Contoh Soal Akuntansi Pendirian Persekutuan dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal akuntansi pendirian persekutuan dan jawabannya merupakan prosedur pencatatan sistem informasi keuangan atas modal yang disetorkan para sekutu. Firma atau partnership adalah kegiatan usaha bersama untuk menyatukan kepentingan berbagai pihak agar dapat meningkatkan omzet penjualan tahun berjalan.

Contoh soal dan jawaban akuntansi pembentukan firma merupakan sistem pelaksanaan kegiatan administrasi keuangan agar dapat memperhitungkan kinerja keuangan ditahun berjalan. Setiap entitas diwajibkan melaporkan segala informasi atas pemakaian dana kas dan setara kas untuk membayarkan biaya tertentu.

Cara menghitung goodwill dan bonus yang diterima sekutu baru atau sekutu yang keluar dari persekutuan wajib dipertimbangkan dan disesuaikan akta pendirian. Setiap entitas diwajibkan membuat akta perusahaan atau perjanjian kerjasama antar sekutu untuk melindungi hak dan kewajiban yang harus dijalankannya.

Contoh Soal Akuntansi Pendirian Persekutuan dan Jawabannya

Pengertian Persekutuan, Perseroan Komanditer dan Perseroan Terbatas

Pengertian persekutuan menurut para ahli adalah usaha bersama antar para sekutu dimana tanggungjawab atas hutang eksternal tidak terbatas pada harta yang disetorkan, melainkan akan dikenakan sampai harta pribadinya. Firma atau partnership merupakan organisasi yang mudah dibubarkan karena memiliki usia terbatas.

Pengertian perseroan komanditer adalah usaha bersama yang dibagi antara sekutu aktif dan sekutu pasif. Sekutu aktif adalah anggota yang terlibat langsung dalam kegiatan organisasi untuk mendatangkan keuntungan. Contoh soal akuntansi pendirian persekutuan dan jawabannya perlu mengikuti siklus akuntansi keuangan lanjutan.

Pengertian perseroan terbatas adalah kegiatan bersama dimana setoran modal para sekutu akan dibagi menjadi beberapa saham. Persentase kepemilikan saham akan melibatkan jumlah dividen yang diterima oleh para sekutu. Perseroan terbatas tidak mudah dibubarkan walaupun berganti kepemilikan secara rutin.

Baca Juga: Contoh Soal Kertas Kerja Audit Pemeriksaan Modal Ekuitas

Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Pendirian Persekutuan Firma

Contoh soal dan jawaban akuntansi pendirian persekutuan firma merupakan aktivitas mendatangkan keuntungan bagi perusahaan. Tujuan partnership adalah menyatukan kepentingan antar sekutu yang memiliki berbagai kelebihan seperti ketenaran nama, modal yang besar bahkan ide bisnis yang cemerlang.

Contoh soal akuntansi pendirian persekutuan hendaknya menyesuaikan materi akuntansi keuangan lanjutan. Pembentukan firma dapat dilakukan oleh anggota yang sudah memiliki usaha atau anggota yang belum memiliki usaha. Perusahaan diwajibkan melaporkan segala aktivitas bisnis tertentu dimasa mendatang.

Contoh soal dan jawaban akuntansi pendirian firma terjadi saat tuan raffi menyetorkan kas senilai Rp 90.000.000, tuan andra menyetorkan kas senilai Rp 80.000.000, tuan billy menyetorkan usaha yang sudah dilakukannya. Berdasarkan laporan posisi keuangan usaha yang dijalankan tuan billy sebagai berikut

Laporan Posisi Keuangan
Persekutuan ABC
31/12/2022
AktivaPassiva
- Kas Rp20.000.000 - Hutang Bank Rp35.000.000
- Piutang Dagang Rp17.500.000 - Hutang lain-lain Rp17.500.000
- Kendaraan Rp22.500.000
- Tanah Rp22.500.000 - Modal C Rp52.500.000
- Bangunan Rp22.500.000
Jumlah Rp 105.000.000 Rp105.000.000

Berdasarkan akta pendirian yang disepakati, harta tuan billy akan dilakukan penyesuaikan. Adapun informasi penyesuaian harta awal periode adalah

  1. Piutang hanya diakui sebesar 90%
  2. Kendaraan mengalami kenaikan harga sebesar 10%
  3. Tuan billy diwajibkan melunasi hutang lain-lain sebelum operasional dijalankan

Baca Juga: Cara Input Penerimaan Barang di Accurate Online dan Desktop 5

Cara Membuat Jurnal Pembentukan Persekutuan bagi Sekutu yang Memiliki Usaha

Cara membuat jurnal pembentukan persekutuan bagi sekutu yang memiliki usaha bertujuan agar kekayaan yang disetorkan dapat dinilai sesuai keadaan yang sebenarnya. Pendirian firma dapat menggunakan buku baru atau melanjutkan buku usaha salah seorang dari anggota persekutuan tersebut.

Contoh soal akuntansi pendirian persekutuan bagi anggota sekutu yang sudah memiliki usaha diawali dengan menyetorkan laporan posisi keuangan dan hasil kesepakatan nilai wajar akun tersebut. Nilai wajar adalah harga sekarang dari akun yang ada di laporan posisi keuangan sesuai tanggal periode pemeriksaan.

Cara membuat jurnal pembentukan persekutuan wajib dijadikan dasar pengambilan keputusan taktis. Setoran modal berupa kas akan dinilai sesuai nilai setoran, setoran modal berupa aktiva non kas dinilai sesuai nilai wajarnya. Adapun jurnal akuntansi pendirian firma yang harus dibuat oleh entitas adalah

Tanggal Keterangan Debit Kredit
01/01/2023 Kas Rp 94.000.000
Modal Raffi Rp90.000.000
Modal Andra Rp80.000.000
01/01/2023 Kendaraan Rp2.250.000
Hutang Lain-Lain Rp 17.500.000
Modal C Rp18.000.000
Piutang Rp 1.750.000

Baca Juga: Cara Menghitung Goodwill dan Bonus dalam Persekutuan

Demikian contoh soal akuntansi pendirian persekutuan dan jawabannya dalam materi akuntansi keuangan lanjutan. Praktikum akuntansi keuangan akan melibatkan pencatatan jurnal umum atas transaksi yang dilakukan perusahaan pertanggal dan melibatkan aliran dana kas keluar dan kas masuk.

0 Response to "Contoh Soal Akuntansi Pendirian Persekutuan dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel