Contoh Tukar Tambah Penjualan Angsuran dalam Kehidupan Sehari-Hari

Konten [Tampil]

Contoh tukar tambah penjualan angsuran dalam kehidupan sehari-hari akan membawa berkah bagi entitas saat mempermudah pelanggan memperoleh potongan harga. Setiap penjualan barang dan jasa akan dikenakan pajak sesuai dengan nilai tagihan yang perlu dibayarkan sesuai dengan batasan waktunya.

Contoh penjualan angsuran dalam kehidupan sehari-hari dapat terjadi pada industri rumah tangga dan aktivitas mahasiswa. Pembatalan penjualan secara angsuran berakibat pada denda yang dikenakan sebab perusahaan memperoleh kembali barang dagang yang telah disetorkan berdasarka informasi pembayarannya.

Pencatatan yang dilakukan sehubungan dengan pembatalan penjualan angsuran dan tukar tambah penjualan kredit harus segera dilakukan agar departemen keuangan dapat mempersiapkan dana untuk pembayaran pajak pertambahan nilai. Bagi entitas, kepercayaan nasabah berakibat pada nilai kredit score yang diterbitkan.

Contoh Tukar Tambah Penjualan Angsuran dalam Kehidupan Sehari-Hari

Apa itu Tukar Tambah Saat Penjualan

Tukar tambah saat penjualan angsuran dan penjualan cicilan merupakan aktivitas terakhir saat departemen marketing melaksanakan negosiasi harga jual. Bagi perusahaan, kesepakatan bisnis akan terjadi saat entitas menterjemahkan keinginan melakukan negosiasi harga untuk tujuan penghapusan saham miliknya.

Contoh tukar tambah penjualan angsuran dalam kehidupan sehari-hari memberikan peluang bagi entitas untuk melaksanakan kegiatan pelaporan aspek perpajakannya. Keuntungan dan kerugian akibat diberikannya informasi pembayaran berakibat pada keputusan pelunasan invoice yang jatuh tempo.

Tukar tambah saat penjualan memberikan peluang bagi entitas untuk melaksanakan kegiatan pembayaran tagihan secara tepat waktu. Bagi perusahaan, pembayaran invoice dan faktur pajak kepada supplier secara tepat waktu akan memberikan kesan baik terutama saat entitas melaporkan pemungutan pajak pertambahan nilainya.

Baca Juga: Karakteristik Penjualan Angsuran

Contoh Penjualan Angsuran dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh penjualan angsuran dalam kehidupan sehari-hari memberikan berkah bagi perusahaan untuk mentertibkan pembayaran invoice jatuh tempo. Setiap pelanggan menginginkan memperoleh barang terlebih dahulu untuk dilakukan pengecekan agar mempermudah dilakukannya penjualan kembali.

Reseller adalah sebutan bagi seseorang yang membeli barang lalu diperdagangkan kembali dalam waktu singkat. Keuntungan yang didapatkan reseller adalah selisih antara harga beli dan harga jual. Reseller berfungsi sebagai perantara terjadinya perdagangan barang untuk memperpanjang usianya.

Contoh penjualan angsuran dalam kehidupan sehari-hari memberikan dampak terhadap kondisi keuangan yang stabil. Penjualan kredit akan berlangsung selama beberapa periode yang disesuaikan dengan kondisi keuangan saat proses penilaian kualitas kredit bagi nasabah sesuai laporan posisi keuangannya.

Baca Juga: Contoh Soal Penjualan Tunai dan Jurnal

Contoh Soal Tukar Tambah Penjualan Angsuran

Contoh soal tukar tambah penjualan angsuran menjadi pembahasan materi akuntansi keuangan lanjutan. Perusahaan akan menerapkan kebijakan penjualan tunai, kredit dan angsuran disesuaikan sarana promosi yang dilakukan untuk menarik minat investor dan pembeli sesuai pemilikan arus kasnya.

Pembatalan penjualan angsuran terjadi ketika perusahaan tidak mempersiapkan cadangan kerugian piutang. Akun cadangan kerugian piutang harus dibentuk dalam rangka mempermudah perusahaan menciptakan pola pelindungan terhadap laba ditahan yang harus dibagikan kepada para pemegang saham.

Contoh soal tukar tambah penjualan angsuran terjadi ketika masraffi ingin membeli smartphone dengan harga beli Rp 15.700.000 dengan menukarkan smartphone lama senilai Rp 10.000.000. Penjual dapat memperbaiki smartphone baru dengan biaya Rp 1.000.000, biaya pemasaran 2% dan estimasi  laba bersih 10%. 

Cara menghitung laba rugi pertukaran aset tersebut adalah

Taksiran harga jual Rp 15.700.000
Taksiran biaya perbaikan Rp 100.000
Laba Normal Rp 1.570.000
Biaya Pemasaran Rp 314.000 -Rp 1.984.000
Taksiran nilai realisasi bersih Rp 13.716.000
Harga yang disepakati Rp 10.000.000
Kelebihan harga Rp 3.716.000

Jurnal mencatat tukar tambah barang bekas dengan barang baru saat penjualan angsuran adalah

Tanggal Keterangan Debit Kredit
22/09/2023 Piutang Penjualan Angsuran Rp 1.984.000
Persediaan Barang Dagang Rp 10.000.000
Cadangan Kelebihan Harga Rp 3.716.000
Penjualan Angsuran Rp 15.700.000

Baca Juga: Contoh Kasus Likuidasi Persekutuan dan Jawabannya

Demikian contoh tukar tambah penjualan angsuran dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan instruksi dari pemegang saham. Bagi pemilik usaha, tukar tambah berakibat pada berkurangnya keuntungan akibat dibelinya barang baru sebagai persediaan barang tambahan sesuai peruntukkannya.

0 Response to "Contoh Tukar Tambah Penjualan Angsuran dalam Kehidupan Sehari-Hari"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel