Contoh Soal Cadangan Kerugian Piutang Tak Tertagih dan Jurnal Pencatatannya

Konten [Tampil]

Contoh soal cadangan kerugian piutang tak tertagih dan jurnal pencatatannya merupakan pedoman dasar bagi perusahaan dalam rangka menetapkan nilai laba. Manajemen laba adalah tindakan perusahaan mengalokasikan keuntungan atas kegiatan penjualan, penetapan harga pokok produksi dan kebijakan akuntansi lainnya.

Jurnal penyesuaian cadangan kerugian piutang dapat menjadi alasan bagi perusahaan dalam menetapkan kesejahteraan masyarakat. Perusahaan akan merekrut karyawan yang berasal dari suatu tempat berdasarkan kebiasaan yang dilakukannya. Piutang muncul saat entitas menyetujui penjualan kredit kepada pelanggan.

Bedakan dua dasar yang bisa digunakan dalam membuat taksiran kerugian piutang adalah persentase penjualan dan persentase piutang. Penjualan kredit adalah penjualan yang dilakukan perusahaan setelah mendapatkan kepastian pembayaran baru dilaksanakan saat barang sudah dikirim dan diterima oleh karyawan.

Contoh Soal Cadangan Kerugian Piutang Tak Tertagih dan Jurnal Pencatatannya

Apa itu Cadangan Kerugian Piutang?

Allowance for Bad Debt artinya penyisihan piutang tak tertagih yang diselenggarakan perusahaan agar dapat melangsungkan kebijakan fiskal. Nama akun dalam akuntansi berbahasa inggris akan membantu akuntan menyusun kriteria pencatatan transaksi sesuai dengan program komputer akuntansi berbasis web yang digunakan.

Cadangan kerugian piutang adalah nilai biaya yang dicadangkan untuk mengurangi kerugian perusahaan akibat pelanggan tidak mau membayarkan tagihan. Berapa persen penyisihan piutang tak tertagih yaitu disesuaikan dengan karakteristik laporan posisi keuangan yang dibuat sesuai dengan keuntungan yang diinginkan pelanggan.

Perusahaan manufaktur, jasa dan dagang dapat menyesuaikan kebijakan akuntansi berdasarkan ketentuan pajak. Lembaga keuangan dan perbankan merupakan salah satu bisnis yang memperkenankan entitas menyelenggarakan kegiatan pengurangan omzet sesuai dengan batasan waktu yang ditentukan.

Baca Juga: Berapa Persen Penyisihan Piutang yang Harus Dibentuk

Mengapa Perusahaan Membentuk Penyisihan Piutang Tak Tertagih

Mengapa perusahaan perlu membuat cadangan kerugian piutang sebab entitas harus dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya dan membayarkan pajak penghasilan sesuai periode. Tarif pph badan usaha disesuaikan dengan ketentuan umum dan koreksi fiskal yang diselenggarakan entitasnya.

Contoh soal cadangan kerugian piutang tak tertagih dan jurnal pencatatannya dapat menjadi penentu utama keberhasilan investasi perusahaan. Semakin tinggi arus kas menandakan transaksi entitas semakin banyak dan potensi keuntungan bertambah. Penambahan kekayaan berakibat pada penurunan keuntungan.

Penyebab entitas membuat akun penyisihan piutang tak tertagih adalah ketidakpastian pembayaran invoice jatuh tempo setelah entitas melaksanakan penagihan sesuai periodenya. Pembayaran pajak pertambahan nilai harus segera dibuat agar entitas bertanggungjawab terhadap kesepakatan bisnis yang dilakukan.

Baca Juga: Contoh Kasus Tukar Tambah Penjualan Angsuran

Contoh Soal Penyisihan Piutang Tak Tertagih dan Jawabannya

Contoh soal penyisihan piutang tak tertagih dan jawabannya menjadikan entitas bertanggungjawab terhadap kemampuan bisnis. Penjualan kredit bertujuan meningkatkan konsumsi pelanggan atas barang yang dimiliki. Proses pelaksanaan pembayaran disesuaikan hasil negosiasi yang dilakukan karyawan.

Contoh Soal Cadangan Kerugian Piutang

Contoh soal cadangan kerugian piutang terjadi ketika PT Masraffi membentuk akun penyisihan piutang tak tertagih dengan nilai saldo terlapor sebesar Rp 500.000. Selama tahun 2023, penjualan kredit sebesar Rp 80.000.000, dan retur sebesar Rp 6.000.000. Adapun rincian daftar umur piutang sebagai berikut

Umur PiutangJumlah TagihanPersentase Tidak Tertagih
Hari ini Rp 189.500.000 1%
Lewat 1-30 hari Rp 9.475.000 2%
Lewat 31-60 hari Rp 1.421.250 3%
Lewat 61-90 hari Rp 355.313 5%
Lewat 91 hari Rp 195.422 20%

Hitunglah jumlah piutang dagang yang diperkirakan tidak dapat ditagih dan buatlah jurnal penyesuaiannya dengan ketentuan kerugian piutang sebesar 1% dari penjualan kredit dan menggunakan daftar umur piutang?

Baca Juga: Siapa itu Staff Accounting

Cara Menghitung Penyisihan Piutang Menggunakan Penjualan Kredit

Cara menghitung penyisihan piutang menggunakan penjualan kredit bermanfaat bagi entitas dalam menetapkan kebijakan fiskal. Perusahaan manufaktur mengharapkan agar arus kas entitas dapat stabil dengan diterbitkannya aturan pembayaran tagihan secara tepat waktu sesuai dengan keadaan perusahaan.

Penjualan Kredit Rp 80.000.000
Retur Penjualan-Rp 6.000.000
Penjualan kredit bersih Rp 74.000.000
Persentase piutang tak tertagih1%
Penyisihan Piutang Rp 740.000
Cadangan kerugian yang sudah dibentuk Rp 500.000
Cadangan yang harus dibentuk Rp 240.000

Jurnal penyisihan piutang yang harus dibentuk oleh perusahaan adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
07/10/2023Beban Kerugian Piutang Rp 240.000
Cadangan Kerugian Piutang Rp 240.000

Cara Menghitung Penyisihan Piutang Menggunakan Daftar Umur Piutang

Daftar umur piutang adalah rincian berkaitan dengan pemilikan piutang yang belum dibayarkan oleh pelanggan setelah faktur pajak dan invoice diterbitkan. Umur piutang yang lama mengakibatkan entitas semakin berkurang rasio penerimaan arus kasnya. Arus kas berdampak pada modal yang diberikannya.

Umur PiutangJumlah TagihanPersentase Tidak TertagihJumlah Piutang
Hari ini Rp 189.500.000 1% Rp 1.895.000
Lewat 1-30 hari Rp 9.475.000 2% Rp 189.500
Lewat 31-60 hari Rp 1.421.250 3% Rp 42.638
Lewat 61-90 hari Rp 355.313 5% Rp 17.766
Lewat 91 hari Rp 195.422 20% Rp 39.084
Cadangan yang harus dibentuk Rp 2.183.988

Jurnal penyisihan piutang yang harus dibentuk oleh perusahaan adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
07/10/2023Beban Kerugian Piutang Rp 1.683.988
Cadangan Kerugian Piutang Rp 1.683.988

Baca Juga: Apa itu Wesel Tagih

Demikian contoh soal cadangan kerugian piutang tak tertagih dan jurnal pencatatannya dalam materi akuntansi pengantar. Staff accounting harus mempelajari bagaimana entitas akan membentuk akun penyisihan agar dapat mempersiapkan sejak dini kemungkinan tidak dibayarkan tagihan dan retur penjualan barang.

0 Response to "Contoh Soal Cadangan Kerugian Piutang Tak Tertagih dan Jurnal Pencatatannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel