Cara Mencatat Revaluasi Aktiva Tetap di Accurate Online dan Desktop 5

Konten [Tampil]

Cara mencatat revaluasi aktiva tetap di accurate online dan accurate desktop 5 merupakan aktivitas perusahaan mengalokasikan kekayaannya untuk distribusi informasi keuangan. Setiap entitas memerlukan bangunan, mesin dan kendaraan ketika melaksanakan produksi agar dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas barang.

Cara revaluasi aset tetap di accurate desktop 5 dan accurate online menjadi pertimbangan perusahaan ketika mengakui nilai buku dan nilai residu. Nilai buku adalah nilai tercatat atas perolehan aset tetap dan akumulasi penyusutan setiap periodenya untuk memaksimalkan proses pencatatan informasi keuangannya.

Langkah-langkah revaluasi aset tetap diawali dengan pertimbangan perusahaan atas nilai kini dari kendaraan, mesin dan bangunan yang dimiliki. Nilai wajar adalah harga yang mau dibayarkan oleh pelanggan dan diterima oleh penjual ketika terjadi penyerahan barang kena pajak dan jasa kena pajak tertentu.

Cara Mencatat Revaluasi Aktiva Tetap di Accurate Online dan Desktop 5

Penyebab Revaluasi Aset Tetap di Perusahaan Manufaktur

Penyebab revaluasi aset tetap di perusahaan manufaktur akan terjadi ketika entitas mengadakan kebijakan bisnis. Setiap kekayaan perusahaan harus dimanfaatkan secara maksimal untuk meningkatkan kinerja keuangan. Kinerja keuangan diukur berdasarkan laba ditahan dan penurunan liabilitas jangka pendek di suatu periode.

Alasan perusahaan melakukan revaluasi aktiva tetap adalah nilai buku yang didapatkan lebih besar daripada biaya penilaian. Nilai buku adalah nilai tercatat dari biaya perolehan dikurangi akumulasi penyusutan. Setiap perusahaan dapat meningkatkan kemampuan ekonomisnya setiap satu periode akuntansi.

Faktor-faktor yang menyebabkan perusahaan melakukan revaluasi aset tetap adalah penurunan nilai aktiva tetap. Pengertian revaluasi aset adalah tindakan perusahaan menyesuaikan nilai buku berdasarkan nilai wajar sekarang. Revaluasi aset tetap mengandung manfaat ekonomis sehingga terutang pph pasal 4 ayat 2.

Baca Juga: Cara Input Uang Muka Pembelian dan Penjualan di Accurate

Kapan Revaluasi Aktiva Tetap Dilakukan Perusahaan

Kapan revaluasi aktiva tetap dilakukan perusahaan yaitu pada saat entitas menerapkan kebijakan akuntansi. Aktiva tetap adalah kekayaan yang dipergunakan membantu kegiatan administrasi perusahaan untuk mengolah bahan baku menjadi barang jadi yang memiliki nilai ekonomis lebih tinggi.

Cara mencatat revaluasi aktiva tetap di accurate online bertujuan agar entitas dapat memaksimalkan prosedur pencatatan informasi keuangan. Perusahaan diwajibkan membuat laporan posisi keuangan agar memudahkan menghitung total pajak penghasilan terutang setiap tahunnya sesuai penghasilan perusahaan.

Kapan revaluasi aset tetap dilakukan perusahaan manufaktur, jasa dan dagang bergantung pada adanya substansi komersial atau tidak. Pertukaran aset tetap hendaknya menghasilkan keuntungan bagi entitas terutama ketika menjalankan aktivitas bisnis selama mengoperasikan kegiatan produksi dalam waktu tertentu.

Baca Juga: Cara Memasukkan Barang dan Jasa Baru di Accurate

Cara Revaluasi Aktiva Tetap di Accurate Desktop 5 dan Accurate Online

Cara revaluasi aktiva tetap di accurate desktop 5 dan accurate online dapat menjadi pedoman bagi lawan transaksi ketika mengadakan kegiatan bisnis. Laba revaluasi akan diakui sebagai penghasilan lain-lain dimana entitas wajib menyetorkan pph pasal 4 ayat 2 atas kegiatan administrasi tersebut.

Cara revaluasi aset tetap di accurate perlu mempertimbangkan penilaian dari aktivitas bisnis perusahaan. Aktiva tetap harus dapat menciptakan adanya prosedur informasi keuangan sejalan aktivitas bisnis. Kegiatan administrasi dijalankan agar dapat mengatur hutang piutang sesuai tingkat penggunaannya.

Cara mencatat revaluasi aktiva tetap di accurate online dan desktop 5 diawali dengan memastikan nilai buku tercantum. Akumulasi penyusutan aktiva tetap akan dihapuskan dan terjadi pengakuan aset tetap baru. Perubahan umur manfaat aset tetap akan terjadi tatkala entitas mengeluarkan sejumlah biaya capital.

Langkah-Langkah Revaluasi Aset Tetap

  1. Pastikan perusahaan manufaktur memiliki database accurate online
  2. Masuk ke modul aset tetap > daftar aset tetap
  3. Pilih salah satu aset yang ingin di revaluasi
  4. Pilih menu Revaluasi Aset
  5. Isilah nilai wajar, tanggal revaluasi dan umur manfaat tambahan

Baca Juga: Cara Input Saldo Awal Piutang Pelanggan di Accurate

Demikian cara mencatat revaluasi aktiva tetap di accurate online dalam sistem pengendalian internal. Internal control dapat diciptakan untuk meyakinkan adanya tindakan perusahaan mengevaluasi kegiatan bisnis. Internal control akan membangun keefektifan kegiatan administrasi yang dijalankan perusahaan.

0 Response to "Cara Mencatat Revaluasi Aktiva Tetap di Accurate Online dan Desktop 5"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel