Contoh Kertas Kerja Audit Pemeriksaan Kas dan Setara Kas

Konten [Tampil]

Contoh kertas kerja audit pemeriksaan kas dan setara kas merupakan aktivitas perusahaan mengalokasikan seluruh kekayaannya ke dalam program tertentu. Setiap transaksi yang memerlukan kas harus dilakukan pencatatan agar dapat menghasilkan kinerja keuangan yang maksimal untuk keberlanjutan informasi keuangannya.

Contoh soal audit kas kecil dan rekening giro bank dapat dilaksanakan perusahaan untuk memprioritaskan pelaksanaan kegiatan administrasi keuangan. Setiap perusahaan memiliki sistem pengendalian internal untuk mencegah pemakaian dana tanpa adanya otorisasi dari pejabat perusahaan berwenang atas transaksinya.

Cara membuat kertas kertas audit pemeriksaan kas dan setara kas hanya dapat dilaksanakan setelah auditor menentukan ruang lingkup pemeriksaan. Prosedur mengumpulkan, mencari bukti transaksi dan menilai kewajaran saldo laporan keuangan merupakan kewajiban dari auditor eksternal dari kantor akuntan publik.

Contoh Kertas Kerja Audit Pemeriksaan Kas dan Setara Kas

Pertanyaan Diskusi Tentang Audit Kas dan Setara Kas

Pertanyaan diskusi tentang audit kas dan setara kas menjadi kewajiban perusahaan ketika menentukan kualitas sistem pengendalian internal. Internal control bertujuan agar setiap bukti transaksi dapat diciptakan untuk mewakili aktivitas bisnis perusahaan ketika mengadakan hubungan dengan pihak ketiga.

Pembatasan penggunaan kas dan setara kas dalam sistem pengendalian internal harus dilaksanakan untuk mengalokasikan secara wajar informasi keuangan perusahaan. Kas adalah kekayaan perusahaan yang diorientasikan pada pertumbuhan kegiatan ekonomis perusahaan setiap penjualan dan pembelian terjadi.

Contoh kertas kerja audit pemeriksaan kas dan setara kas bertujuan agar auditor dapat membuktikan kebenaran saldo kas di laporan keuangan. Karakteristik kas kecil adalah kas yang digunakan untuk membiayai aktivitas perusahaan yang bernominal kecil sesuai tagihan yang diberikan oleh suppliernya.

Baca Juga: Contoh Kasus Pemeriksaan Retur Penjualan Barang Dagang

Contoh Kasus Audit Kas dan Penyelesaiannya

Contoh kasus audit kas dan penyelesaiannya merupakan aktivitas perusahaan mengalokasikan informasi keuangan atas pembayaran tagihan tertentu. Transaksi adalah segala aktivitas perusahaan yang memerlukan kas untuk membiayai peristiwa bagi keuntungan pribadi milik perusahannya.

Contoh kertas kerja pemeriksaan kas dan setara kas diawali dengan menentukan kualitas sistem pengendalian internal. Uji subtansif dan uji compliant dapat dialokasikan secara wajar untuk mencegah terjadinya manipulasi data laporan keuangan yang tidak sesuai prinsip dasar akuntansi keuangan di indonesia.

Contoh kasus audit kas dan penyelesaiannya terjadi ketika auditor memeriksa saldo kas kecil terdapat nominal Rp 15.000.000. Auditor setelah melaksanakan pemeriksaan lapangan mendapatkan hasil perhitungan kas kecil yang dilakukan bersamaan dengan kasir sebagai berikut:

NominalJumlah Subtotal
Rp 100 43 Rp 4.300
Rp 200 91 Rp 18.200
Rp 500 51 Rp 25.500
Rp 1.000 71 Rp 71.000
Rp 2.000 1 Rp 2.000
Rp 5.000 13 Rp 65.000
Rp 10.000 87 Rp 870.000
Rp 20.000 43 Rp 860.000
Rp 50.000 10 Rp 500.000
Rp 100.000 91 Rp 9.100.000
Total Rp 11.516.000

Baca Juga: Cara Menilai Sistem Pengendalian Internal Perusahaan

Cara Membuat Audit Adjustment untuk Perusahaan Klien

Cara membuat audit adjustment untuk perusahaan klien dapat dilaksanakan dengan membandingkan antara pencatatan perusahaan dengan hasil opname. Opname adalah kegiatan auditor melaksanakan pemeriksaan lapangan untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan atas pembelian dan persediaan barang.

Contoh kertas kerja audit pemeriksaan kas dan setara kas menjadi bagian dari praktikum audit 2. Kelebihan dan kekurangan sistem pengendalian internal perusahaan harus dapat mengalokasikan secara wajar tentang kebenaran saldo akun di laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi komprehensif.

Cara membuat audit adjustment atau jurnal penyesuaian yang dibuat oleh akuntan publik dapat mengalokasikan secara wajar seluruh informasi keuangan perusahaan. Membandingkan antara saldo yang tercatat dengan saldo sebenarnya bertujuan menyesuaikan kondisi keuangan perusahaan secara riil.

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2022Macam-Macam Biaya Rp 3.484.000
Kas Kecil Rp 3.484.000

Baca Juga: Cara Membuat Program Audit yang Benar

Demikian contoh kertas kerja audit pemeriksaan kas dan setara kas dalam sistem pengendalian internal perusahaan tertentu. Setiap entitas diwajibkan melaporkan transaksi sesuai peristiwa yang terjadi untuk mencegah kecurangan dan risiko pengendalian yang muncul disetiap aktivitas produksi milik perusahaan.

0 Response to "Contoh Kertas Kerja Audit Pemeriksaan Kas dan Setara Kas"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel