Cara Menghitung Unit Ekuivalen Metode Fifo dan Rata-Rata Tertimbang

Konten [Tampil]

Cara menghitung unit ekuivalen metode fifo dan rata-rata tertimbang merupakan prosedur yang diperuntukkan bagi perusahaan dalam rangka mengelola informasi harga pokok produksi. Job order costing dan process costing harus melibatkan kartu biaya pesanan untuk pemakaian aliran kas keluar perusahaan.

Bagaimana cara menghitung unit ekuivalen lebih dari satu departemen melalui sistem perhitungan biaya berdasarkan proses dan pesanan harus dapat diaplikasikan sesuai kebutuhan perusahaan. Biaya produksi per unit produk adalah total biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk tiap barang yang berhasil diciptakannya.

Sistem perhitungan biaya berdasarkan proses dan pesanan merupakan sistem yang diperuntukkan memperhitungkan total biaya yang dikeluarkan perusahaan setiap kali proses produksi dilaksanakan. Process costing akan melangsungkan kegiatan produksi untuk produk dengan spesifikasi yang sama.

Cara Menghitung Unit Ekuivalen Metode Fifo dan Rata-Rata Tertimbang

Apa itu Jumlah Unit Ekuivalen?

Pengertian jumlah unit ekuivalen adalah total hasil produksi yang diciptakan perusahaan sebagai upaya mempublikasikan laporan posisi keuangan tahunannya. Ciri-ciri metode harga pokok proses adalah penentuan biaya produk akan dilaksanakan disaat kegiatan produksi selesai dan diakumulasikan untuk tiap departemen.

Cara menghitung unit ekuivalen untuk tiap unsur biaya produksi akan mempertimbangkan sebagian besar kekayaan perusahaan untuk perencanaan produksi. Pengertian laporan biaya produksi adalah informasi yang dikumpulkan, diikhtisarkan dan dihitung atas seluruh pemakaian arus kas antar departemen di perusahaan.

Contoh soal dan jawaban laporan biaya produksi 2 departemen menjadi salah satu materi akuntansi biaya. Just in time dan backflush costing dapat diberlakukan untuk setiap pemakaian dana perusahaan. Aliran proses produksi bertujuan agar dapat menyakinkan manajer produksi tentang formula produksi yang dihasilkannya.

Baca Juga: Pertanyaan Diskusi Tentang Laporan Biaya Produksi Akuntansi Biaya

Bagaimanakah Cara Menghitung Biaya Produksi dalam Perusahaan Manufaktur

Bagaimana menghitung biaya produksi dalam perusahaan manufaktur merupakan prosedur yang dilalui perusahaan dalam memakai setiap persediaan bahan baku dan barang setengah jadi untuk menghasilkan barang yang dapat diperdagangkan dengan tujuan memperoleh keuntungan saat diperdagangkannya.

Contoh soal laporan biaya produksi 2 departemen merupakan informasi perihal process costing yang dilakukan perusahaan. Sistem harga pokok proses digunakan untuk perusahaan yang melaksanakan kegiatan produksi secara masal dan hanya memiliki satu spesifikasi produk serta standar produk yang dihasilkannya.

Cara menghitung unit ekuivalen metode fifo dan metode rata-rata tertimbang merupakan materi akuntansi biaya untuk perusahaan manufaktur. Membuat laporan biaya produksi yang diperlukan setiap departemen akan mempercepat proses penentuan nilai transfer pricing antar perusahaan berafiliasi.

Baca Juga: Karakteristik Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Proses

Cara Menghitung Unit Ekuivalen untuk Tiap Unsur Biaya Produksi

Unit ekuivalen produksi adalah jumlah barang yang berhasil diciptakan melalui kegiatan perubahan bahan baku menjadi barang sesuai perencanaan produk. Karakteristik process costing adalah perusahaan hanya akan menghitung harga pokok produksi setiap kali perencanaan produk di buat yaitu berdasarkan nomor batch.

Apa itu jumlah unit ekuivalen adalah hasil produksi yang diciptakan oleh perusahaan selama kegiatannya berlangsung. Sistem harga pokok proses digunakan untuk perusahaan yang menyelenggarakan kegiatan produksi secara terus menerus berdasarkan produk yang homogen atau sesuai standar.

Contoh soal laporan biaya produksi terjadi pada PT Masraffi yang merencanakan produksi barang sebanyak 70.000 dimana 65.000 sudah selesai dan 5.000 sudah menggunakan bahan baku 100% dan biaya konversi 70%. Bagaimana cara menghitung unit ekuivalen untuk kegiatan produksi apabila biaya bahan baku senilai Rp 80.000.000, biaya tenaga kerja langsung Rp 40.000.000 dan biaya overhead pabrik senilai Rp 12.000.000?

Keterangan Nilai Unit EkuivalenTotal Biaya
Bahan Baku 100%Biaya Konversi 70%
Biaya Bahan Baku Rp 80.000.000 70000 Rp 1.143
Biaya tenaga Kerja Rp 40.000.000 68500 Rp 584
Biaya Overhead pabrik Rp 12.000.000 68500 Rp 175
Harga Pokok Produksi Rp 1.902

Baca Juga: Pengertian Process Costing Menurut Para Ahli

Demikian cara menghitung unit ekuivalen metode fifo dan metode rata-rata tertimbang dalam laporan biaya produksi. Akuntansi biaya adalah cabang akuntansi yang mempelajari perhitungan harga pokok produksi di berbagai jenis entitas seperti perusahaan dagang, jasa dan manufaktur yang berstatus sebagai pengusaha kena pajak.

0 Response to "Cara Menghitung Unit Ekuivalen Metode Fifo dan Rata-Rata Tertimbang"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel