rp 80.000.000 x 3/12 x 8% = Rp 1.600.000

Jurnal Mencatat Pengakuan dan Pelunasan Piutang Wesel

Contoh soal pilihan ganda piutang wesel dan jawabannya harus dapat mengantisipasi terjadinya manipulasi data laporan keuangan. Kesesuaian informasi keuangan harus dapat mengaplikasikan kebutuhan arus kas. Kas tidak boleh diperbanyak di rekening sesuai batasan waktu yang ditentukannya.

TanggalKeterangan Debit Kredit
08/10/2023Piutang Wesel Rp 88.800.000
Penjualan Rp 80.000.000
PPN Keluaran Rp 8.800.000
08/01/2024Bank Mandiri Rp 90.400.000
Piutang Wesel Rp 88.800.000
Pendapatan bunga wesel Rp 1.600.000

Baca Juga: Perbedaan Piutang Usaha dan Piutang Dagang

Demikian contoh soal pilihan ganda piutang wesel dan jawabannya dalam sistem informasi akuntansi. Siklus akuntansi harus dipelihara agar dapat menyakinkan para pemegang saham berkaitan dengan ekosistemnya. Kemampuan pembayaran tagihan disesuaikan dengan termin pembayaran hasil negosiasi.

0 Response to "10 Contoh Soal Pilihan Ganda Piutang Wesel dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel