Contoh Soal Saham Treasury Metode Biaya dan Nilai Nominal

Konten [Tampil]

Contoh soal saham treasury metode biaya dan nilai nominal bertujuan agar perusahaan dapat membeli kembali saham yang beredar. Penyebab utama entitas membeli kembali saham yang beredar di pasar modal adalah mengurangi jumlah modal saham dan meningkatkan laba per lembar saham dalam laporan keuangan.

Contoh soal pembelian kembali saham sering disebut dengan istilah treasury stock. Apa yang dimaksud dengan saham treasury dan berikan contohnya akan menimbulkan permasalahan biaya perolehan. Nilai nominal saham adalah harga yang disepakati pemegang saham untuk memperjualbelikan aset sesuai jumlahnya.

Mengapa saham treasury share diperoleh kembali oleh perusahaan namun tidak dimaksudkan untuk ditebus sebab entitas akan membayarkan gaji karyawan dengan berupa pemilikan saham. Saham diperoleh kembali tidak boleh diakui sebagai aktiva atau kekayaan perusahaan melainkan mengurangi jumlah saham beredar.

Contoh Soal Saham Treasury Metode Biaya dan Nilai Nominal

Penyebab Perusahaan Membeli Kembali Saham yang Beredar

Penyebab perusahaan membeli kembali saham yang beredar dikarenakan entitas ingin mendorong agar karyawan menjadi bagian dari pemilikan perusahaan. Saham adalah penyertaan modal seseorang untuk menjalankan aktivitas operasional entitas selain pinjaman jangka panjang dan pendek milik pihak ketiga.

Pengertian saham treasury menurut para ahli adalah saham yang telah diterbitkan oleh entitas dimasa lampau tetapi dibeli kembali dengan harga tertentu. Mengapa perusahaan membeli kembali saham yang beredar sebab entitas harus dapat mempertahankan hak kontrol induk perusahaan terhadap hak minoritas anak perusahaan.

Treasury stock tidak berhak atas pembagian dividen dikarenakan akan terlihat aneh apabila perusahaan membayarkan dividen kepada dirinya sendiri. Metode pencatatan saham yang diperoleh kembali terdiri dari metode biaya dan metode nilai nominal bergantung pada pemilikan saham sesuai presentase hak kontrolnya.

Baca Juga: Apa itu Agio dan Disagio Saham Biasa

Contoh Soal Perhitungan Saham Treasury dan Jawabannya

Contoh soal perhitungan perhitungan saham treasury metode biaya dan nilai nominal akan berpengaruh terhadap pemilikan hak kontrol induk perusahaan. Akuntansi modal saham dan laba ditahan mewajibkan entitas dapat mempertanggungjawabkan setiap ekuitas yang dikeluarkan untuk aktivitas bisnis.

Contoh soal saham yang diperoleh kembali (treasury stock) menggunakan metode nilai nominal dan metode biaya harus diungkapkan pada catatan atas laporan posisi keuangan. Perlakuan saham treasury adalah mencatatnya saham yang diperoleh kembali dengan saldo debet dan mengkredit kas atau setara kas.

Contoh soal treasury stock terjadi pada PT Masraffi yang menebitkan saham sebanyak 1000lot dengan nilai nominal Rp 13.200. Saham dapat diperjualbelikan dengan nilai wajar sebesar Rp 14.000. Pada akhir tahun, PT Masraffi menarik kembali saham yang beredar sebanyak 120lot dengan harga Rp 14.200. Buatlah jurnal mencatat penjualan saham dan penarikan saham kembali?

Baca Juga: Contoh Perhitungan Stock Split Saham Biasa dan Preferen

Contoh Perhitungan Pembelian Kembali Saham Beredar

Contoh perhitungan pembelian kembali saham beredar mewajibkan entitas dapat membayarkan sejumlah aset tertentu dalam laporan keuangan. Saham treasury mempengaruhi ekuitas perusahaan karena akan menimbulkan permasalahan dalam perhitungan nilai nominal saham yang telah diperjualbelikan.

Kenapa treasury stock tidak berhak menerima pembagian dividen? sebab perusahaan tidak mungkin membagi dividen kepada dirinya sendiri selaku pemilik saham. Perlakuan akuntansi keuangan menengah terhadap modal saham dan laba ditahan bertujuan agar mengurangi agio dan disagio saham tersebut.

Contoh perhitungan pembelian kembali saham beredar metode biaya dan metode nilai nominal akan menentukan sejauh mana keuntungan perusahaan ketika berjualan saham biasa dan saham preferen. Adapun langkah-langkah menghitung agio dan disagio saham beredar sesuai harga perolehannya sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/09/2022Kas Rp 14.000.000
Modal Saham Biasa Rp 13.200.000
Agio Saham Rp 800.000
(jurnal penjualan saham biasa)
31/12/2022Saham diperoleh kembali Rp 1.584.000
Agio saham Rp 120.000
Kas Rp 1.704.000
(jurnal pembelian kembali saham yang beredar)

Baca Juga: Contoh Soal Pembagian Dividen Tunai dan Dividen Saham

Demikian contoh soal saham treasury metode biaya dan nilai nominal sesuai materi akuntansi keuangan menengah tentang bab modal saham dan laba ditahan. Treasury stock tidak berhak atas pembagian dividen dikarenakan akan kelihatan ganjil ketika perusahaan membagi saham untuk dirinya sendiri.

0 Response to "Contoh Soal Saham Treasury Metode Biaya dan Nilai Nominal"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel