Contoh Soal Metode Lower of Cost or Market dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal metode lower of cost or market dan jawabannya merupakan periode dasar bagi perusahaan dalam menentukan keuntungan yang didapatkan selama produksi. Setiap entitas diperkenankan memakai segala metode pencatatan yang disesuaikan dengan kondisi keuangan untuk menyegerakan pembukuannya.

Contoh soal penurunan nilai persediaan barang dagang dan jawabannya merupakan standar yang digunakan entitas dalam menetapkan operasionalnya. Nilai realisasi neto merupakan estimasi harga jual barang setelah dikurangi biaya penyelesaian dan biaya penjualan agar barang dapat keluar dari gudang.

Metode taksiran persediaan dalam metode fisik dan periodik diperlukan agar entitas menjaga ekosistem pencatatan dengan keadaan yang sebenarnya. Kelemahan metode lower of cost or market merupakan aplikasi awal agar entitas dapat menjaga keberagaman sistem yang ada di entitas saat publikasi laporannya.

Contoh Soal Metode Lower of Cost or Market dan Jawabannya

Apa itu Nilai Realisasi Neto

Pengertian nilai realisasi neto dan penurunan nilai persediaan merupakan materi akuntansi keuangan menengah yang berguna untuk evaluasi kinerja keuangan. Setiap perkembangan perusahaan tetap didasari faktor diterbitkannya tagihan jatuh tempo agar proyeksi arus kas didapatkan sesuai dengan program bisnisnya.

Nilai realisasi neto atau dikenal dengan net realizable netto merupakan estimasi harga yang diterbitkan entitas dalam rangka memperdagangkan barang sesuai harga jual dikurangi biaya yang dikorbankannya. Laba dan rugi menjadi faktor penting agar entitas mampu mempertahankan keberlangsungan hidup para karyawannya.

Contoh soal metode lower of cost or market dan jawabannya adalah dasar awal bagi entitas untuk mengembangkan pembuatan aplikasi akuntansi berbasis web. Persediaan diukur berdasarkan harga beli dan harga proses yang dikerjakan saat merubah bahan baku sehingga hpp ditentukan dengan jelas sewaktu pengantarannya.

Baca Juga: Contoh Sistem Pencatatan Persediaan

Kelebihan dan Kelemahan Metode Lower of Cost or Market

Contoh soal penurunan nilai persediaan menggunakan metoode lcm atau lower cost or market merupakan potensi awal agar entitas dapat memperbanyak peluang mengembangkan sistem akuntansi. Program komputer akuntansi diciptakan agar entitas dapat membuat laporan keuangan sesuai perkembangannya.

Kelemahan metode lower of cost or market adalah entitas tidak dapat memakai metode fisik dan perpetual saat menghitung nilai persediaan akhir. Adakalanya barang yang dimiliki perusahaan mencapai tanggal kadaluarsa sehingga entitas harus segera memperjualbelikan atau memusnahkannya.

Kelebihan metode lower of cost or market adalah entitas dapat meningkatkan harga pokok produksi sehingga pajak penghasilan yang disetorkan lebih rendah. Apakah dampak yang terjadi apabila perusahaan melakukan kesalahan dalam perhitungan nilai persediaan adalah ketidaktepatan saldo awal persediaan.

Baca Juga: Macam-Macam Persediaan Barang

Faktor-Faktor yang Menyebabkan Penurunan Nilai Persediaan

Faktor-faktor yang menyebabkan penurunan nilai persediaan adalah kondisi dimana perusahaan mengalami kemunduran akibat diterjemahkannya potensi kerugiannya. Perkembangan bisnis diharapkan mampu memberikan kepastian peningkatan investasi jangka panjang oleh nasabahnya.

Barang Rusak

Contoh soal metode lower of cost or market dan jawabannya dianjurkan agar entitas tetap mengembangkan potensi keuntungan saat publikasi laporan keuangannya. Setiap informasi bisnis diharapkan mampu memberikan kemudahan dalam proses pelaporan informasi keuangan sesuai arah tujuannya.

Barang Aus

Barang aus atau mengalami penurunan manfaat adalah barang yang telah lama mengendap digudang dan belum terjual. Barang aus berfungsi membantu memberikan pekerjaan kepada bagian keamanan untuk meningkatkan gaji dan tunjangannya yang disesuaikan dengan potensi arus kas perusahaan.

Barang Kadaluarsa

Barang kadaluarsa adalah barang yang telah melewati masa jatuh tempo sesuai dengan perkembangan bisnis. Apakah dampak yang terjadi apabila perusahaan melakukan kesalahan dalam perhitungan nilai persediaan akan mempengaruhi laporan laba rugi dan laporan posisi keuangan pada periode informasi disampaikan.

Baca Juga: Perbedaan Nilai Nominal dan Nilai Instrinsik pada Obligasi

Contoh Soal Penurunan Nilai Persediaan Menggunakan Metode LCM

Contoh soal penurunan nilai persediaan menggunakan metode lcm merupakan aktivitas terkini agar entitas dapat segera membantu menterjemahkan keinginnya. Nilai realisasi neto bermanfaat agar perusahaan mengalami peningkatan keuntungan sebagai akibat pembukuan laporan posisi keuangannya.

PT Masraffi dilaporkan memiliki bahan baku dengan nilai perolehan Rp 93.000.000. Harga jual barang adalah Rp 100.000.000, biaya pemasaran yang dikorbankan adalah Rp 8.000.000 dan penyelesaiannya Rp 1.000.000. Bagaimana cara menghitung kerugian akibat penurunan nilai persediaan barang jadi dan bahan bakunya?

Harga Jual PersediaanRp100.000.000
- Biaya PenyelesaianRp1.000.000
- Biaya PenjualanRp8.000.000
Nilai Realisasi NettoRp91.000.000
Harga PerolehanRp93.000.000
Kerugian Penurunan Nilai-Rp2.000.000

Baca Juga: Apa itu Biaya Kini dan Biaya Historis

Demikian contoh soal metode lower of cost or market dan jawabannya dalam materi penurunan nilai persediaan. Apa yang terjadi apabila dalam perhitungan persediaan akhir dinyatakan terlalu rendah maka perusahaan akan mengalami peningkatan kekayaan dan pembayaran setoran pajak penghasilannya.

0 Response to "Contoh Soal Metode Lower of Cost or Market dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel