Contoh Soal Pilihan Ganda Kas Kecil dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal pilihan ganda kas kecil dan jawabannya menjadi pertimbangan dalam menetapkan sistem pengendalian internal kas setara kas. Kas adalah aset perusahaan yang memiliki resiko besar karena adanya penyelewengan dari beberapa elemen dalam pemeriksaan terhadap kas kecil.

Contoh soal kas kecil metode fluktuatif dan metode imprest memiliki kelebihan dan kekurangan baik dalam pembuatan jurnal transaksi dan membayar transaksi menggunakan kas kecil. Sistem pengendalian internal terhadap kas adalah menggunakan check untuk setiap pengeluaran pembayaran di perusahaan.

Pengertian kas kecil metode imprest dan metode fluktuatif perlu mempertimbangkan prinsip pengeluaran kas kecil. Kekurangan menggunakan check sebagai metode pembayaran adalah biaya administrasi bank dan pemborosan waktu pencairan dana. Oleh sebab itu, perusahaan hendaknya membentuk dana kas kecil.

Contoh Soal Pilihan Ganda Kas Kecil dan Jawabannya


Pengertian Kas Kecil Menurut Para Ahli

Pengertian kas kecil menurut para ahli adalah aset perusahaan yang dipergunakan untuk membayar tagihan dan menerima pembayaran dari pelanggan. Perusahaan dapat menunjuk kasir sebagai penanggungjawab pengelolaan dana kas kecil dan menaksir kebutuhan perusahaan selama sebulan.

Perlengkapan administrasi yang harus disiapkan dalam mengelola dana kas kecil adalah sistem pengendalian internal dan asersi manajemen. Asersi manajemen adalah representasi manajemen terhadap seluruh transaksi keuangan yang berlangsung di perusahaan tersebut.

Pengertian kas kecil menurut para ahli adalah kekayaan perusahaan yang digunakan untuk menerima pembayaran dan melakukan pembayaran kepada lawan transaksi. Pembatasan penggunaan dana kas kecil bisa dilakukan dengan mengeluarkan bukti pengeluaran kas kecil yang harus ditandatangani oleh penerima kas.

Baca Juga: 10 Contoh Pengeluaran Kas Kecil Perusahaan Manufaktur dan Dagang

Contoh Soal Pilihan Ganda Kas Kecil dan Jawabannya

Contoh soal pilihan ganda kas kecil dan jawabannya berlangsung untuk mengerjakan ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester mata kuliah akuntansi pengantar. Ketika kas kecil hampir habis maka perusahaan harus melakukan pengisian kembali dengan mencairkan check tersebut.

Contoh soal pilihan ganda kas kecil dan pembahasannya mengharuskan kasir untuk mengeluarkan bukti transaksi. Bukti transaksi kas kecil adalah jurnal pembentukan kas, pengisian kembali kas dan pembebanan biaya setiap periodenya. Pengendalian internal kas dan setara kas dapat dilakukan kas opname setiap saat.

Contoh soal kas kecil dan pembahasannya tentu berkaitan dengan jenis simpanan di bank. Perbankan memiliki jenis simpanan diantaranya giro, tabungan dan deposito berjangka. Rekening giro bank menjadi aktiva yang dapat diperlakukan sebagai kas dan setara kas karena dipergunakan sebagai alat pembayaran keseharian.

Baca Juga: Cara Menyusun Laporan Keuangan Konsolidasi dari Neraca Saldo

Prosedur Penyusunan Laporan Kas Kecil Metode Fluktuasi

Prosedur penyusunan laporan kas kecil metode fluktuasi diawali dengan pembentukan dana kas sesuai kebijakan perusahaan. Setiap pengeluaran kas kecil yang terjadi akan dicatat sebagai beban dan pengisian kembali dana kas kecil akan melibatkan ketidaksesuaian penggunaan dana kas kecil setiap periodenya.

Prosedur penyusunan laporan kas kecil metode fluktuasi dan metode imprest terjadi pada PT Masraffi yang membentuk kas sebesar Rp 4.600.000. Biaya operasional dan biaya administrasi kantor adalah Rp 2.300.000. Perusahaan melakukan pengisian kembali kas kecil dengan meningkatkan kas sebesar Rp 400.000.

Jurnal pembentukan kas kecil adalah jurnal untuk mencatat transaksi membuat rekening kas kecil di perusahaan. Pembentukan kas kecil harus mengikuti pedoman kebijakan akuntansi perusahaan. Adapun jurnal kas kecil metode fluktuasi yang dibuat periode tersebut adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/02/2021Kas Kecil Rp 4.600.000
Kas di Bank Rp 4.600.000
09/02/2021Beban Operasional Rp 2.300.000
Kas Kecil Rp 2.300.000
28/02/2021Kas Kecil Rp 5.000.000
Kas di Bank Rp 5.000.000

Baca Juga: Contoh Kasus Pembelian Saham Anak Perusahaan

Demikian contoh soal pilihan ganda kas kecil dan jawabannya dimana sistem pengendalian internal kas dan setara kas harus diperhatikan. Selisih kas adalah kekurangan dan kelebihan penggunaan dana kas kecil untuk kegiatan operasional perusahaan yang harus dipertanggungjawabkan setiap bulannya.

0 Response to "Contoh Soal Pilihan Ganda Kas Kecil dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel