Perbedaan Beban Sewa dan Sewa Dibayar Dimuka

Konten [Tampil]

Perbedaan beban sewa dan sewa dibayar dimuka akan melibatkan penggunaan akun nominal dan akun riil dalam melaporkan kondisi keuangan perusahaan. Biaya dibayar dimuka dan biaya yang masih harus dibayar menjadi jurnal penyesuaian diakhir periode yang wajib dibuat oleh perusahaan sebelum neraca saldo diterbitkan.

Contoh soal ayat jurnal penyesuaian sewa dibayar dimuka termasuk akun aktiva. Aktiva adalah segala kekayaan perusahaan yang dibeli melalui modal pemegang saham dan pinjaman pihak ketiga. Sewa dibayar dimuka termasuk kredit atau debit bergantung pada asersi manajemen dalam mengklasifikasikan transaksi keuangan.

Contoh kasus jurnal penyesuaian beban sewa menjadi pembebanan biaya overhead pabrik selama satu periode. Biaya produk terdiri dari biaya bahan baku dan biaya konversi. Biaya overhead pabrik akan memaksimalkan keuntungan yang didapatkan perusahaan ketika membuat produk sesuai spesifikasinya.

Perbedaan Beban Sewa dan Sewa Dibayar Dimuka

Pengertian Beban Sewa dan Sewa Dibayar Dimuka

Pengertian beban sewa menurut para ahli adalah biaya yang harus ditanggung perusahaan akibat penggunaan aktiva tetap milik pihak ketiga. Beban sewa termasuk akun biaya dan akun nominal dimana akun akan dihentikan secara sementara ketika menyusun neraca saldo setelah penutupan dan jurnal pembalik.

Pengertian sewa dibayar dimuka menurut para ahli adalah pengeluaran perusahaan yang dibayarkan sekaligus untuk penggunaan aktiva tetap selama beberapa periode yang disepakati. PPh pasal 4 ayat 2 atas sewa tanah dan bangunan akan mengatur berapakah pajak penghasilan yang harus dipungut dari aktivitas sewa.

Perbedaan beban sewa dan sewa dibayar dimuka terletak pada periode pengakuan aset dan biaya dalam laporan keuangan. Beban sewa diakui sebagai biaya periode berjalan menyesuaikan jangka waktu pembayaran tagihannya. Sewa dibayar dimuka termasuk kredit atau debit bergantung pada pelunasan tagihan yang jatuh tempo.

Baca Juga: Cara Menentukan Harga Perolehan Aktiva Tetap Berwujud

Contoh Soal Sewa Dibayar Dimuka dan Beban Sewa

Contoh soal sewa dibayar dimuka dan beban sewa harus diungkapkan penggunaannya dalam catatan atas laporan posisi keuangan. Jurnal penyesuaian adalah jurnal untuk mengakui penggunaan aset selama satu periode bergantung pada kebijakan akuntansi yang diterapkan pada perusahaan tersebut.

Contoh soal jurnal penyesuaian beban sewa harus melibatkan bukti transaksi seperti akta sewa menyewa dan pembayaran tagihannya. Uang muka dan biaya dibayar dimuka memprioritaskan pada jenis aktiva yang ditransaksikan menyesuaikan aturan pernyataan standar akuntansi keuangan perusahaan.

Contoh kasus jurnal penyesuaian sewa dibayar dimuka terjadi pada PT Masraffi yang menyewa tanah seharga Rp 51.200.000 selama 1 tahun. Kesepakatan pembayaran dilaksanakan pada bulan agustus secara tunai. Buatlah jurnal pembayaran sewa dan jurnal penyesuaian beban sewa diakhir periode akuntansi?

Tanggal Keterangan Debit Kredit
01/08/2021Sewa Dibayar Dimuka Rp 51.200.000
Beban PPh Pasal 4 Ayat 2 Rp 5.120.000
Kas Rp 56.320.000
(Jurnal Pembayaran Sewa)
31/12/2021Beban Sewa Rp 17.066.667
Sewa Dibayar dimuka Rp 17.066.667
(Jurnal Penyesuaian Beban Sewa

Baca Juga: Contoh Kasus Penghentian Pemakaian Aset Tetap

Cara Menyusun Jurnal Penyesuaian Sewa Dibayar Dimuka dan Beban Sewa

Cara menyusun jurnal penyesuaian sewa dibayar dimuka dan beban sewa memiliki persamaan yaitu harus mengetahui jangka waktu transaksi melalui akta sewa menyewa. Pembayaran pph pasal 4 ayat 2 atas sewa tanah dan bangunan harus diselenggarakan maksimal tanggal 10 bulan berikutnya sesuai aturan perpajakan.

Contoh hal-hal yang perlu disesuaikan dalam ayat jurnal perusahaan dagang dan jasa melibatkan biaya dibayar dimuka. Perbedaan beban sewa dan sewa dibayar dimuka harus dapat dialokasikan untuk mencegah terjadinya pembayaran kedua kalinya untuk transaksi yang sama. Kertas kerja pemeriksaan dibuktikan dengan top schedule dan supporting schedule.

Contoh soal biaya dibayar dimuka menjadikan transaksi sewa menyewa sebagai objek pajak penghasilan. Tarif pph pasal 4 ayat 2 atas sewa tanah dan bangunan sebesar 10% dari dasar pengenaan pajak. Adapun jurnal penyesuaian beban sewa yang diakui perusahaan ketika membayarkan transaksi adalah

Tanggal Keterangan Debit Kredit
01/08/2021Beban Sewa Rp 51.200.000
Beban PPh Pasal 4 Ayat 2 Rp 5.120.000
Kas Rp 56.320.000
(Jurnal Pembayaran Sewa)
31/12/2021Sewa Dibayar Dimuka Rp 34.133.333
Beban Sewa Rp 34.133.333
(Jurnal Penyesuaian Beban Sewa

Baca Juga: Contoh Soal Biaya Kualitas dan Produktivitas

Demikian perbedaan beban sewa dan sewa dibayar dimuka dalam materi akuntansi keuangan menengah dan perpajakan. Objek pajak penghasilan atas biaya dibayar dimuka harus dipungut dan disetorkan ke kas negara oleh pihak yang memberikan penghasilan atas sewa tanah dan bangunan tersebut.

0 Response to "Perbedaan Beban Sewa dan Sewa Dibayar Dimuka"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel