Cara Menghitung Selisih BOP Aktual dan BOP Dibebankan

Konten [Tampil]

Cara menghitung selisih bop aktual dan bop dibebankan adalah prosedur yang dilalui perusahaan manufaktur dalam rangka mengetahui penyimpangan pengeluaran kas perusahaan dalam membuat produk jadi. Selisih bop adalah ketidaksesuaian kas yang dikeluarkan akibat kesalahan proses dan perencanaan produksi.

Langkah-langkah menentukan tarif biaya overhead pabrik sesungguhnya adalah menyusun anggaran bop, menetapkan dasar pembebanan biaya ke produk jadi dan menghitung total tarif bop. Contoh perhitungan tarif bop aktual dan bop dibebankan menjadi dasar dalam sistem perhitungan biaya berdasarkan proses dan pesanan.

Contoh soal cara menghitung tarif biaya overhead pabrik dalam akuntansi biaya dapat dipergunakan bagi perusahaan manufaktur agar dapat melanjutkan kegiatan produksi. Perusahaan dapat menetapkan macam-macam biaya yang diakui sebagai penambah biaya produksi dan pengurang pendapatan kena pajak tertentu.

Cara Menghitung Selisih BOP Aktual dan BOP Dibebankan

Apa itu BOP Sesungguhnya dan BOP Dibebankan

Pengertian bop aktual adalah biaya overhead pabrik yang sesungguhnya dikorbankan perusahaan dalam rangka menciptakan barang jadi sesuai kartu pemesanan produk. Departementalisasi biaya biaya overhead pabrik dapat diciptakan agar masing-masing divisi dalam melakukan penghematan anggaran perusahaan.

Pengertian bop dibebankan adalah anggaran biaya overhead pabrik yang diciptakan perusahaan dalam rangka mengalokasikan kekayaannya. Elemen apa saja yang dibutuhkan dalam metode penentuan harga pokok produksi adalah setiap pengeluaran perusahaan untuk mengerjakan sistem informasi perpajakannya.

Perbedaan BOP aktual dan BOP dibebankan terletak pada pemakaian dana perusahaan untuk menjalankan kegiatan produksi melalui job order costing atau process costing. Karakteristik biaya dan beban terletak pada pemakaian dana sekarang atau dimasa mendatang yang berakibat pada penurunan laba ditahan perusahaan.

Baca Juga: Contoh Perhitungan Backflush Costing dan Jawabannya

Contoh Soal Cara Menghitung Tarif Biaya Overhead Pabrik Brainly

Contoh soal cara menghitung tarif biaya overhead pabrik brainly perlu dipertimbangkan sebagai langkah perusahaan dalam melaksanakan pembebanan biaya. Karakteristik sistem perhitungan biaya berdasarkan proses dan pesanan terletak pada ketersediaan barang yang dipesan pelanggan saat purchase order diterima.

Selisih biaya overhead pabrik dapat dianalisis menjadi dua macam selisih yaitu biaya tenaga kerja tidak langsung dan biaya bahan penolong. Job order costing dan process costing dapat dijalankan sebagai upaya perusahaan mendistribusikan kekayaannya untuk mengerjakan kewajiban perpajakannya.

Cara menghitung selisih bop aktual dan bop dibebankan terjadi ketika PT Masraffi melakukan job order costing. Adapun anggaran biaya overhead pabrik yang disepakati adalah Rp 50.000.000. Sementara, proses produksi memerlukan bop aktual bahan baku senilai Rp 46.000.000 dan bop aktual tenaga kerja senilai Rp 9.000.000. Bagaimana jurnal pengakuan selisih biaya overhead pabrik yang ditimbulkan?

Baca Juga: Pengertian, Konsep dan Peranan Akuntansi Biaya

Cara Menghitung BOP Sesungguhnya dan BOP Dibebankan

Cara menghitung bop sesungguhnya dan bop dibebankan terletak pada kemampuan perusahaan untuk mengaplikasikan anggaran sesuai keadaan yang sebenarnya. Cara mengontrol biaya overhead agar meminimalisir selisih bop adalah mengurangi pemakaian kas yang tidak sesuai peruntukkan produksi.

Rumus perhitungan biaya overhead pabrik sesungguhnya adalah menjumlah total pengeluaran perusahaan yang diaplikasikan ke dalam prosedur perpajakannya. Penyebab timbulnya selisih bop adalah kenaikan harga bahan baku dari supplier dan regulasi tentang upah dan gaji yang dikeluarkan pemerintah.

Cara menghitung selisih bop aktual dan bop dibebankan akan menghasilkan nilai variance. Selisih bop akan diakui sebagai penambah dan pengurang harga pokok produksi. HPP dan selisih rugi mata uang asing dapat diakui sebagai pengurang pendapatan kena pajak tanpa melalui koreksi fiskal yang dilakukannya.

Baca Juga: Contoh Soal Just In Time dan Jawabannya

Demikian cara menghitung selisih bop aktual dan bop dibebankan dalam job order costing dan process costing. Akuntansi biaya adalah cabang akuntansi yang berperan menentukan kualitas pembiayaan pesanan yang dilakukan perusahaan dalam rangka menghitung harga pokok produksi dan nilai persediaan akhir.

0 Response to "Cara Menghitung Selisih BOP Aktual dan BOP Dibebankan"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel