Langkah-Langkah Membuat Jurnal Penutup Perusahaan Jasa, Dagang dan Manufaktur

Konten [Tampil]

Langkah-langkah membuat jurnal penutup perusahaan jasa, dagang dan manufaktur merupakan aktivitas perusahaan untuk menciptakan laporan laba rugi. Laporan laba rugi memerlukan akun nominal untuk menampung sementara transaksi berkaitan dengan penerimaan kas dan pembayaran kas untuk operasionalnya.

Contoh soal dan jawaban jurnal penutup perusahaan manufaktur memerlukan informasi perihal akun nominal dan akun riil. Perbedaan jurnal penutup perusahaan jasa dan dagang terletak pada penjabaran dari aktivitas penerimaan kas dan pengeluaran kas. Pendapatan dan biaya menjadi komponen utama jurnal penutup.

Cara membuat jurnal penutup perusahaan jasa, dagang dan manufaktur dapat dijalankan untuk menjadi komponen utama perusahaan. Setiap kekayaan perusahaan ditujukan agar seluruh pengeluaran perusahaan dapat didasarkan pada tujuan terciptanya pendapatan kena pajak dan pelaporan pajak penghasilan tahunannya.

Langkah-Langkah Membuat Jurnal Penutup Perusahaan Jasa, Dagang dan Manufaktur

Pengertian dan Tujuan Jurnal Penutup

Pengertian dan tujuan jurnal penutup harus diketahui oleh staff accounting dan manajer keuangan agar dapat diambil informasi keuangan selama satu periode. Pendapatan dan biaya merupakan komponen perhitungan kinerja keuangan atas setoran modal dari para sekutu yang terlibat bisnis di perusahaannya.

Pengertian jurnal penutup menurut para ahli adalah jurnal untuk membalik akun nominal perusahaan selama satu periode. Akun nominal bersifat sementara artinya hanya digunakan selama satu periode. Akun nominal bertujuan untuk memperhitungan laba dan rugi yang didapatkan dari alokasi kas dan setara kasnya.

Tujuan jurnal penutup adalah mengurangi saldo pendapatan dan biaya untuk merubahnya menjadi komponen laba atau rugi satu periode. Laba ditahan adalah akun untuk mencatat setiap penambahan kekayaan perusahaan ketika memperoleh keuntungan dan kerugian selama aktivitas bisnis dijalankannya.

Baca Juga: Cara Mencatat Revaluasi Aktiva Tetap dan Jawabannya

Langkah-Langkah Membuat Jurnal Penutup Perusahaan Jasa dan Dagang

  1. Perusahaan perlu memperhitungkan pendapatan dan biaya selama satu periode
  2. Menentukan batas waktu transaksi diselenggarakan misalnya 1 tahun, 1 bulan, 6 bulan
  3. Buat jurnal penutup dengan membalik total pendapatan dan biaya perusahaan
  4. Pertimbangkan apakah pemegang saham pernah mengambil kembali setoran modalnya
  5. Siapkan akun prive untuk dibalik dengan akun modal perusahaan
  6. Bandingkan akun ikhtisar laba rugi untuk menentukan keuntungan atau kerugian

Perbedaan Jurnal Penutup Perusahaan Jasa dan Dagang

Perbedaan jurnal penutup perusahaan jasa dan dagang terletak pada aktivitas bisnis yang dijalankan untuk menciptakan aliran pendapatan dan biaya. Perusahaan jasa adalah entitas yang menciptakan pendapatan dari pemberian jasa kepada pelanggan sesuai kapabilitas dan pemesanan yang dilakukannya.

Langkah-langkah membuat jurnal penutup perusahaan jasa, dagang dan manufaktur harus dapat menentukan total nilai dari komponennya. Isi jurnal penutup adalah akun pendapatan, akun biaya dan akun prive. Akun nominal akan menunjukkan total pengeluaran perusahaan selama operasionalnya dilaksanakan.

Baca Juga: Pengertian dan Contoh Perusahaan di Indonesia

Contoh Soal dan Jawaban Jurnal Penutup Perusahaan Manufaktur

Contoh soal dan jawaban jurnal penutup perusahaan manufaktur dan jawabannya berguna untuk menentukan kualitas dari upaya menghasilkan keuntungan. Return on investment dan return on asset menjadi tujuan dari pemegang saham mau menyetorkan sumber daya keuangannya selama operasional berjalan.

Contoh soal jurnal penutup perusahaan manufaktur dan jawabannya diberlakukan untuk menciptakan aliran keuangan yang stabil. Akun apa saja yang harus ditutup pada akhir periode bergantung pada kebijakan perusahaan. Penilaian kinerja keuangan didasarkan pada penerimaan kas dan pengeluaran kas.

Contoh soal jurnal penutup dan jurnal pembalik terjadi ketika PT Masraffi memperoleh pendapatan senilai Rp 53.000.000, biaya sebesar Rp 24.000.000 dan prive senilai Rp 400.000. Bagaimana langkah-langkah membuat jurnal penutup perusahaan jasa, dagang dan manufaktur sesuai standar akuntansi keuangan?

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2022Pendapatan Rp 53.000.000
Ikhtisar Laba Rugi Rp 53.000.000
(Menutup akun pendapatan)
31/12/2022Ikhtisar Laba Rugi Rp 24.000.000
Beban Rp 24.000.000
(Menutup akun biaya)
31/12/2022Ikhtisar Laba Rugi Rp 29.000.000
Modal Saham Rp 29.000.000
(Alokasi Laba ke modal)
31/12/2022Modal Saham Rp 400.000
Prive Rp 400.000
(menutup akun prive)

Baca Juga: Contoh Soal Analisis Bukti Transaksi dan Jurnal Umum

Demikian langkah-langkah membuat jurnal penutup perusahaan jasa, dagang dan manufaktur dalam akuntansi pengantar dan akuntansi keuangan menengah. Setiap penghasilan merupakan indikasi adanya penambahan manfaat ekonomis yang didapatkan perusahaan untuk menciptakan faktur pajak keluaran.

0 Response to "Langkah-Langkah Membuat Jurnal Penutup Perusahaan Jasa, Dagang dan Manufaktur"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel