Contoh Soal Sistem Perhitungan Biaya Untuk Produk Gabungan

Konten [Tampil]

Contoh soal sistem perhitungan biaya untuk produk gabungan akan menentukan alokasi biaya bersama untuk produk utama dan produk sampingan. Materi alokasi biaya utama dan metode alokasi biaya utama harus melalui proses pengolahan produk gabungan untuk menghasilkan produk utama dan produk gabungan.

Contoh soal dan jawaban joint cost beserta pembahasannya akan menentukan nilai persediaan akhir dari laporan posisi keuangan. Bagaimana cara mengalokasikan biaya bersama ke produk individual tentu berpengaruh terhadap pendapatan perusahaan.

Contoh soal perhitungan harga pokok produk bersama dan produk sampingan akan memberitahu besarnya nilai persediaan akhir dan pendapatan perusahaan. Penentuan harga pokok produk bersama dan produk sampingan dapat dilakukan dengan metode alokasi biaya bersama.

Contoh Soal Sistem Perhitungan Biaya Untuk Produk Gabungan

Bagaimana Cara Menentukan Harga Pokok Bersama dan Produk Sampingan yang Efektif

Bagaimana cara menentukan harga pokok bersama dan produk sampingan yang efektif bergantung terhadap kuantitas dan kualitas produk utama yang dihasilkan. Metode harga jual pasar akan memperhitungkan harga jual produk utama di pasar.

Contoh produk bersama produk sampingan dan produk sekutu sebaiknya dipahami agar mampu membedakan antara produk utama dan produk sampingan dari proses produksi secara gabungan. Perusahan yang memproduksi produk bersama dan produk sampingan memiliki kuantitas yang berbeda-beda.

Ringkasan penentuan harga pokok produk bersama dan produk sampingan tentunya produk utama merupakan tujuan awal dari proses produksi. Produk sampingan hanya muncul setelah proses produksi produk utama yang menyisakan hasil.

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Proses

Contoh Soal Perhitungan Biaya Produk Bersama dan Produk Sampingan

Contoh soal perhitungan biaya produk bersama dan produk sampingan akan memberikan gambaran objektif atas biaya yang telah dikeluarkan. Ketika harga jual produk lebih tinggi dari produk sampingan maka biaya yang dikeluarkan lebih besar untuk metode alokasi biaya bersama.

Penentuan harga pokok produk bersama dan produk sampingan harus ditentukan dari awal untuk menentukan saldo persediaan barang dagang dan pendapatan pada periode tersebut. Contoh produk bersama seperti proses pembuatan bijih besi.

PT Inti Guna makmur adalah perusahaan pengelola kelapa dimana proses produksi dilakukan secara gabungan. Total biaya produksi yang diguanakn untuk mengelola produk sampai titik pemisah sebesar Rp 449.511.000.

Bagaimana metode alokasi biaya bersama berdasarkan metode harga jual (pasar) hipotesis berdasarkan contoh soal sistem perhitungan biaya untuk produk gabungan?

Produk GabunganKuantitasHarga Jual Per UnitNilai   PenjualanAlokasi Biaya Gabungan
Rupiah Persentase
CPO72.300Rp4.650Rp336.195.0000,483365Rp217.277.976
Biodesel67.900Rp3.850Rp261.415.0000,37585Rp168.948.741
Kernel38.400Rp2.550Rp97.920.0000,140785Rp63.284.283
Fibre14.800Rp850Rp12.580.000
Total178.600Rp695.530.000100%

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Laporan Biaya Produksi Produk Hilang dalam Proses

Contoh Produk Bersama dan Contoh Produk Sampingan

Contoh produk bersama seperti perusahaan yang memproduksi produk utama dimana masih tersisa produk yang layak jual disebut produk sampingan. Produk sampingan bukanlah hasil dari proses produksi utama akan tetapi masih membutuhkan proses lebih lanjut.

Contoh soal dan jawaban alokasi biaya bersama biasanya berisikan metode sistem perhitungan biaya untuk produk gabungan diantaranya.

  1. Metode Harga Pasar
  2. Metode Biaya Rata-Rata Per Unit
  3. Metode Biaya Rata-Rata Tertimbang
  4. Metode Unit Kuantitatif

Contoh perusahaan yang memproduksi produk bersama dan sampingan kebanyakan merupakan perusahaan manufaktur. Joint cost dan produk sampingan tidak terhindarkan dari perusahaan manufaktur sebab menjadi entitas yang melakukan kegiatan produksi.

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Alokasi Biaya Gabungan Metode Biaya Rata-Rata

Demikianlah contoh soal sistem perhitungan biaya untuk produk gabungan agar menghasilkan produk utama dan produk sampingan, semoga paham dengan cara perhitungannya ya.

0 Response to "Contoh Soal Sistem Perhitungan Biaya Untuk Produk Gabungan"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel