Contoh Soal Perilaku Biaya dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal perilaku biaya dan jawabannya menjadi materi akuntansi manajemen semester 4. Klasifikasi biaya berdasarkan perilaku biaya perlu mempertimbangkan aliran pemakaian dan perhitungan harga pokok produksi agar laba yang didapatkan untuk setiap kali penjualan dapat dinaikan sesuai keinginannya.

Contoh soal dan jawaban akuntansi manajemen semester 4 meliputi materi perilaku biaya. Soal ulangan akhir semester dan ulangan tengah semester menjadikan seluruh materi dapat dipahami oleh mahasiswa akuntansi. Pertanyaan diskusi dan pilihan ganda akan membantu mempertimbangkan harga pokok produksinya.

Contoh kasus perhitungan perlaku biaya melibatkan informasi tentang basis aktivitas, biaya variabel, biaya campuran, biaya tetap, kisaran relevan dan horizon waktu. Pemilikan sumber daya fleksibel dan terikat mengakibatkan entitas memiliki proses alokasi agar dapat mempermudah proses cara mengestimasi biaya.

Contoh Soal Perilaku Biaya dan Jawabannya

Kategori Perilaku Biaya

Pengertian perilaku biaya adalah sistem yang memberikan gambaran perubahan biaya yang diakibatkan adanya perencanaan bisnis tertentu. Basis aktivitas akan menentukan standar yang dapat menjadikan biaya diakui sebagai biaya variabel, biaya tetap dan biaya campuran per periode bisnis yang diselenggarakannya.

Biaya Variabel

Contoh soal perilaku biaya dan jawabannya dalam materi akuntansi manajemen semester 4 berkaitan dengan biaya variabel. Pengertian biaya variabel menurut para ahli adalah pengeluaran kas yang sering berubah bergantung pada aktivitas dan volume kegiatan produksi sesuai perencanaan yang telah dilakukan.

Biaya Tetap

Pengertian biaya tetap menurut para ahli adalah pengeluaran kas yang tidak dipengaruhi oleh tingkat aktivitas dan volumen produksi. Jumlah arus kas yang keluar akan tetap sama dan tidak bergantung pada perencanaan yang telah dicantumkan oleh manajer produksi dan manajer pemasaran.

Biaya Campuran

Klasifikasi biaya berdasarkan perilaku biaya melibatkan adanya biaya campuran. Karakteristik perilaku biaya adalah pengeluaran perusahaan selama operasional yang bergantung pada kebijakan bisnis. Metode high low point akan ditentukan oleh kisaran relevan dan horizon waktu per plan produksinya.

Baca Juga: Keterampilan Wajib yang Dimiliki Manajer

Pertanyaan Diskusi Tentang Perilaku Biaya

Pertanyaan diskusi tentang perilaku biaya terdiri dari prosedur penentuan harga pokok produksi. Komitmen manajer produksi untuk pengambilan keputusan jangka panjang dipengaruhi adanya biaya tetap terikat (committed fixed cost) dan biaya tetap diskresioner (discretionary fixed cost) per periode.

Contoh soal uas akuntansi manajemen semester 4 melibatkan adanya pertimbangan kekayaan perusahaan. Sumber daya fleksibel dipengaruhi oleh adanya biaya variabel teknis dan biaya variabel diskresioner. Job order costing, process costing dan just in time memerlukan proyeksi jangka panjang.

Pertanyaan diskusi tentang perilaku biaya melibatkan adanya aktivitas pengendalian biaya, pengestimasian biaya dan pembuatan keputusan bersama. Estimasi biaya merupakan perkiraan aliran kas keluar berdasarkan informasi pembelian dimasa lampau untuk menaksir biaya variabel dan tetap.

Baca Juga: Cara Menentukan Judul Skripsi yang Benar dan Langsung Acc Dosen

Contoh Soal Perilaku Biaya Akuntansi Manajemen

Contoh soal perilaku biaya akuntansi manajemen semester 4 merupakan aktivitas perusahaan menentukan harga pokok produksi atas barang yang diperdagangkan. Mengapa pengetahuan mengenai perilaku biaya sangat penting dalam pengambilan keputusan manajemen sebab adanya aliran kas yang keluar.

Bagaimana cara menentukan sifat-sifat pola perilaku biaya harus didasarkan pada pengambilan keputusan taktis. Klasifikasi biaya berdasarkan perilaku biaya perlu mempertimbangkan segala aktivitas operasional berdasarkan kebijakan standar akuntansi keuangan yang diberlakukan.

Contoh soal perilaku biaya akuntansi manajemen pada semester 4 terjadi saat CV Staff Accounting memiliki biaya variabel per unit sebesar Rp 900 dan biaya tetap per bulan adalah Rp 340.000. Berapakah harga pokok produksi apabila perencanaan produk yang dibuat adalah 400 unit?

Nama BiayaNilai
Jumlah Produksi400 Unit
Biaya variabel per unit Rp 900
Biaya tetap per bulan Rp 340.000
Harga Pokok produksi Rp 700.000

Baca Juga: Kasus Pelanggaran Etika Profesi Akuntan Terbaru

Demikian contoh soal perilaku biaya dan jawabannya dalam materi akuntansi manajemen semester 4. Cara menghitung biaya variabel per unit dan biaya tetap per bulan diperuntukkan agar dapat klasifikasi biaya. Manajemen memerlukan perilaku biaya agar dapat mengambil keputusan secara tepat setiap bulannya.

0 Response to "Contoh Soal Perilaku Biaya dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel