Contoh Soal dan Jawaban Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Proses (Process Costing)

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban sistem perhitungan biaya berdasarkan proses disebut process costing. Proses produksi di perusahaan dilakukan melalui beberapa departemen seperti departemen sewing, welding bahkan finishing. Karakteristik biaya proses seperti perhitungan total biaya tetap dan biaya variabel dilakukan setiap akhir periode.

Sistem perhitungan biaya berdasarkan proses berisikan makalah perhitungan biaya proses, jurnal kalkulasi biaya proses, karakteristik biaya proses. Contoh soal harga pokok proses aliran biaya fifo dan average menjadi metode perhitungan persediaan yang digunakan.

Contoh soal laporan biaya produksi metode rata-rata tertimbang dan masuk pertama keluar pertama (MPKP) dapat disesuaikan menurut persediaan diperusahaan. Sistem perhitungan biaya berdasarkan proses dan pesanan dapat dilakukan untuk menentukan harga pokok produksi.

Perbedaan Antara Perhitungan Biaya Berdasarkan Proses dengan Metode Average dan FIFO

Apakah perbedaan antara perhitungan biaya berdasarkan proses dengan metode average dan fifo terletak pada unit ekuivalen. Pembebanan biaya berisi informasi tentang elemen biaya, biaya pdp awal, biaya periode berjalan, unit ekuivalen yang dapat menghasilkan biaya per unit.

Perbedaan sistem perhitungan biaya berdasarkan proses metode fifo dan average terletak pada pertanggungjawaban biaya. Pertanggungjawaban biaya berisikan informasi tentang produk yang ditransfer ke departemen selanjutnya dan produk dalam proses yang masih memerlukan proses selanjutnya.

Perbedaan sistem perhitungan biaya berdasarkan proses dengan metode average dan fifo terletak pada skedul produksi. Skedul produksi berisikan informasi mengenai produk dalam proses awal dan produk dari departemen sebelumnya yang dapat menghasilkan informasi tentang produk yang dapat ditransfer ke gudang.

Baca Juga: Contoh Perhitungan Biaya Berdasarkan Job Order Costing

Contoh Soal Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Proses dan Jawaban

Contoh soal sistem perhitungan biaya berdasarkan proses dan jawabannya tentunya dilakukan perusahaan setiap akhir periode. Proses produksi yang dilakukan secara kontinu dan massal dapat menghasilkan produk yang sama atau homogen.

Contoh laporan biaya produksi menjadi pertanggungjawaban tentang biaya yang dilakukan dalam perhitungan biaya berdasarkan proses. Sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan biasanya dipertanggungjawabkan dengan kartu biaya pesanan.

Contoh soal dan jawaban sistem perhitungan biaya berdasarkan proses (process costing) pdf dan ppt menjadikan pembelajaran bagi mahasiswa. Akuntansi biaya akan mempertanggungjawabkan biaya yang telah terjadi ketika adanya produksi dan pesanan.

Baca Juga: Contoh Soal Departementasi BOP

Ayat Jurnal untuk Perhitungan Biaya Berdasarkan Proses

Ayat jurnal untuk perhitungan biaya berdasarkan proses harus dibuat ketika skedul produksi sudah dibuatkan. Ketika perusahaan membeli bahan baku untuk melakukan produksi secara masal dapat menghasilkan biaya produksi per unit.

Ayat jurnal untuk perhitungan biaya berdasarkan proses bertujuan untuk membuat laporan biaya pokok produksi. Process costing adalah proses pembebanan biaya berdasarkan proses produksi yang dilakukan perusahaan secara terus menerus.

Contoh soal sistem perhitungan biaya berdasarkan process costing terjadi pada PT Masraffi yang memiliki skedul produksi sebagai berikut ini.

sistem perhitungan biaya berdasarkan proses

Jurnal kalkulasi biaya proses harus dibuatkan jurnal umum terhadap transaksi. Ayat jurnal untuk sistem perhitungan biaya berdasarkan proses harusnya dibuatkan laporan biaya produksi metode average dan fifo. Berikut jurnal untuk mencatat transaksi perhitungan biaya berdasarkan proses ya.

contoh laporan biaya produksi metode average

Baca Juga: Contoh Soal Selisih Kurs Mata Uang Asing

Demikianlah contoh soal dan jawaban sistem perhitungan biaya berdasarkan proses atau process costing semoga dapat membantu menyelesaikan masalah penjurnalan ya.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Proses (Process Costing)"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel