Contoh Pertanyaan Diskusi Tentang Management Letter

Konten [Tampil]

Contoh pertanyaan diskusi tentang management letter merupakan aktivitas utama setelah kantor akuntan publik selesai melaksanakan pemeriksaan. Setiap akun di neraca saldo memiliki sistem pengendalian internal guna mempermudah memperoleh bukti transaksi yang cukup dan valid selama beberapa periodenya.

Pengertian manajemen letter menurut para ahli adalah surat rekomendasi pencegahan sistem pengendalian internal perusahaan yang baruk dan evaluasi ketika melakukan pemeriksaan lapangan terhadap bukti transaksi yang diserahkan oleh perusahaan. Management letter diterbitkan setelah ruang lingkup pemeriksaan ditetapkan.

Apa hubungan antara management letter, client representation letter dan internal control merupakan prosedur dalam melakukan pemeriksaan laporan posisi keuangan. Kantor akuntan publik tidak diperkenankan melakukan promosi layanan jasa melalui media sosial sebab melanggar kode etik profesinya.

Contoh Pertanyaan Diskusi Tentang Management Letter

Pengertian Management Letter Menurut Para Ahli

Pengertian management letter menurut para ahli adalah surat yang diberikan oleh kantor akuntan publik atas evaluasi sistem pengendalian internal perusahaan berupa saran perbaikan atas kelemahan internal control di perusahaan untuk menciptakan dokumen bukti transaksi keuangan atas akun di neraca saldo.

Contoh pertanyaan diskusi tentang management letter bertujuan agar klien dapat mempersiapan peluang mengurangi risiko pengendalian dan risiko bawaan dari laporan keuangan. Perusahaan diharapkan mampu mengerjakan informasi perpajakan selama 4 bulan sebelum laporan keuangan dijadikan dasar pembayaran pajaknya.

Pengertan management letter menurut para ahli adalah surat yang berisikan saran perbaikan atas kelemahan sistem pengendalian internal yang ditemukan auditor saat pemeriksaan lapangan. Audit field work diberlakukan mengingat adanya akun yang memerlukan pertimbangan independensi auditor eksternal.

Baca Juga: Contoh Soal Perilaku Biaya dan Jawabannya

Tujuan dan Manfaat Management Letter Bagi Perusahaan dan KAP

Tujuan dan manfaat management letter bagi perusahaan dan kap harus dipertimbangkan sebagai dasar pembuatan laporan posisi keuangan. Kapan manajemen letter dibuat ketika kantor akuntan publik selesai melaksanakan pemeriksaan terutama penilaian internal control yang ditetapkan oleh perusahaan.

Manfaat Management Letter bagi Kantor Akuntan Publik

  1. Perusahaan dapat melihat kelemahan sistem pengendalian internal yang diterapkan.
  2. Perubahan terhadap struktur organisasi yang ditetapkan oleh direktur perusahaan
  3. Perusahaan mengambil tindakan perbaikan terhadap permasalahan internal control yang ditemukan auditor.

Manfaat Management Letter bagi Perusahaan Klien

  1. Meningkatkan profitabilitas dari kantor akuntan publik untuk menggunakan pelayanannya dimasa depan
  2. Media promosi dan menambah jumlah klien kantor akutan publik
  3. Meningkatkan kemampuan dari pegawai kap
  4. Mempelajari berbagai macam internal control perusahaan manufaktur, jasa dan dagang

Baca Juga: Cara Membuat Jurnal Pembalik Perusahaan Dagang dan Jasa

Hubungan Management Letter, Client Representation Letter dan Internal Control

Contoh pertanyaan diskusi tentang management letter akan memberikan dampak terhadap perubahan sistem pengendalian internal perusahaan. Semakin baik internal control perusahaan akan mempercepat proses audit dan menghindari pemakaian biaya jasa akuntan yang terlalu mahal untuk memeriksa laporan keuangan.

Apa hubungan management letter dengan sistem pengendalian internal terletak pada jika entitas terdapat kelemahan internal control maka auditor dapat memberikan saran perbaikan guna menghindari kesalahan yang sama atas kejadian yang berlangsung dikemudian hari atau periode selanjutnya.

Contoh pertanyaan diskusi tentang management letter diberikan bagi perusahaan dalam rangka memahami hubungan manajemen letter, client representation letter dan internal control. Setiap sistem pengendalian internal diciptakan agar dapat dibuktikan adanya pemanfaatan sumber daya perusahaan.

Baca Juga: Contoh Kasus Audit Hutang Jangka Pendek dan Jawabannya

Demikian contoh pertanyaan diskusi tentang management letter dalam materi pengauditan berbasis komputer. Setiap perusahaan berhak menjalankan kebiasannya untuk mengalokasikan secara wajar tentang produktivitas dan kemampuan perhitungan laba rugi atas kinerja keuangan satu periodenya.

0 Response to "Contoh Pertanyaan Diskusi Tentang Management Letter"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel