5 Contoh Soal Jurnal Penyesuaian dan Neraca Lajur Perusahaan Dagang

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal penyesuaian dan neraca lajur perusahaan dagang dan jasa pada materi dasar-dasar akuntansi buku al haryanto jusup merupakan bagian dari usaha mahasiswa akuntansi memahami siklus pembukuan. Setiap perusahaan diperkenankan mengakuisisi informasi perpajakan yang diselenggarakan setiap periodenya.

Contoh soal dan jawaban jurnal penyesuaian perusahaan dagang dan jasa memerlukan konsentrasi untuk mempertimbangkan konsekuensi dari pengambilan keputusan. Waktu yang tepat membuat jurnal pembalik adalah dimana perusahaan dirasa menyakini dapat mengambil keputusan taktis berkaitan dengan kondisi keuangannya.

Mengapa dalam perusahaan dagang juga diperlukan adanya jurnal penyesuaian sebab entitas harus mempertimbangkan konsekuensi dari pola pelaksanaan informasi keuangan. Pendapatan dan biaya yang belum dibayar memberikan kemudahan untuk menilai pola kehidupan dari entitas selama staff keuangan bekerja.

5 Contoh Soal Jurnal Penyesuaian dan Neraca Lajur Perusahaan Dagang

Akun yang Perlu Menggunakan Jurnal Penyesuaian

Contoh soal jurnal penyesuaian dan neraca lajur perusahaan dagang diperlukan untuk mengingkatkan kredibilitas perusahaan. Perusahaan yang mendaftarkan diri sebagai peserta bursa efek indonesia mengharapkan adanya tambahan modal untuk pelaksanaan pekerjaan setiap hari sesuai peluang kinerjanya.

Pendapatan Diterima Dimuka

Pendapatan diterima dimuka adalah akun penghasilan yang didapatkan perusahaan sebelum mengerjakan surat pesanan. DP atau down payment merupakan dasar awal bagi entitas untuk mengerjakan sistem informasi akuntansi dan sistem pengendalian internal sesuai batasan waktu yang telah diterapkan dalam berbisnis.

Depresiasi

Depresiasi adalah biaya atas pemakaian mesin, bangunan dan kendaraan untuk kegiatan produksi dan administrasi. Metode penyusutan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan saat membuat laporan keuangan. Perpajakan menghadirkan metode garis lurus dan metode saldo menurun berganda untuk evaluasi bisnis.

Beban yang Masih Harus Dibayarkan

Beban yang masih harus dibayarkan adalah biaya yang seharusnya perusahaan bayarkan sebelum periode cut off laporan keuangan. Contoh beban yang masih harus dibayar adalah biaya gaji dan biaya administrasi bank. Penetapan tanggal gajian bagi karyawan disesuaikan dengan regulasi dan ketentuan di kabupaten.

Pendapatan yang Masih akan Diterima

Pendapatan yang masih akan diterima merupakan salah satu contoh jurnal penyesuaian yang dibahas dalam buku dasar-dasar akuntansi karyawan al haryanto jusup. Contoh akun pendapatan yang masih harus diterima adalah pendapatan bunga usaha atas obligasi, surat hutang, promes dan bunga berjalan.

Baca Juga: Apa itu Penjualan Konsinyasi

Mengapa Perusahaan Dagang Juga Memerlukan Jurnal Penyesuaian

Mengapa perusahaan dagang juga memerlukan jurnal penyesuaian sebab adanya kondisi perekonomian yang harus disesuaikan. Jika entitas mengakui pembelian peralatan kantor sebagai akun peralatan daripada beban administrasi maka entitas harus melakukan stock opname sewaktu audit diselenggarakan.

Contoh soal jurnal penyesuaian dan neraca lajur perusahaan dagang memberikan harapan bagi staff keuangan untuk menghemat anggaran perusahaan. Kas kecil merupakan aset perusahaan yang dapat digunakan melunasi pinjaman jangka pendek sesuai batasan waktu periode seperti tunjangan perjalanan dinas.

Mengapa dalam perusahaan dagang juga diperlukan adanya jurnal penyesuaian sebab adanya barang yang telah dibeli dan harus disesuaikan pemakaiannya. Beban merupakan biaya yang dapat digunakan untuk mengurangi pendapatan kena pajak diperiode berjalan sesuai batasan waktu pelaksanaan pembukuannya.

Baca Juga: Apa itu Cadangan Kerugian Piutang

Kunci Jawaban Latihan 4-1 Dasar-Dasar Akuntansi Buku Alharyanto Jusup

Kunci jawaban latihan 4-1 dasar-dasar akuntansi buku alharyanto jusup memberikan peluang bagi mahasiswa memahami secara mendalam perihal proses pelaksanaan kekayaan entitas. Keberagaman bisnis akan membuat entitas semakin bertanggungjawab perihal prosedur pembayaran tagihan jatuh tempo.

Contoh soal jurnal penyesuaian dan neraca lajur perusahaan dagang akan menentukan laba dan rugi diperiode berjalan. Mengapa diperlukan jurnal peyesuaian sebab entitas harus dapat membandingkan keuntungan antar periode, penerapan dasar akrual dan pengakuan bukti transaksi di suatu periode akuntansi.

Darimana sumber pencatatan jurnal umum yaitu berasal dari faktur penjualan, nota kontak, kwitansi, bukti penerimaan kas, bukti pembayaran tagihan dan invoice. Buku besar pembantu piutang dan hutang akan merepresentasikan keuntungan yang didapatkan perusahaan saat menyelenggarakan pencatatan bisnis.

Buatlah jurnal penyesuaian yang diperlukan pada tanggal 31 desember 2010 (akhir periode akuntansi), apabila pada tanggal transaksi telah terjadi beberapa peristiwa sebagai berikut

Masih Harus Dibayar Gaji Pegawai Rp 3.600.000

Identifikasi transaksi menunjukkan adanya gaji yang dibayarkan setelah tanggal cut off periode akuntansi. Oleh sebab itu perusahaan memerlukan jurnal penyesuaian untuk mencatat transaksi tersebut dengan catatan yaitu

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2010Beban Gaji Rp 3.600.000
Hutang Gaji Rp 3.600.000

Asuransi Dibayar Dimuka Telah Terpakai untuk Tahun 2010 sebesar Rp 450.000

Identifikasi transaksi menunjukkan adanya pembayaran asuransi dimasa dahulu tetapi entitas baru memakainya selama beberapa periode dengan total pemakaian sebesar Rp 450.000. Oleh sebab itu, contoh adjustment journal yang dibuat adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2010Beban Asuransi Rp 450.000
Asuransi Dibayar Dimuka Rp 450.000

Masih Harus Diterima Pendapatan Bunga sebesar Rp 5.000.000

Masih harus diterima pendapatan bunga merupakan bagian dari proses perusahaan memanfaatkan kelebihan arus kas. Kas dilaporan keuangan harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mengidentifikasi adanya peningkatan kekayaan atas aktivitas yang diselenggarakannya. Adapun jurnal mencatat transaksi tersebut adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2010Piutang Bunga Rp 5.000.000
Pendapatan Bunga Rp 5.000.000

Pendapatan Jasa Diterima Dimuka Telah Menjadi Pendapatan sebesar Rp 800.000

Pendapatan jasa diterima dimuka telah menjadi pendapatan merupakan bagian dari kunci jawaban buku dasar-dasar akuntansi karya alharyanto jusup. Bagi penerbit buku, kemampuan identifikasi karyawan akan membantu pola penyelenggaraan transaksi bisnis yang sesuai program pelaksanaannya.

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2010Pendapatan Diterima Dimuka Rp 800.000
Pendapatan Jasa Rp 800.000

Beban Depreasiasi sebesar Rp 6.200.000

Beban depresiasi merupakan biaya yang akan terjadi ketika perusahaan menggunakan aktiva tetap. Seluruh pembelian aset tetap tidak diperkenankan dibiayakan pada tahun pembelian tetapi hanya diperkenankan untuk di depresiasi. Adapun jurnal pencatatan sebagai beriku

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2010Beban Depresiasi Rp 6.200.000
Akumulasi Depresiasi Aktiva Tetap Rp 6.200.000

Baca Juga: Perbedaan Accrual Basis dan Cash Basis dalam Akuntansi

Demikian contoh soal jurnal penyesuaian dan neraca lajur perusahaan dagang dalam buku dasar-dasar akuntansi keuangan. Mahasiswa akuntansi merupakan bagian dari prosedur pemberian tugas karyawan yang disesuaikan dengan sistem informasi manajemen yang telah disesuaikan saat audit diselenggarakan.

0 Response to "5 Contoh Soal Jurnal Penyesuaian dan Neraca Lajur Perusahaan Dagang"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel