Client Representation Letter : Pengertian, Tujuan dan Fungsinya

Konten [Tampil]

Client representation letter adalah surat yang dibuat oleh manajemen perusahaan dalam rangka memberikan kepastian bahwa pembuat laporan keuangan menjadi tanggungjawab direktur keuangan dan auditor bertanggungjawab untuk memastikan kewajaran saldo yang tercantum pada neraca saldo dan laba rugi.

Fungsi surat pertanyaan langganan adalah memastikan auditor tidak mengalami permasalahan ketika perusahaan menyembunyikan bukti transaksi yang mempengaruhi laporan keuangan. Siapakah yang menandatangani client representation letter adalah direktur keuangan, manajer akuntansi dan staff financenya.

Jika client tidak bersedia memberikan surat pernyataan langganan maka auditor berhak menolak menerbitkan laporan audit independen. Management letter dan client representation letter merupakan dokumen wajib agar laporan opini audit diterbitkan sesuai masa yang ditetapkan dalam kinerja keuangan.

Client Representation Letter

Apa yang Dimaksud Client Representation Letter

Surat pernyataan langganan atau client representation letter adalah surat yang diminta oleh kantor akuntan publik berisikan informasi pihak manajemen perusahaan telah menyerahkan seluruh bukti transaksi dan melakukan asersi manajemen secara sendiri sehinggan auditor dapat mengambil keputusan tentang kewajaran neraca saldo.

Client representation letter adalah informasi yang diperlukan auditor sebelum menerbitkan laporan audit independen. Tanggal laporan audit harus sama dengan tanggal surat pernyataan langganan sebab bukti transaksi telah diserahkan auditor berdasarkan seluruh informasi yang didapatkan selama pemeriksaan.

Pengertian client representation letter adalah surat yang berisikan informasi pertanggungjawaban manajemen perusahaan dalam membuat neraca saldo. Setiap laporan posisi keuangan hendaknya didasarkan pada kebijakan informasi perpajakan yang telah diselenggarakan secara wajar setiap periodenya.

Baca Juga: Contoh Soal Rekonsiliasi Bank dan Jawabannya

Kegunaan Client Representation Letter

Manfaat surat pernyataan langganan bagi kantor akuntan publik adalah memastikan perusahaan telah menyerahkan bukti transaksi secara keseluruhan selama jangka waktu pemeriksaan. Jika client tidak memberikan client repsentation letter maka kantor akuntan publik harus menanggung ganti rugi informasi keuangannya.

Tujuan client representation letter adalah memastikan auditor memberikan opini audit yang tepat atas kertas kerja pemeriksaan yang dilakukan. Audit work field harus dibuat saat entitas menyelenggarakan kebijakan keuangan agar auditor dapat memeriksa kawajaran saldo laporan keuangan setiap kali produksi.

Apa kegunaan client repsentation letter bagi kantor akuntan publik agar tidak terkena tuntutan saat perusahaan terbukti tidak memberikan bukti audit secara wajar. Setiap pertumbuhan ekonomi perusahaan perlu diwujudkan dalam bentuk laporan perpajakan yang dibuat selama satu periode.

Baca Juga: Contoh Soal Pembatalan Penjualan Angsuran

Contoh Surat Pernyataan Langganan (Client Representation Letter)

Contoh surat pertanyaan langganan akan dibuat entitas saat wajib pajak melaporkan informasi keuangannya. Tanggal client representation letter harus lebih kecil daripada tanggal laporan auditor independen diterbitkan sebab kap bertugas dalam ruang lingkup yang ditentukannya. Adapun pertanyaan dalam surat pernyataan langganan adalah

  1. Manajemen perusahaan tetap yang bertanggungjawab atas bukti transaksi dan asersi manajemen
  2. Semua catatan, bukti transaksi, notulen rapat, perjanjian kerjasama telah diserahkan ke kantor akuntan publik
  3. Penjelasan akun-akun yang tercantum pada laporan keuangan
  4. Tidak adanya aset yang dijadikan jaminan hutang dan kewajiban kontinjensi

Siapakah yang menandatangangi client representation letter adalah pihak perusahaan yang bertanggungjawab penuh terhadap aliran keuangan entitas. Auditor perlu membuat management letter untuk mempromosikan kantor akuntan publik dengan memberikan saran atas penerapan sistem pengendalian internal.

Contoh surat pernyataan langganan harus dibuat entitas dalam rangka menyelenggarakan kebijakan akuntansi. Apa tujuan yang ingin dicapai auditor dengan meminta client representation letter adalah memastikan bukti transaksi, catatan keuangan. notulen rapat telah diserahkan sepenuhnya kepada auditor.

Baca Juga: Contoh Kertas Kerja Pemeriksaan Piutang Dagang dan Jawabannya

Demikian makalah client representation letter dalam materi pengauditan berbasis komputer. Jika perusahaan tidak memberikan surat pernyataan langganan maka kantor akuntan publik wajib menunda penyerahan laporan audit independen dan perubahan opini atas kewajaran laporan posisi keuangan.

0 Response to "Client Representation Letter : Pengertian, Tujuan dan Fungsinya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel