Contoh Soal Pemeriksaan Atas Perkiraan Laba Rugi dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal pemeriksaan atas perkiraan laba rugi dan jawabannya merupakan prosedur perusahaan mengalokasikan perhitungan pendapatan dan beban. Profit and loss accounts merupakan informasi perihal pendapatan operasi, harga pokok penjualan, beban operasi dan informasi kinerja keuangan satu periode.

Pertanyaan tentang audit atas perkiraan pendapatan dan beban terdiri dari informasi perihal keuntungan dan kerugian. Pendapatan diukur berdasarkan nilai wajar yang diterima saat penyerahan kas dan setara kas sebagai imbal balik atas barang dan jasa yang telah dialokasikan ke perusahaan sesuai surat pesanan pelanggan.

Internal control yang baik untuk pemeriksaan atas perkiraan laba rugi harus diwujudkan perusahaan untuk mengalokasikan sistem informasi perpajakan. Setiap pendapatan yang diperoleh perusahaan akan dikenakan pajak penghasilan sesuai subjek pajak dan objek pajak berlaku berdasarkan ketentuan umum perpajakan.

Contoh Soal Pemeriksaan Atas Perkiraan Laba Rugi dan Jawabannya

Tujuan Pemeriksaan Terhadap Perkiraan Laba Rugi

Tujuan pemeriksaan terhadap perkiraan laba rugi adalah memastikan perusahaan memperoleh tagihan sesuai dasar pengenaan pajak. Mengapa perlu konfirmasi piutang dan hutang dikarenakan entitas wajib mengatribusikan seluruh kekayaannya agar dapat memprioritaskan pembayaran sesuai target yang ditentukan.

Tujuan pemeriksaan terhadap perkiraan laba rugi adalah memastikan pendapatan dan beban dicatat dibuku perusahaan dan benar-benar merupakan biaya dan penghasilan bagi perusahaan disuatu periode. Entitas perlu membandingkan rasio profitabilitas dan likuiditas sesuai laporan posisi keuangan tahun selanjutnya.

Contoh soal pemeriksaan atas perkiraan laba rugi dan jawabannya merupakan materi pengauditan berbasis komputer. Pengertian cut-off adalah waktu yang ditetapkan oleh perusahaan dalam menerapkan prinsip akuntansi yaitu perbandingan antara pendapatan dan beban atau match cost again revenue yang terjadi.

Baca Juga: Contoh Soal Perilaku Biaya dan Jawabannya

Pertanyaan Tentang Audit Pemeriksaan Pendapatan dan Beban

Pertanyaan tentang audit pemeriksaan pendapatan dan beban akan diaplikasikan berdasarkan informasi perpajakan di perusahaan. Pengertian audit adalah proses penilaian kewajaran laporan posisi keuangan berdasarkan standar audit yang berlaku agar dapat menyesuaikan tingkat perkembangan di perusahaannya.

Pertanyaan tentang audit pemeriksaan atas perkiraan laba rugi bertujuan untuk memaksimalkan omzet penjualan ditahun berjalan. Sebutkan internal control yang baik untuk pemeriksaan pendapatan dan beban harus dibuatkan kertas kerja pemeriksaan guna mempermudah prosedur koreksi perhitungan.

Contoh soal pemeriksaan atas perkiraan laba rugi dan jawabannya merupakan prosedur sistem informasi akuntansi. Kenapa auditor perlu melakukan konfirmasi kepada penasihat hukum perusahaan dikarenakan adanya jumlah modal disetor, modal ditanam dan modal dicatat berdasarkan akta pendirian entitas.

Baca Juga: Audit Prosedur yang Disarankan atas Perkiraan Laba Rugi

Contoh Kasus Audit Pemeriksaan Perkiraan Laba Rugi

Contoh kasus audit pemeriksaan perkiraan laba rugi terdiri dari informasi perihal harga pokok produksi, biaya operasional dan administrasi, pendapatan dan informasi kinerja keuangan lainnya. Setiap perkembangan perusahaan harus didasarkan pada penciptaan aliran penghasilan sesuai estimasinya.

Sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemeriksaan atas perkiraan laba rugi haruslah dapat mencerminkan kondisi keuangan perusahaan. Sistem pengendalian internal beban dan pendapatan wajib diselenggarakan secara maksimal agar keuntungan dan kerugian sesuai kegiatan administrasinya.

Contoh soal pemeriksaan atas perkiraan laba rugi terjadi ketika PT Masraffi memperoleh laba senilai Rp 49.000.000. Berdasarkan audit dari kantor akuntan publik, terdapat informasi perihal kesalahan pencatatan biaya air sebesar Rp 800.000 sebagai biaya bahan baku. Bagaimana jurnal penyesuaian yang harus dibuat?

Baca Juga: Contoh Soal Audit Kas dan Setara Kas

Demikian contoh soal pemeriksaan atas perkiraan laba rugi dan jawabannya merupakan dasar bagi entitas menetapkan standar akuntansi keuangan. Pendapatan, biaya administrasi dan biaya operasional merupakan item-item yang dilaporkan pada laporan laba rugi komprehensif selama satu periode.

0 Response to "Contoh Soal Pemeriksaan Atas Perkiraan Laba Rugi dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel