Contoh Soal Akuntansi Pembiayaan Musyarakah dalam Kehidupan Sehari-hari

Konten [Tampil]

Contoh soal akuntansi pembiayaan musyarakah dalam kehidupan sehari-hari menjadi pertimbangan bagi perusahaan menjalankan akad bisnis syariah. Laporan keuangan syariah memiliki perbedaan dengan laporan posisi keuangan konvensional seperti adanya informasi dana zakat dan dana kebajikan umat.

Contoh soal akad musyarakah dan jawabannya menjadi pengakuan investasi untuk penyajian keuangan syariah. Akad dan transaksi dalam bisnis syariah diwajibkan untuk melakukan penyerahan barang ketika ijab qabul dilaksanakan. Perhitungan nisbah bagi hasil disesuaikan dengan profit sharing dan revenue sharing.

Pertanyaan tentang akuntansi musyarakah berkaitan dengan penyebab dibatalkan transaksi dan setoran investasi awal. Konsep bagi hasil bank syariah menggunakan prinsip takaful atau kehati-hatian dalam menentukan jumlah keuntungan dan kerugian dana yang dihimpun oleh pengelola usaha bidang syariah.

Contoh Soal Akuntansi Pembiayaan Musyarakah dalam Kehidupan Sehari-hari

Pertanyaan tentang Akuntansi Musyarakah

Pertanyaan tentang akuntansi musyarakah harus dipenuhi seluruh rukun dan syarat transaksi agar dapat berjalannya sesuai ketentuan syariah. Akad tajirah adalah kontrak yang mengandung kepastian tentang pembayaran, pemberian barang dan pertukaran kekayaan milik pemasok kepada pelanggan tertentu.

Pertanyaan diskusi akuntansi akad musyarakah melibatkan objek dan subyek transaksi. Ilustrasi transaksi musyarakah, mudharabah dan murabahah akan diawali dengan kesepakatan bisnis yang dijalankan para pihak serta tanggungjawab yang dimilikinya ketika menjalankan operasional perusahaan.

Pertanyaan akad transaksi musyarakah berkaitan dengan pembatalan akad bisnis syariah yang telah dijalankan. Penurunan nilai objek transaksi mengakibatkan kerugian yang harus diakui sebelum menjalankan transaksi. Mitra aktif dan mitra pasif akan memperoleh nisbah yang berbeda bergantung keterlibatannya.

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Keuangan Lanjutan 1 Persekutuan

Contoh Transaksi Musyarakah untuk Mitra Aktif dan Mitra Pasif

Contoh transaksi musyarakah untuk mitra aktif dan mitra pasif didapatkan dari informasi tentang pengakuan penyerahan kas dan setara kas ketika menjalankan usaha. Aset non kas yang disetorkan mitra akan diperhitungkan sesuai harga wajar dan nilai oleh appraisal untuk pengakuan di laporan keuangan.

Transaksi musyarakah untuk mitra aktif terjadi ketika terdapatnya biaya sebelum akad dimulai. Mudharabah dan murabahah menjadi bagian dari kerjasama tetapi dibatasi untuk kegiatan tertentu. Kerugian akibat usaha akan dikurangkan dari porsi dana investasi para mitra sesuai nilai aset yang berkurang.

Ilustrasi akad musyarakah dimulai dari diberlakukannya informasi keuangan seperti penyetoran modal dan pembagian nisbah bagi hasil. Nisbah bagi hasil dapat disesuaikan dengan tingkat partisipasi mitra aktif dan mitra pasif ketika mengoperasionalkan perusahaan untuk mendatangkan keuntungan periode berjalan.

Baca Juga: Contoh Perhitungan Penurunan Nilai Piutang Usaha dan Jawabannya

Contoh Soal dan Jurnal Akuntansi Musyarakah

Contoh soal dan jurnal akuntansi musyarakah menjadi pedoman perusahaan untuk menginvestasikan dana dalam laporan keuangan. Pertanggungjawaban dana usaha musyarakah harus dipisahkan dari kegiatan usaha pribadi mitra aktif dan mitra pasif yang berpartisipasi dalam kegiatan usaha bersama.

Contoh soal akuntansi musyarakah terjadi pada PT Masraffi yang menjalankan kegiatan bersama dengan rekan kerja dan diberikan modal kerja sebesar Rp 781.000.000 dan Rp 695.000.000. Laba yang didapatkan adalah Rp 495.000.000 dengan nisbah bagi hasil sebesar 3:9. Bagaimana perhitungan nisbah bagi mitra aktif dan pasif.

Contoh perhitungan bagi hasil akad musyarakah bagi mitra aktif dan mitra pasif disesuai dengan tingkat partisipasi dalam memperoleh keuntungan bagi perusahaan. Mitra aktif akan memperoleh penghasilan lebih tinggi daripada mitra pasif. Adapun perhitungan nisbah musyarakah sebagai berikut:

KeteranganPersentase Laba Usaha Nisbah
PT Masraffi9 Rp 495.000.000 Rp 371.250.000
Rekan Bisnis3 Rp 495.000.000 Rp 123.750.000

Jurnal akuntansi mudharabah, musyarakah dan murabahah dapat menjadi pertanggungjawaban pengelolaan dana investor. Bagi hasil investasi musyarakah akan mengurangi laba ditahan periode berjalan. Adapun jurnal bagi hasil nisbah mitra aktif harus diterangkan dalam catatan atas laporan keuangan.

TanggalKeteranganDebitKredit
02/07/2021Bagi Hasil Investasi Musyarakah Rp 371.250.000
Kas Rp 371.250.000

Baca Juga: Pengakuan dan Pengukuran Akad Musyarakah

Demikian contoh soal akuntansi pembiayaan musyarakah dalam kehidupan sehari-hari yang terjadi pada bank syariah. Ilustrasi transaksi musyarakah mengakui nisbah yang didapatkan oleh mitra aktif dan mitra pasif. Pembagian laba ditahan mengakibatkan berkurangnya kekayaan perusahaan periode berjalan.

0 Response to "Contoh Soal Akuntansi Pembiayaan Musyarakah dalam Kehidupan Sehari-hari"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel