Pengertian dan Contoh Soal Perhitungan Job Order Costing

Konten [Tampil]

Pengertian dan contoh soal perhitungan job order costing atau sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan merupakan prosedur penetapan harga pokok produksi berdasarkan pada surat pesanan yang telah masuk. Pelanggan dapat meminta barang jadi sesuai spesifikasi yang dikehendakinya untuk menyesuaikan kebutuhan pemasaran.

Contoh soal sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan melibatkan seluruh biaya produksi yang dikeluarkan perusahaan. Perusahaan diperkenankan mengeluarkan sejumlah biaya untuk dibebankan ke proses produksi selama dapat meyakinkan para pemegang saham berkaitan dengan ketepatan asersi manajemen.

Contoh perhitungan job order costing dan process costing memudahkan perusahaan dalam menciptakan barang jadi. Setiap entitas diperkenankan mengakui bahan baku, tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik sebagai bahan produksi untuk menurunkan jumlah setoran pajak penghasilan setiap tahunnya.

Pengertian dan Contoh Soal Perhitungan Job Order Costing

Apa yang Dimaksud Job Order Costing dalam Akuntansi

Apa yang dimaksud job order costing dalam akuntansi adalah proses pembebanan biaya secara full costing ke dalam kartu biaya pesanan. Sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan mengakibatkan entitas harus menyesuaikan kualitas dan kuantitas barang sesuai surat order yang diterbitkan pembeli dan termin pembayarannya.

Pengertian job order costing dalam akuntansi biaya adalah sistem pencatatan bukti transaksi atas pemakaian bahan baku, pembayaran gaji karyawan dan penggunaan bahan penolong atas permintaan pembuatan barang jadi sesuai spesifikasi yang diminta oleh pelanggan selama kegiatan negosiasi dijalankan.

Pengertian dan contoh soal perhitungan job order costing dapat mempergunakan persamaan dasar akuntansi dalam menghitung selisih kas kecil. Biaya overhead pabrik dibebankan dan biaya overhead pabrik aktual akan menyakinkan para pemegang saham perihal kejayaan perusahaan dimasa mendatang.

Baca Juga: Contoh Kasus Audit Hutang Jangka Pendek dan Jawabannya

Contoh Perhitungan Job Order Costing dan Process Costing

Contoh perhitungan job order costing dan process costing akan mempermudah seseorang dalam menciptakan barang jadi. Setiap entitas diharapkan dapat memperhitungkan biaya produksi secara normal dengan metode penilaian persediaan berdasarkan metode fifo atau rata-rata tertimbang sesuai perencanaan pajak.

Contoh perhitungan sederhana untuk job order costing mengakibatkan entitas dapat melaporkan seluruh transaksi keuangan secara wajar. Biaya terdiri dari biaya pemasaran, cost of good sales dan biaya administrasi. Laba didapatkan ketika entitas memperoleh penghasilan lebih tinggi daripada biaya yang dikeluarkan.

Contoh soal sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan terjadi saat PT Masraffi mengadakan kerjasama pembuatan produk dengan mengeluarkan bahan baku senilai Rp 55.000.000 dan membayar gaji karyawan senilai Rp 24.000.000. BOP dibebankan dianggarkan senilai 20% dari pemakaian bahan baku. Apabila BOP aktual yang terjadi senilai Rp 25% dari pengeluaran biaya produk, bagaimana jurnal akuntansi yang harus dibuat?

Baca Juga: Contoh Kasus Pemeriksaan Perkiraan Laba Rugi

Kelebihan Job Order Costing dibandingkan Process Costing

Pengertian dan contoh soal perhitungan job order costing tentu memiliki kelebihan dibandingkan process costing. Keunggulan sistem perhitungan biaya berdasarkan proses adalah entitas tidak perlu mengajukan perpanjangan kontrak kerja dengan tenaga kerja karena didasarkan hanya pada surat pesanan yang masuk.

Kelebihan job order costing adalah memperbanyak kemungkinan perusahaan mendapatkan surat pesanan dari pelanggan. Para pesaing yang tidak mengajukan surat pesanan berakibat pada tertundanya proses pencatatan sistem informasi keuangan yang mengakibatkan tertundanya proses pengiriman barang jadi.

Process costing bertujuan agar perusahaan dapat memperkecil biaya produksi dengan menciptakan barang secara masal dengan kualitas yang sama. Process costing akan mengakibatkan entitas melaporkan total penghasilan lebih besar dikarenakan hpp menurun saat proses produksi diselenggarakan secara masal.

Baca Juga: Contoh Soal Pembebanan Biaya Produksi dan Jawabannya

Demikian pengertian dan contoh soal perhitungan job order costing atau sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan sesuai permintaan dari pelanggan. Perusahaan yang mampu melayani pelanggan akan memperbesar peluang pelanggan kembali melakukan order dimasa mendatang sesuai termin pembayarannya.

0 Response to "Pengertian dan Contoh Soal Perhitungan Job Order Costing"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel