Cara Menyusun Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost

Konten [Tampil]

Cara menyusun laporan keuangan konsolidasi metode cost menjadi pertimbangan bagi induk perusahaan dalam memperhitungkan pajak penghasilan badan yang harus disetorkan. Metode cost adalah cara yang digunakan tanpa mengurangi investasi saham anak perusahaan walaupun terjadi pembagian laba rugi dan dividen laba ditahan.

Contoh soal dan jawaban laporan keuangan konsolidasi metode cost akan menghapus seluruh jurnal elimiasi yang berhubungan dengan modal saham, agio saham dan laba ditahan. Neraca konsolidasi adalah kertas kerja yang dipergunakan dalam rangka memperhitungkan investasi saham anak perusahaan atas kegiatan operasionalnya.

Penyusunan laporan keuangan konsolidasi dapat menggunakan metode equity dan metode cost. Pengungkapan informasi laporan keuangan yang harus dilakukan oleh induk perusahaan seperti daftar anak perusahaan, alasan melakukan konsolidasi aktiva dan passiva, hubungan afiliasi dan pengaruh akuisisi saham anak perusahaan.

Cara Menyusun Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost


Perbedaan Laporan Keuangan Konsolidasi dan Laporan Keuangan Biasa

Perbedaan laporan keuangan konsolidasi dan laporan keuangan biasa tentu mempengaruhi penyetoran pajak penghasilan badan yang terutang. Syarat konsolidasi laporan keuangan adalah induk perusahaan mempunyai hak kontrol atas anak perusahaan atas sebagaian besar saham yang telah diterbitkannya.

Perbedaan laporan keuangan konsolidasi dan laporan keuangan biasa berkaitan dengan akun yang digunakan yaitu adanya rekening hak minoritas dan goodwill dari pembelian saham anak perusahaan. Akun resiprokal adalah rekening yang digunakan untuk mengakui transaksi antara perusahaan dalam satu pemilikan.

Pengertian akun resiprokal adalah rekening untuk melakukan transaksi antar perusahaan dalam satu pemilikan sehingga perlu dilakukannya penyesuaian sebelum laporan posisi keuangan diterbitkan. Perbedaan laporan keuangan konsolidasi dan laporan keuangan biasa berkaitan kewajiban melaporkan informasi keuangan pada pengguna laporan keuangan.

Baca Juga: Contoh Soal Cadangan Kerugian Piutang dan Pembahasannya

Syarat dan Manfaat Laporan Keuangan Konsolidasi

Syarat konsolidasi laporan keuangan adalah perusahaan harus mempunyai pengaruh terhadap penerapan kebijakan keuangan atas hak kontrol saham anak perusahaan. Tujuan laporan keuangan konsolidasi dibuat adalah melaporkan transaksi induk dan anak perusahaan dalam satu pemilikan.

Manfaat laporan keuangan konsolidasi adalah mempermudah perhitungan pajak penghasilan badan sesuai dengan peraturan menteri keuangan. Penyusunan laporan keuangan konsolidasi menggunakan metode equity dan metode cost harus mempertimbangkan hak minoritas dan mayoritas anak perusahaan.

Syarat konsolidasi laporan keuangan harus memperoleh manfaat yang lebih besar daripada biaya yang telah dikeluarkannya. Pengertian akun resiprokal menurut para ahli adalah akun yang dipergunakan dalam rangka membuka cabang antar perusahaan sehingga memunculkan kewajiban kantor pusat dan kantor cabang.

Baca Juga: Contoh Kasus Keluarnya Anggota Sekutu dalam Persekutuan

Cara Membuat Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost dan Equity

Cara membuat laporan keuangan konsolidasi metode cost dan equity mengharuskan perubahan terhadap investasi saham anak perusahaan karena adanya kegiatan operasional perusahaan yang menghasilkan laba rugi dan keputusan pembagian dividen. Kapan laba rugi anak perusahaan akan diakui ketika menggunakan metode cost yaitu pada saat dibuatkannya neraca konsolidasi.

Cara membuat laporan keuangan konsolidasi harus ditetapkan sesuai kebijakan akuntansi yang berlaku. Pembelian saham anak perusahaan oleh induk perusahaan akan menghasilkan selisih antara nilai buku dan harga wajar. Selisih penggabungan usaha diakui sebagai goodwill atau pengurang modal

Contoh soal laporan keuangan konsolidasi metode cost telah terjadi pada UD Rafinternet yang menjual saham sebanyak 125 lot. UD Rafinternet memperoleh laba tahun berjalan sebanyak Rp 24.000.000 dan membagikan dividen sebanyak Rp 7.420.000. Neraca konsolidasi telah dibuat oleh induk perusahaan yaitu:

Keterangan UD Rafinternet
-- Aktiva
- Kas Rp 22.032.000
- Piutang Rp 16.524.000
- Persediaan Rp 11.016.000
- Tanah Rp 33.048.000
   Total Aktiva Rp 82.620.000
-- Passiva
- Hutang Dagang Rp 8.262.000
- Hutang Wesel Rp 16.524.000
- Modal Saham @2.100 Rp 33.048.000
- Agio Saham Rp 20.655.000
- Laba Ditahan Rp 4.131.000
   Total Passiva Rp 82.620.000

Jurnal eliminasi adalah jurnal yang digunakan untuk menghapus aktiva dan passiva yang menjadi akun resiprokal. Jurnal eliminasi yang harus dibuat adalah pembuatan rekening modal saham, agio saham dan laba ditahan. Adapun jurnal umum penggabungan usaha yang dibuat perusahaan adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
02/03/2021Investasi Saham UD Rafinternet Rp 8.400.000
Kas Rp 8.400.000
(Jurnal Investasi Saham Anak Perusahaan)
06/03/2021Investasi Saham UD Rafinternet Rp 25.417.574
Laba CV Masraffi Rp 25.417.574
(Jurnal Pembagian Laba rugi Anak Perusahaan)
27/03/2021Kas Rp 4.714.960
Investasi Saham UD Rafinternet Rp 4.714.960
(Jurnal Pembagian Dividen Saham Anak Perusahaan)

Baca Juga: Contoh Akuntansi Penggabungan Usaha Metode Purchase

Demikian cara menyusun laporan keuangan konsolidasi metode cost semoga dapat membantu menerapkan kebijakan akuntansi yang sesuai karakteristik perusahaan. Syarat dan manfaat laporan keuangan konsolidasi harus dipahami agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

0 Response to "Cara Menyusun Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel