Contoh Soal Biaya Kualitas dan Produktivitas Akuntansi Manajemen

Konten [Tampil]

Contoh soal biaya kualitas dan produktivitas akuntansi manajemen diperlukan sebagai upaya menerapkan manajemen kualitas produksi sehingga didapatkan hasil tepat waktu, tepat sasaran dan tepat layanan. Kualitas adalah harapan pelanggan yang dinilai berdasarkan daya tahan, jaminan dan empati perusahaan.

Penyebab penyimpangan dari biaya kualitas dan produktivitas sebuah barang diungkapkan agar entitas memperoleh kinerja dan keandalan produk yang diperjualbelikan. Perusahaan wajib menghitung biaya kualitas agar didapatkan laba maksimal untuk setiap penyerahan barang kena pajak di daerah pabean yang mengandung manfaat ekonomis.

Pengukuran dan pelaporan biaya kualitas didasarkan pada beban yang dapat diamati seperti biaya pencegahan dan biaya garansi. Beban kualitas yang tersembunyi seperti biaya kehilangan pelanggan dan ketidakpuasan pelanggan setelah diberikannya layanan oleh perusahaan sebagai bentuk pertanggungjawabannya.

Contoh Soal Biaya Kualitas dan Produktivitas Akuntansi Manajemen

Pengertian dan Macam-Macam Biaya Kualitas

Pengertian biaya kualitas adalah pengeluaran perusahaan yang diakibatkan karena pemberian produk dengan kualitas rendah kepada pelanggan. Aktivitas pengendalian dan aktivitas kegagalan produksi dipertimbangkan agar  membantu perusahaan memberikan produk sesuai kegunaan dalam rangka pengembangan layanan.

Biaya kegagalan internal dan biaya pemberian garansi produk kepada pelanggan menjadi contoh biaya kualitas yang dapat diamati. Aktivitas pencegahan adalah tindakan perusahaan untuk meminimalisir kegagalan pembuatan produk yang menyebabkan terjadinya produk dengan kualitas rendah bagi pelanggan.

Macam-macam biaya kualitas dan produktivitas terdiri biaya pencegahan, biaya penilaian, biaya kegagalan internal dan eksternal. Pengertian biaya kualitas adalah beban yang dibayarkan perusahaan karena terciptanya produk yang kurang memenuhi standar produk sesuai kebijakan perusahaan manufaktur.

Baca Juga: Contoh Analisis Biaya Volume dan Laba

Contoh Pengelompokan Biaya Kualitas Perusahaan Manufaktur

Pengelompokan biaya kualitas perusahaan manufaktur dan perusahaan jasa menjadi permasalahan bagi manajemen kualitas dan persediaan barang dagang. Produk cacat adalah barang yang tidak sesuai spesifikasi melalui pendekatan nilai target dan pendekatan kualitas optimal atas penilaian pelanggan perusahaan.

Penyebab penyimpangan biaya kualitas dan produktivitas perusahaan diakibatkan karena mesin tidak berjalan sesuai harapan. Penyusutan dan amortisasi aset tetap menjadi biaya tetap yang harus ditanggung perusahaan untuk melaksanakan manajemen kualitas dan persediaan barang yang diperjualbelikan.

Pengertian Biaya Penilaian dan Biaya Pencegahan

Pengertian biaya penilaian adalah beban yang dikeluarkan perusahaan untuk mengetahui produk atau jasa yang diproduksi telah sesuai permintaan dan kualifikasi dari pelanggan. Contoh biaya penilaian akuntansi manajemen adalah biaya pengujian keandalan, akseptasi proses dan pengujian laboratorium.

Pengertian biaya pencegahan adalah beban yang dibayarkan perusahaan untuk mencegah terjadinya proses produksi produk cacat di perusahaan. Contoh biaya pencegahan terdiri dari biaya pelatihan dan perekayasaan keandalan produk, biaya pengujian model produksi. Biaya pencegahan disebut prevention cost.

Perbedaan Biaya Kegagalan Internal dan Eksternal

Perbedaan biaya kegagalan internal dan eksternal adalah status ketersediaan barang di perusahaan atau sudah diserahkan ke pelanggan. Biaya kegagalan akan bertambah ketika perusahaan tidak menerapkan tindakan pencegahan pembuatan produk cacat untuk menghindari kerugian ketika melaksanakan penjualan.

Jelaskan penyebab penyimpangan dari biaya kualitas dikarenakan adanya tindakan perusahaan tidak menyesuaikan kebijakan dengan standar pemerintah. Pengukuran dan pelaporan biaya kualitas menjadi laporan akuntansi manajemen yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemakai laporan setiap periodenya.

Baca Juga: Contoh Akad Istishna dan Salam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh Soal Laporan Biaya Kualitas dan Produktivitas

Contoh soal laporan biaya kualitas dan produktivitas menjadi beban yang dapat dikurangkan dari penghasilan kena pajak. Biaya kualitas timbul ketika perusahaan berusaha mencegah, memperbaiki dan mengidentifikasi kegiatan produksi produk utama dan produk cadangan di akuntansi biaya dan manajemen.

Laporan biaya kualitas berfungsi sebagai informasi pengambilan keputusan tentang perbaikan kualitas dan penurunan biaya pencegahan dan perbaikan produk. Biaya kualitas tersembunyi terdiri dari biaya kehilangan penjualan, biaya pangsa pasar dan biaya pergantian produk rusak atau recall produk.

Contoh soal pelaporan biaya kualitas terjadi pada PT Masraffi yang melakukan audit kualitas produk. Didapatkan informasi terjadi biaya pencegahan sebesar Rp 4.200.000, biaya penilaian sebesar Rp 1.300.000, biaya kegagalan internal sebesar Rp 2.500.000 dan kegagalan eksternal sebesar Rp 2.000.000. Format laporan biaya kualitas sebagai berikut:

PT Masraffi
Laporan Biaya Produksi
- Biaya Penilaian Rp 1.300.000
- Biaya Pencegahan Rp 4.200.000
- Biaya Kegagalan Internal Rp 2.500.000
- Biaya Kegagalan Eksternal Rp 2.000.000
Total Rp 10.000.000

Baca Juga: Contoh Sistem Perhitungan Produk Gabungan dan Sampingan

Demikian contoh soal biaya kualitas dan produktivitas akuntansi manajemen semoga dapat membantu mengalokasikan pengeluaran perusahaan untuk mencegah terjadinya produk cacat dan gagal. Cara menekan biaya kualitas adalah memperbaiki kinerja mesin dan sumber daya manusia yang mengolah produk.

0 Response to "Contoh Soal Biaya Kualitas dan Produktivitas Akuntansi Manajemen"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel