Contoh Soal Akuntansi Mudharabah dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal akuntansi mudharabah dan jawabannya akan dilaksanakan setelah seluruh proses pencatatan profit sharing dan revenue sharing dijalankan. Jurnal bagi hasil akad mudharabah, murabahah dan musyarakah dilaksanakan agar dapat ditentukan jumlah investasi dan penurunan piutang pembiayaannya.

Contoh pembiayaan mudharabah dalam kehidupan sehari-hari dilakukan agar ditentukan keuntungan atas dasar penjualan atau laba bersih. Investasi murabahah dan musyarakah dalam bentuk kas akan diperhitungkan berdasarkan jumlah kas yang dibayarkan serta dinilai berdasarkan harga wajar periode tersebut.

Transaksi mudharabah mutlaqah adalah transaksi pemberian modal kepada pengelola modal dimana diberikan kebebasan untuk mengatur modal agar memperoleh keuntungan. Transaksi mudharabah muqayyadah adalah pengelola modal diberikan batasan tentang cara dan objek investasi pembiayaan yang dilakukan.

Contoh Soal Akuntansi Mudharabah dan Jawabannya

Ilustrasi Akuntansi Akad Mudharabah

Ilustrasi akuntansi akad mudharabah dijalankan agar seluruh kegiatan operasional perusahaan berjalan dengan semestinya. Bank syariah bertindak sebagai pemilik dana yang disalurkan kepada para kreditur untuk menjalankan kegiatan operasionalnya dimana keuntungan akan dibagikan sesuai profit sharing atau revenue sharing.

Ilustrasi transaksi akuntansi mudharabah muqayyadah diawali dengan pengakuan investasi sebagai informasi laporan perubahan modal atas dana nasabah. Apabila akad murabahah dan musyarakah mendatangkan kerugian maka periode selanjutnya dapat dipertimbangkan ulang mengenai kerjasama tersebut.

Penyebab akad mudharabah batal adalah adanya kegagalan pengelolaan dana dan pertanggungjawaban bisnis syariah yang dijalankan. Pembagian hasil usaha mudharabah dilaksanakan sesuai prinsip syariah. Pengukuran investasi mudharabah dilakukan senilai harga wajar pada saat penyetoran kekayaan untuk kegiatan usaha.

Baca Juga: Perbedaan Mudharabah Muthlaqah dan Muqayyadah

Contoh Perhitungan Akuntansi Mudharabah dan Pembahasannya

Contoh perhitungan akuntansi mudharabah dan pembahasannya boleh didasari pada profit sharing dan revenue sharing. Revenue sharing artinya pendapatan tahun berjalan dijadikan dasar dalam membagikan laba ditahan. Profit sharing adalah laba periode berjalan dijadikan dasar dalam pembagian laba rugi persekutuan.

Contoh soal akuntansi akad mudharabah akan dijalankan menyesuaikan kebijakan akuntansi terutama investasi. Ketika nilai investasi mudharabah mengalami penurunan sebelum kegiatan usaha dimulai terutama diakibatkan kelalaian dan kesalahan pengelola dana maka dapat diakui sebagai kerugian investasi mudharabah.

Contoh jurnal bagi hasil mudharabah terjadi pada PT Masraffi yang menandatangai akad mudharabah musytarakah. Investasi yang dilakukan adalah Rp 600 juta dan Rp 100 juta bagi rekan bisnis. Nisbah bagi hasil menggunakan dasar profit sharing, adapun laba periode berjalan adalah Rp 150 juta. Tentukan bagi hasil bagi PT Masraffi?

Baca Juga: Pertanyaan Diskusi Tentang Akuntansi Mudharabah

Jurnal Bagi Hasil Akad Mudharabah (Profit Sharing dan Revenue Sharing)

Jurnal bagi hasil akad mudharabah dilakukan sebagai dasar membagikan laba yang diperoleh tahun berjalan. Perbedaan mudharabah muthlaqah dan mudharabah muqayyadah terletak pada pengelolaan dana investasi yang dilakukan pengelola modal. Kebebasan transaksi menjadikan mudahnya memperoleh kekayaan.

Pembagian hasil investasi mudharabah musytarakah didasarkan pada penjumlahan dana yang dikumpulan oleh pihak yang bertransaksi. Hasil investasi akan dibagikan menyesuaikan persentase modal yang diinvestasikan. Adapun contoh perhitungan akad mudharabah mustarakah sebagai berikut:

Nama Pihak Investasi Persentase Laba Dibagikan
PT Masraffi Rp 600.000.000 86% Rp 128.571.429
Rekan Bisnis Rp 100.000.000 14% Rp 21.428.571

Jurnal bagi hasil akad mudharabah, musyarakah dan murabahah didasarkan pada akad profit sharing dan revenue sharing. Bagaimana pengelola dana dan pemilik dana menyajikan informasi catatan atas laporan keuangan diperbolehkan untuk menyesuaikan kebijakan akuntansi. Adapun jurnal pembagian laba sebagai berikut:

TanggalKeteranganDebitKredit
18/08/2021Laba Ditahan Rp 128.571.429
Pendapatan Investasi Mudharabah Rp 128.571.429

Baca Juga: Syarat dan Rukun Akad Mudharabah Muqayyadah

Demikian contoh soal akuntansi mudharabah dan jawabannya semoga dapat membantu mengalokasikan laba ditahan periode berjalan menggunakan profit sharing atau revenue sharing. Bedanya mudharabah muqayyadah dan mudharabah muthlaqah didasarkan pada kebijakan akuntansi perusahaan.

0 Response to "Contoh Soal Akuntansi Mudharabah dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel